by

SUV Listrik Nissan, Inikah Juke Elektrik?

Setelah meluncurkan mobil Nissan Kick e-Power, kini pabrikan asal Jepang tersebut tengah menyiapkan model baru SUV listrik Nissan berukuran Juke. Apakah ini Juke Elektrik?

Segmen SUV yang kini disasar oleh Nissan memang terbilang seksi. Pasalnya, untuk mobil dengan jenis SUV sedang menjadi buruan masyarakat. Untuk itu, melihat permintaan yang cukup banyak, SUV listrik Nissan berukuran Juke akan dihadirkan sebentar lagi.

Dalam menghadirkan SUV listrik Nissan terbaru, pabrikan ini akan menggunakan platform baru yang dibuat khusus untuk kendaraan listrik. Melansir dari Autoexpress, Nissan menjelaskan bahwa platform yang digunakan adalah CMF-EV.

Platform tersebut juga sudah digunakan oleh Nissan pada model mobil listrik lainnya seperti Nissan Ariya. Tidak hanya itu, pabrikan Renault juga menggunakan platform yang sama untuk mengembangkan model listrik dari produk Megane listrik.

Penggunaan platform tersebut sejatinya sudah dijelaskan oleh Kepala EV Nissan Eropa, Helen Perry, di mana pada tahun lalu. Saat itu, dirinya sudah menjelaskan perihal penggunaan platform tersebut akan dihadirkan dalam bentuk model baru.

Baca juga  Resmi Tutup Pabrik, Ini Kelanjutan Nasib Nissan Indonesia

“Yang pasti, aka nada penggunaan platform CMF-EV untuk sesuatu yang lebih dari Nissan Ariya. Kami tidak akan berinvestasi dalam platform Alliance yang baru, kecuali ada rencana yang akan ditempuh dalam penggunaan lainnya,” jelas Helen Perry.

Juke Elektrik Pakai Platform Renault

SUV listrik Nissan
SUV listrik Nissan siap mengaspal dalam waktu dekat

Tidak hanya menggunakan platform yang sudah dijelaskan, tetapi pada SUV listrik Nissan atau Juke Elektrik ini prinsipal juga sudah menyiapkan sistem penggerak dengan teknologi terkini. Dalam hal ini, Nissan, menyebutnya sistem penggerak tersebut dengan E-4ORCE.

Sistem penggerak berteknologi ini meneruskan eksistensi dari model Nissan Ariya. Pada model tersebut, penggerak ini sudah digunakan dan menghasilkan kenikmatan berkendara yang lebih nyaman. Adapun teknologi yang dihadirkan adalah fitur ini hadir dengan sistem penggerak empat roda elektrik yang memiliki keunggulan tersendiri.

Dijelaskan dalam Autoexpress, E-4ORCE ini menggunakan motor listrik individu yang dipasangkan di as roda depan dan belakang. Dengan penggunaan sistem tersebut, Nissan mengklaim bahwa sistem tersebut memungkinkan kontrol yang lebih besar di semua jenis kendaraan yang mengusung teknologi ini.

Baca juga  Test Drive Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Sensasinya Beda?

Hasilnya, berdasarkan klaim dari Nissan adalah kontrol torsi begitu presisi tinggi, sehingga mampu menekan gaya yang memungkinkan mobil tetap datar dan stabil saat menikung serta saat hard braking.

Mengenai baterai yang akan digunakan pada SUV listrik Nissan berukuran Juke, model ini akan diperkuat dengan baterai berkapasitas 63 kW. Mengenai jarak yang akan dihasilkan, SUV listrik Nissan ini dikabarkan dapat melahap jarak hingga 250 mil.

Tidak hanya itu, Nissan, juga sudah menyediakan kapasitas baterai yang lebih ringkas dan tidak terlalu besar untuk konsumen yang menginginkan pilihan lainnya. Dengan baterai yang lebih kecil, maka jarak tempuh yang dihasilkan pun juga akan lebih sedikit.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru