Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Road Trip ke 7 Tempat Wisata di Salatiga, Gerbang Tol Terindah!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Salatiga

Berikut akan kami ulas mengenai 7 tempat wisata di Salatiga yang bisa dicapai dengan mobil pribadi. Dimana beberapa lokasi wisatanya disuguhi dengan pemandangan alam yang memukau.

Salatiga merupakan sebuah kota yang terletak di antara Surakarta dan Semarang. Wisata di Salatiga sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu, harga tiket masuk wisata di daerah ini juga cukup terjangkau.

Biaya dan Waktu Tempuh Road Trip Jakarta Ke Salatiga

Tempat wisata di Salatiga

Gerbang tol Bawen, Salatiga punya pemandangan Gunung Merbabu

Perlu diketahui road trip dari jakarta ke Salatiga, Jawa Tengah sangat nyaman bila ditempuh naik mobil. Apalagi kini sudah ada tol Transjawa yang waktu tempuhnya cuma sekitar 6 jam dengan jarak perjalanan 480 kilometer.

Bicara soal biaya perjalanan naik mobil ke Salatiga, bisa disimulasikan dengan kendaraan MPV atau SUV 1.500 cc seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, hingga Daihatsu Terios. Anggap saja konsumsi BBM mobil sekitar 10 km/liter atau 1 liter untuk perjalanan 10 Km. Jika dari jakarta sampai Salatiga menempuh 480 Km, maka butuh BBM mobil 48 liter. Dengan harga Pertalite Rp 10 ribu per liter, maka biaya bensinnya adalah Rp 480 ribu.

Kemudian untuk rutenya via jalan tol TransJawa dari Jakarta ke Salatiga membutuhkan biaya sekitar Rp 415.500. Adapun pilihan keluar tolnya kini semakin mudah, karena sudah ada Gerbang Tol Salatiga yang diresmikan sejak 2017.

jika ditotal biaya road trip dari Jakarta ke Salatiga untuk sekali jalan akan menghabiskan sekitar Rp 895.500. Dengan kata lain, untuk ongkos tol dan bensin bolak-balik atau pulang pergi Jakarta-Salatiga-Jakarta bisa tembus Rp 1.790.000

Pemandangan Gerbang Tol Salatiga Berlatar Gunung Merbabu

Saat naik mobil ke Salatiga, kamu pasti akan dibuat kagum ketika melewati pintu gerbang tol Salatiga yang sangat indah bak lukisan. Pasalnya latar belakang Gunung Merbabu yang eksotis begitu sedap dipandang mata. Bahkan pemandangan Gerbang Tol Salatiga ini banyak yang menyamakan dengan entrance highway di Gotthard-Swiss.

Tak hanya itu saja, saat mencapai ujung tol tepatnya di simpang tiga Tingkir atau mulai disebut Tingxit (Tingkir Exit), kamu akan kembali disuguhi pemandangan yang tak kalah menarik yaitu Gunung Telomoyo. Oleh karenanya, perjalanan naik mobil ke Salatiga memang sangat tepat untuk dilakoni.

Nah apa saja tempat wisata di Salatiga yang bisa kamu datangi naik mobil? Berikut 7 rekomendasinya:

Destinasi Liburan di Salatiga

1. Taman Wisata Kopeng

tempat wisata di salatiga

Taman wisata Kopeng

Paling mudah ketika road trip ke Salatiga naik mobil, kamu mengujungi tempat wisata Kopeng yang lokasinya berada di Taman Wisata Kopeng, Jl. Raya Kopeng – Magelang Km. 15 Getasan, Kopeng, Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Kopeng Salatiga ini merupakan area rekreasi yang cocok untuk liburan keluarga atau instansi. Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan menyenangkan untuk melepaskan penat.

Taman Wisata Kopeng memiliki fasilitas lengkap seperti Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4,17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop. Berpadu dengan suasana pegunungan yang sejuk, Taman Wisata Kopeng menarik dikunjungi bagi Anda yang ingin melepas penat.

Taman Wisata Kopeng juga menawarkan camping ground untuk berkemah. Tak perlu repot membawa tenda dan peralatan lainnya, semua sudah disediakan di sini.

Untuk masuk ke tampat wisata ini wisatawan diwajibkan membeli tiket dengan harga Rp 20 ribu per orang. Sementara untuk jam operasionalnya dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore.

2. Monumen Palagan Ambarawa

tempat wisata di salatiga

Monumen Palagan Ambarawa

Tempat wisata di salatiga selanjutnya adalah Monumen Palagan Ambarawa. Lokasinya berada di Jalan Mgr Sugiyopranoto, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Keberadaan Monumen Palagan Ambarawa merupakan simbol untuk mengenang Pertempuran Ambarawa, yang terjadi setelah Proklamasi Kemerdekaan. Di dalam monumen, wisatawan dapat melihat benda-benda bersejarah peninggalan pemerintahan Jepang dan Belanda.

Di area Monumen Palagan Ambarawa juga terdapat Museum Isdiman, yang mengisahkan peristiwa kerasnya pertempuran Ambarawa. Museum yang didirikan untuk mengenang Letkol Isdiman sebagai perwira Tentara Keamanan Rakyat dan Komandan Resimen TKR Banyumas yang memimpin Pertempuran di Ambarawa.

Di dalam museum terdapat lukisan dan beberapa foto yang menggambarkan suasana Pertempuran Ambarawa, termasuk ketegangan yang terjadi selama pertempuran. Ada pula koleksi pakaian dan senjata yang dipakai pada pertempuran, seperti bom molotov dan bambu runcing.

Kendaraan milik sekutu yang usianya setara atau lebih dari usia Indonesia saat merdeka juga dipajang. Benda-benda perjuangan tersebut, seperti meriam, meriam anti tank, pesawat mustang cocor merah, truk, dan kereta api lokomotif.

Harga tiketnya murah, Rp 7 ribu per orang. Kemudian untuk parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 7 ribu. Jam operasionalnya mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

3. Rawa Pening

tempat wisata di salatiga

Rawa Pening

Liburan naik mobil ke Salatiga, kurang lengkap kalau tidak ke Rawa Pening. Ini memang bukan bagian dari Salatiga, tapi lokasinya sangat dekat, sekitar 30 menit berkendara ke arah Barat Laut.

Rawa Pening adalah sebuah danau alami yang letaknya mencakup empat wilayah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang sekaligus, yakni Kecamatan Ambarawa, Tuntang, Bawen, dan Banyubiru.

Danau Rawa Pening sendiri berada di sebuah cekungan yang terdapat di antara Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, dan Gunung Telomoyo. Terbentang seluas 2.670 hektare, Rawa Pening menyajikan keindahan alam yang begitu memesona.

Lokasi Rawa Pening cukup mudah diakses. Danau Rawa Pening terletak di Jalan Lingkar Selatan KM 3, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuknya Rp 5 ribu per orang dan parkir sepeda motor Rp 2 ribu dan mobil Rp 5 ribu. Jam operasionalnya mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Selain danau dan pemandangan alam yang memukau, daya tarik lain dari tempat ini ada rumah makan apung, wisata apung, sewa perahu, dan fasilitas menarik lainnya.

4. Gunung Telomoyo

tempat wisata di salatiga

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo sesungguhnya tempat liburan yang dekat dengan Salatiga. Lokasinya sekitar 50 menit ke arah barat. Telomoyo merupakan gungun dengan ketinggian 1.894 mdpl adalah wisata alam indah yang terkenal dengan pemandangan bak negeri di atas awan. 

Wisata Gunung Telomoyo berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jadi tidak ada salahnya ketika kamu naik mobil ke Salatiga, mampir juga ke tempat wisata ini. Lokasi tepat Gunung Telomoyo berada di Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jam buka  untuk pengunjung yang tidak berkemah yaitu 24 jam, sedangkan jika berkemah mulai pukul 06.00 -17.00 WIB.

Harga tiket masuk ke Gunung Telomoyo sekitar Rp15 ribu, belum termasuk sewa mobil jeep apabila diperlukan. Jalur untuk dapat mencapai puncak wisata Gunung Telomoyo relatif mudah dijangkau oleh para wisatawan. Yaitu bisa menaiki sepeda motor atau menyewa mobil jeep untuk sampai puncak.

5. Mata Air Senjoyo

tempat wisata di salatiga

Mata air Senjoyo

Tempat wisata di Salatiga berikutnya ada Mata Air Senjoyo. Lokasinya berada di Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Meski begitu, jaraknya tidaklah jauh dari Kota Salatiga, yakni hanya sekitar 7 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

Mata air Senjoyo menawarkan pemandangan alam yang bagus serta dilengkapi dengan warung makan dan beberapa fasilitas menarik lain. Untuk memasukinya tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya saja pengunjung harus bayar parkir Rp 10 ribu untuk mobil dan Rp 5 ribu untuk sepeda motor.

6. Arrowhead Park

tempat wisata di salatiga

Arrowhead Park. Foto: harga tiket

Arrowhead Park juga bisa menjadi destinasi wisata yang menarik dikunjungi saat road trip naik mobil ke Salatiga. Lokasinya ada di Desa Tegalwaton, Kecamatan Salatiga, Kabupaten Salatiga. Untuk jam operasionalnya mulai jam 7 pagi, Sedangkan tiket masuknya sebesar Rp 5 ribu.

Arrowhead Park adalah suatu taman yang berlokasi di Salatiga. Ketika mengunjungi lokasi berlibur Salatiga ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam pedesaan yang asri. Selain itu, pengunjung dapat mencoba berkeliling desa menggunakan kuda.

Dan yang tidak kalah serunya lagi, para pengunjung memiliki kesempatan untuk ikut sekolah berkuda. Selain itu, fasilitas pariwisata yang telah tersedia di Arrowhead Park meliputi kamar mandi, musholla, tempat istirahat, rumah makan, dan area parkir kendaraan.

7. Tlogo Plantation

Tempat wisata di Salatiga

Tlogo Plantation

Tlogo Plantation merupakan kawasan wisata terpadu. Selain pemandangan alam yang menarik, wisatawan juga bisa menambah ilmu di perkebunan kopi setempat. Kalau membawa serta anak-anak, ikutlah kegiatan berkebun. Edukatif dan seru banget.

Oh ya, di tempat ini juga disediakan 22 cottage dan 15 kamar superior untuk menginap para pengunjung. Untuk alamatnya ada di Jalan Raya Tuntang-Beringin KM 2, Ngelerak, Delik, Tuntang, Salatiga, Jawa Tengah.

Moladiners, itulah ulasan mengenai 7 tempat wisata di Salatiga yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika