by

Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor, Tidak Sulit!

Bagi kamu pengguna motor jenis skuter matik, perlu membaca artikel ini. Pasalnya kami akan membahas cara memperbaiki kopling ganda motor secara detail.

Namun, sebelum mengetahui cara memperbaikinya, kamu perlu tahu dulu apa itu kopling ganda.

Kopling ganda adalah merupakan sebuah sistem kopling yang memiliki dua buah mekanisme kopling pada motor jenis transmisi matik. Ada dua komponen utama pada kopling ganda, yaitu kampas kopling ganda dan rumah kopling yang bentuknya seperti mangkuk.

Secara fungsi, kopling ganda ini bekerja untuk memutus tenaga dari mesin ke bagian transmisi. Alhasil walau mesin aktif, motor tidak akan bergerak maju. Sistem kopling ganda ini biasa disebut juga sebagai kopling otomatis, karena bekerja berdasarkan putaran mesin.

Cara kerja kopling ganda adalah, ketika mesin motor dalam keadaan idle atau langsam maka kopling tidak akan bekerja untuk menghubungkan putaran mesin ke transmisi. Namun, ketika putaran mesin dinaikkan atau ketika selongsong gas dipuntir, maka kopling ganda ini akan bekerja dan terhubung.

Sebagai gambarannya ketika mesin dihidupkan pada RPM rendah, kampas mulai bergerak ke arah rumah kopling, namun kampas ini belum menyentuh rumah kopling sehingga meski kampas berputar tapi rumah kopling belum berputar.

Ketika gas mulai diputar maka ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling. Lalu menekan atau terhubung dengan rumah kopling. Saat berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan.

Baca juga  Komponen Motor Starter dan Cara Kerja yang Perlu Diketahui

Bagaimana gejala kopling ganda bermasalah?

Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor
Ada suara aneh bisa jadi kopling ganda bermasalah

Disampaikan oleh Iwan Kurniawan dari Matic Speed Shop bahwa ada beberapa gejala yang bisa dirasakan ketika kopling ganda sudah mulai bermasalah.

“Kalau kopling ganda sudah mulai kena, tenaga motor bisa drop. Gejalannya sebenarnya bisa dirasakan sama penggunanya,” ujar Iwan.

Gejala pertama yang bisa dirasakan saat koling ganda mulai bermasalah menurut Iwan adalah ada suara dredek dari bagian mekanisme kopling ganda.

Gejala selanjutnya adalah ketika gas dipuntir, tenaga motor berasa sangat berat. Begitu juga saat motor sedang melaju, akan terasa sangat berat tenaganya.

“Kalau sudah ada suara dredek sama tenaga sudah hilang, bisa jadi kopling ganda sudah mulai kena,” tukas Iwan.

Cara memperbaiki kopling ganda motor

Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor
Dudukan kampas kopling bisa di las sebagai langkah perbaikan

Menurut Iwan, sejatinya ketika kopling ganda mulai bermasalah biasanya harus langsung dilakukan penggantian pada bagian kampas kopling atau mangkuk gandanya. Hal ini disebabkan, komponen tersebut sangat vital bagi sebuah sepeda motor jenis skuter matik.

“Kalau sudah ada gejala, mendingan sih langsung diganti. Karena kalau cuma diakali nanti malah bikin kerusakan makin parah, bisa susah pas di jalan apalagi kalau jauh dari bengkel,” tukas Iwan.

Baca juga  Tips Naik Motor Saat Korona, Jangan Asal!

Meski demikian, Iwan pun berbagi resep bagi kamu yang hanya ingin melakukan perbaikan tanpa mengganti komponen yang ada di kopling ganda tersebut.

Disampaikan oleh Iwan, caranya cukup mudah. Bagi yang kampas gandanya sudah mulai tipis, kamu bisa melakukan pengananan hanya dengan cukup melas bagian dudukan kampas ganda agar sedikit lebih tebal.

“Las bagian dudukan kampas ganda, supaya agak tebal. Tapi lagi-lagi ini enggak direkomendasikan ya. Karena ketika kampas kopling ganda sudah benar-benar habis motor bisa rusak lebih parah,” tegas Iwan.

Nah, bagi yang kesulitan mencari spare part kampas kopling ganda untuk motor matik, ada baiknya berkonsultasi kepada mekanik bengkel langganan kamu.

Utamanya bagi kamu pemilik motor skuter matik yang usianya sudah lama. Biasanya mekanik akan menyarankan pakai spare part substitusi atau spare part after market lainnya.

Iwan mencontohkan, pemilik motor skuter matik Suzuki Skywave atau Suzuki Hayate bisa menggunakan spare part kopling ganda milik Yamaha NMax.

“Buat pemilik Suzuki Skywave sama Suzuki Hayate, bisa pasang kopling ganda punya Yamaha NMax. Paling Cuma dilakukan penyesuaian sedikit saja. Tapi tarikan jadi enteng dibanding pakai spare part asilnya,” jelas Iwan.

Baca juga  Merokok Sambil Berkendara Bisa Kena Tilang, Ini Aturannya

Begini cara merawat kopling ganda motor matik

Cara Memperbaiki Kopling Ganda Motor
Servis rutin cek bagian kampas kopling ganda

Dalam kesempatan ini, Iwan juga memberitahukan cara merawat dari kopling ganda agar bisa awet digunakan hingga batas maksimalnya.

Pertama yang dilakukan adalah lakukan servis rutin motor matik secara menyeluruh. Termasuk pada bagian kopling ganda.

Bagian ini harus dilakukan pengecekan dan perawatan secara rutin agar kinerja komponen ini tetap maksimal.

Kedua, bersihkan bagian komponen kopling ganda. Seperti pada bagian kopling ganda dan mangkuknya. Hal ini berguna agar tidak ada kotoran sisa gesekan yang menempel pada bagian komponen itu.

Cara ketiga bisa dilakukan perawatan dengan rutin mengganti oli mesin dan oli gardan motor matik. Agar performa mesin motor matik kamu tetap terjaga.

Cara terakhir, ketika berkendara jangan sembaranga puntir gas. Ada baiknya berkendara secara normal, hindari melakukan sentakan pada gas motor yang bisa menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen motor lebih cepat.

Nah itu tadi cara memperbaiki kopling ganda motor, semoga bermanfaat. Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru