by

SUV Listrik Toyota BZ4X, Akhirnya Muncul Juga!

Pabrikan mobil Toyota terus memberikan gebrakan untuk segmen otomotif dunia. Kali ini, SUV listrik Toyota mulai diperlihatkan kepada publik lewat gambar yang utuh mulai dari bagian eksterior sampai interiornya.

Kehadiran BZ4X ini merupakan jawaban dari  pabrikan mengenai komitmen mereka yang akan meluncurkan produk EV. pasalnya sejauh ini, Toyota cuma punya C+Pod selaku mobil kecil. Sementara mobil penumpang full baterai, mereka belum memilikinya. Kalau pun ada, itu dari Lexus (brand premium Toyota) dengan UX300e. 

Maka BZ4X selaku SUV listrik Toyota sangat dinanti kehadirannya. BZ sendiri merupakan singkatan dari Beyond Zero. Keberadaan mobil ini dikatakan sebagai bentuk atau versi modern dari SUV kebanggaan mereka yakni RAV4 EV. Tetapi pada BZ4X ini, prinsipal menghadirkan nuansa yang lebih premium lewat sentuhan eksterior dan interior yang lebih menarik.

Meski demikian, pabrikan belum memberikan keterangan apapun terkait kemunculan gambar SUV listrik Toyota tersebut.

Bicara mengenai desain SUV listrik Toyota terbaru, hadir melalui desain teknologi yang mumpuni. Pengaplikasian lampu LED yang digunakan memberikan efek modern serta futuristik lantaran seakan terintegrasi melalui grill yang dibuat sedikit menonjol.

Baca juga  Harga Mobil Toyota Naik Hingga Rp 30 Juta Pada 2021

Sementara air intake yang biasanya tidak dihadirkan pada mobil listrik, tapi pada SUV listrik Toyota hal tersebut dihadirkan dan disematkan di bagian bawah bumper yang dibalut dengan aksen krom sehingga memberikan nuansa futuristik.

Tidak hanya pada bagian depan yang dihadirkan dengan konsep futuristik. Tetapi, untuk bagian sampingnya, SUV listrik Toyota juga hadir dengan garis yang tegas nan atletis. Di samping itu, untuk sektor belakang juga dibuat dengan nuansa yang lebih premium.

Melalui gambar yang dibagikan, desain belakang agak mirim dengan Prius sedan di mana pengadopsian lampunya ditarik hingga ke pinggul mobil dan hampir menyentuh fender ban belakang. Lampu belalang pun juga dikombinasikan dengan proyektor yang menyatukan sisi kanan dan kiri.

Lain lagi dengan interior yang disuguhkan. Pada gambar yang dirilis, SUV listrik Toyota ini hadir dengan konsep yang futuristik dengan mengusung driver oriented. Hal ini terlihat dari beberapa tombol fitur yang masih bisa dikendalikan dengan mudah.

Subaru Ikut Garap Proyek SUV Listrik Toyota BZ4X 

SUV listrik Toyota hadirkan nuansa premium dan futuristik
SUV listrik Toyota menggunakan platform TNGA

Meski Toyota masih enggan membocorkan perihal spesifikasi lengkap dari BZ4X, namun keterangan resminya sudah mengatakan bahwa mereka akan menggunakan platform mobil listrik terbaru yakni e-Toyota New Generation Architecture.

Baca juga  Suzuki dan Toyota Kembangkan C-HR Bermesin Ertiga

Platform e-TNGA ini merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Subaru untuk menghadirkan kenikmatan berkendara bagi kedua konsumen tersebut. Di samping itu, Toyota juga mengatakan bahwa SUV listrik ini memiliki berbagai keunggulan.

Salah satu yang diklaim oleh Toyota sebagai keunggulan eTNGA di BZ4X adalah memiliki penggerak semua roda atau all-wheel drive. Hal ini juga untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman di berbagai medan jalan.

Sebagai basis produksinya, mobil ini akan diproduksi di Cina dan Jepang. Sendangkan untuk ketersediannya secara global, SUV listrik Toyota BZ4X siap diniagakan pada pertengahan 2022 mendatang.

Lebih ambisius lagi, Toyota juga mengatakan siap menghadirkan total 15 mobil listrik pada 2025. Kita tunggu saja, mana yang bakal dijual di Indonesia. Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru