Bingung? Ini Lho Pengertian dan Tempat Perpanjangan SIM C

Moladin – Bagi remaja yang beranjak dewasa, salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), salah satunya SIM C. Bagi yang baru pertama membuat SIM, kartu ini adalah salah satu bukti bahwa pemegangnya sudah dewasa.

Jika mengendarai kendaraan bermotor dengan memiliki SIM, Anda tidak perlu khawatir akan ditilang oleh polisi. Anda sudah memiliki izin resmi untuk mengemudikan kendaraan sesuai jenis SIM Anda. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang SIM.

 

Pengertian SIM

Tempat Perpanjang SIM A, B & CSIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian

Menurut dokumen resmi Kepolisian Republik Indonesia, SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas, dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Dasar hukumnya adalah Pasal 77 ayat 1 Undang-undang No. 2 Tahun 2002, Pasal 14 ayat 91) b dan pasal 15 ayat (2) c. Selain itu ada Peraturan Pemerintah No. 44 / 1993 pasal 216. Intinya, semua orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di Jalan wajib memiliki SIM yang sesuai.

 

Penggolongan jenis-jenis SIM

  • Golongan SIM A – SIM untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.
  • Golongan SIM A Khusus – SIM untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang digunakan untuk angkutan orang / barang (bukan sepeda motor dengan kereta samping).
  • Golongan SIM B1 – SIM untuk kendaraan bermotor dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg
  • Golongan SIM B2 – SIM untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kereta tempelan dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.
  • Golongan SIm C – SIM untuk kendaraan bermotor roda 2 yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 Km / Jam
  • Golongan SIM D – SIM khusus bagi pengemudi yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus.

 

Pengertian SIM C

SIM C YogyakartaSIM C umunya dibagi menjadi tiga kategori

SIM C sebagai SIM yang paling umum sebenarnya dibagi lagi menjadi tiga kategori atau golongan. SIM C1 untuk mengemudikan motor dengan kapasitas mesin 250-500cc sementara SIM C2 untuk mengendarai motor berkapasitas mesin di atas 500cc.

Hanya saja, sampai saat ini, realisasi penggolongan SIM C masih dalam tahap wacana. Pemerintah butuh dana yang sangat besar untuk mempersiapkan infrastruktur penggolongan SIM di semua Samsat dan Satpas di seluruh Indonesia. Menurut Polri, mereka baru akan memulai penggolongan SIM C pada tahun 2020.

 

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

 

Di mana SIM C dibuat?

Satu satunya instansi yang berhak menerbitkan SIM adalah Kepolisian Republik Indonesia. Oleh karena itu, proses pembuatan SIM C juga berada di bawah komando mereka. Saat ini SIM bisa dibuat di kantor Samsat, Satpas, dan juga Kantor Polres/ta. Setiap daerah bisa memiliki tempat pembuatan SIM yang berbeda, tergantung infrastrukturnya.

Tempat perpanjang SIM lebih banyak lagi. Ada Gerai SIM dan SIM Keliling yang siap melayani proses perpanjangan SIM masyarakat di area-area strategis. Kehadiran tempat perpanjang SIM C di pusat-pusat keramaian ini adalah bukti nyata bahwa Kepolisian terus berusaha meningkatkan layanan SIM kepada publik.

Selain itu, tempat perpanjang SIM paling praktis adalah via online, di laman Korlantas Polri. Di sana Anda bisa melakukan registrasi dan memperpanjang SIM C sebelum kemudian dicetak di SIM Keliling atau kantor Satpas terdekat. Ini sangat berguna bagi Anda yang sedang merantau ke luar daerah asalnya.

 

Mutasi dan SIM hilang atau rusak

Selain melayani pembuatan dan perpanjangan SIM, Polri via Satpas juga siap membantu Anda melakukan mutasi SIM. Mutasi artinya Anda berpindah domisili dari satu wilayah Polda ke Polda lainnya. Anda harus melakukan pencabutan dan dokumen kartu induk dari Satlantas asal, membayar biaya mutasi, mengisi surat permohonan mutasi beserta kelengkapan administratifnya, dan SIM dengan alamat baru pun dicetak tanpa ujian.

Jika SIM C anda hilang atau rusak, Anda masih harus membawa beberapa dokumen sebagau syarat. Anda harus punya surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter, surat laporan kehilangan, melakukan pembayaran, melampirkan KTP, dan mengisi formulir permohonan.

 

SIM C Anda tidak berlaku jika…

Surat Izin MengemudiJika masa berlakunya sudah habis dan tidak diperpanjang, SIM dipastikan tidak berlaku

Ada beberapa hal yang membuat SIM Anda tidak berlaku lagi. Yang pertama adalah masa berlaku SIM itu sudah habis dan tidak diperpanjang. SIM yang kadaluwarsa seperti ini tidak bisa diperpanjang dan Anda harus membuat SIM baru jika ingin punya lagi.

SIM juga dinyatakan tidak berlaku jika digunakan oleh orang lain selain yang identitasnya tercantum. SIM tidak berlaku jika diketahui diperoleh dengan cara tidak sah, lewat calo misalnya. SIM Anda juga tidak akan berlaku jika data yang ada pada SIM diubah.

SIM adalah dokumen resmi penting yang wajib Anda miliki jika ingin mengendarai kendaraan bermotor di jalan umum. SIM C adalah dokumen yang memberikan izin kepada Anda untuk mengendarai kendaraan bermotor roda dua. Pembuatan, perpanjangan, dan mutasi SIM C sudah diatur dengan jelas, pelayanannya pun semakin hari semakin nyaman. Ikuti semua prosedur yang ada dengan baik, maka Anda tidak akan mengalami masalah.

 

Honda Beat Street

*Angsuran mulai dari

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *