Test Ride Suzuki Nex II Cross: Kecil Tapi Tangguh! (Bag. 1)

Test Ride Suzuki Nex II Cross – Ngomongin Suzuki Nex II Cross, sepertinya agak asing ditelinga. Padahal skutik 110cc beraura kental petualang ini bisa jadi pilihan yang pas buat berkendara harian Anda. Kenapa? Alasannya selain karena harga yang terjangkau namun juga sudah punya fitur yang bisa memanjakan pengendara.

Harganya berada di angka Rp 15 jutaan. Meski murah tapi tak murahan, bodinya yang mungil juga tidak bisa dianggap remeh. Karena skutik yang satu ini boleh dikatakan tangguh untuk menghadapi medan aspal mulu atau semi off-road. Lalu apa yang jadi kelebihan dan kekurangan Suzuki Nex II Cross? Layak dibeli atau tidak? Langsung saja simak ulasan test ride Suzuki Nex II Cross dari kami berikut ini.

 

Nyaman Diajak Selap-Selip Saat Test Ride Suzuki Nex II Cross

test-ride-suzuki-nex-ii-cross:-kecil-tapi-tangguh!-(bag-1)

Sebelum jauh kita berbicara soal fitur dari skutik ini, lebih dulu kita bahas soal desainnya. Suzuki Nex II Cross punya desain yang sporti dan beraura adventure. Hal itu bisa kami simpulkan karena banyak bagian bodi yang menyudut, ditambah grafis ban trail yang ada di bagian depan bodinya.

Suzuki Nex II Cross punya dimensi Panjang 1.890mm, lebar 675mm dan tinggi 1.045mm, dan bobotnya yang hanya 93kg saja. Skutik ini begitu ringan dan ringkas. Sehingga saat diajak selap-selip di jalanan Ibukota yang padat, motor ini sangat mudah menjinakkannya. Handlingnya begitu ringan, saat menyelip di sela-sela kendaraan saat macet. Nyaman dan mudah dikendarai.

Tapi dibalik itu semua, Suzuki Nex II Cross masih hadirkan kekurangan. Saat melakukan test ride Suzuki Nex II Cross, kami belum menemukan kenyamanan saat duduk di atas motor bergaya adventure ini. Buat Anda yang memiliki tinggi 175cm ke atas, sepertinya akan terasa pegal duduk berlama-lama karena kaki terlalu menekuk ditambah lagi bagian dengkul akan bersentuhan dengan dua konsol box.

Lebih lanjut, bagian busa joknya menurut kami tipis dan keras. Sehingga saat berkendara terasa cepat lelah dan bokong pegal-pegal. Meskipun harus kami akui, dengan dimensi panjang 1.890mm sehingga membuat jok punya panjang yang lebih, berboncengan pun jadi lebih aman.

Tabel Harga Suzuki Nex II Cross

Produk Kelebihan Harga
Suzuki Nex II Cross Harga Terjangkau Cek Harga Promo di Sini
Suzuki Nex II Cross Accessories Version Sudah dilengkapi dengan aksesoris Cek Harga Promo di Sini

 

Headlamp LED dan USB Charger Jadi Fitur Unggulan

USB charger dan headlamp LED jadi fitur unggulan Suzuki Nex II Cross

Berbicara soal fiturnya, Suzuki Nex II Cross sudah menggunakan fitur yang modern bila dibandingkan dengan rivalnya di kelas skutik 110cc, sebut saja bila dibandingkan dengan Honda BeAT eSP yang punya harga lebih mahal dari skutik bergaya adventure lansiran Suzuki ini.

Saat kami melakukan test ride Suzuki Nex II Cross, skutik ini sudah dilengkapi dengan USB charger. Letaknya di bagian depan, tepat di konsol box sebelah kiri. Sehingga saat pengendara ingin mengisi daya gadget, tidak perlu repot harus membuka bagasi.

Soal kelebihan fiturnya, tidak cuman sampai disitu. Suzuki Nex II Cross sudah pakai lampu depan LED sehingga pencahayaaan lebih terang dan maksimal apalagi saat di malam hari. Sementara Honda BeAT eSP yang harganya sudah tembus Rp 16 jutaan masih pakai lampu bohlam.

Meski Suzuki Nex II Cross punya fitur modern, namun skutik ini juga memiliki kekurangan bila disandingkan dengan rivalnya sesama skutik 110cc. Hal yang pertama adalah panel instrumen yang masih jadul. Panel instrumen Suzuki Nex II Cross masih menggunakan model analog, sehingga pengendara tidak bisa mengetahui konsumsi rata-rata bahan bakarnya.

Sementara rival-rivalnya seperti Honda Genio sudah menggunakan panel instrumen full digital, ada juga Honda BeAT eSP yang menggunakan kombinasi analog dan digital. Sehingga bisa dibilang jauh lebih kekinian bila dibandingkan Suzuki Nex II Cross.

Hal berikutnya yang menjadi kekurangan adalah bagasinya yang terlalu sempit. Suzuki Nex II Cross tidak memiliki bagasi yang muat untuk menaruh barang yang banyak, kami estimasikan hanya memuat untuk jas hujan dan sarung tangan motor saja. Sementara di sisi lain, Honda BeAT eSP punya kapasitas bagasi seluas 11L, lebih luas dibanding Suzuki Nex II Cross.

Kalau Honda BeAT eSP sudah dilengkapi dengan side stand switch yang punya fungsi bikin motor mati secara otomatis saat standar samping diturunkan sehingga mencegah pengendara lupa menaikkan standar samping. Fitur ini belum hadir di Suzuki Nex II Cross.

Lalu bagaimana rasanya berkendara dengan skutik bergaya adventure ini? Apa yang menjadi kelebihannya? Apakah performanya mantap? Simak terus tulisan Test Ride Suzuki Nex II Cross: Kecil Tapi Tangguh! (Bag. 2).

Buat Anda  yang ingin membeli Suzuki Nex II Cross, dapatkan segera promo menariknya dan penawaran dengan harga terbaik. Ingat Motor! Ingat Moladin!

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *