Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Tips Jitu Bersihkan Door Trim Mobil Kusam

by Tigor Sihombing
door trim

Door trim kusam merupakan kondisi di mana bagian trim pintu kendaraan, yang umumnya terbuat dari bahan plastik, karet, atau serupa, menunjukkan tanda-tanda usang, pudar, atau kehilangan kecerahan warnanya.

Sebagai elemen dekoratif dan fungsional pada bagian dalam pintu mobil, door trim memainkan peran penting dalam memberikan estetika dan kenyamanan pada interior kendaraan.

Faktor-faktor seperti paparan sinar matahari langsung, penggunaan intensif, atau pembersihan yang tidak tepat dapat menjadi penyebab door trim mengalami kondisi kusam bahkan terasa kumal.

Paparan sinar matahari langsung, penggunaan intensif, atau pembersihan tidak tepat bisa bikin door trim kusam

Paparan sinar matahari langsung, penggunaan intensif, atau pembersihan tidak tepat bisa bikin door trim kusam

Upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan cover mobil atau memarkir kendaraan di tempat yang teduh untuk melindungi door trim dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Selain itu, melakukan pembersihan secara berkala dengan produk pembersih yang sesuai dengan jenis bahan door trim dapat membantu mempertahankan tampilan dan kualitasnya.

Untuk mengatasi kondisi door trim yang kumal, beberapa pemilik kendaraan mungkin memilih menggunakan produk restorasi atau pewarna khusus yang dirancang untuk mengembalikan warna dan kilau pada trim plastik atau karet.

Baca juga  Perbandingan Pertamax dan Pertalite, Pakai yang Mana?

Pemilihan produk yang sesuai dan mengikuti petunjuk penggunaannya secara cermat menjadi langkah penting dalam proses ini.

Door Trim Bersih dan Berfungsi dengan Baik

door trim

Material doortrim Hyundai Creta

Membersihkan dan merawat door trim secara teratur sangat penting untuk menjaga fungsionalitasnya. Berikut adalah beberapa langkah efektif untuk membersihkan dan merawat door trim mobil agar tetap awet dan berfungsi dengan baik:

1. Gunakan alat pembersih yang lembut

Setelah membersihkan door trim dengan vacuum cleaner, gunakan sikat nilon lembut dan lap kering yang juga lembut untuk menghilangkan sisa kotoran tanpa merusak lapisan panel pintu mobil, terutama jika door trim terbuat dari material kulit asli.

2. Manfaatkan cacuum cleaner

Rutin menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan door trim adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan dan fungsionalitasnya. Vacuum cleaner dapat mencapai sudut atau celah door trim yang sulit dijangkau tangan, membuat proses pembersihan lebih efektif.

3. Gunakan cairan pembersih khusus

Pilihlah cairan pembersih khusus yang sesuai dengan jenis bahan door trim. Hindari penggunaan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia dan pelarut yang dapat merusak warna lapisan door trim. Untuk door trim berbahan vinyl, gunakan cairan pembersih khusus, sementara door trim berbahan kulit perlu dirawat dengan cairan pembersih kulit dan kain katun.

Baca juga  Alat Pemadam Kebakaran Mobil dan Cara Pakainya

4. Bersihkan tombol-tombolnya

Selain membersihkan lapisan door trim, pastikan untuk membersihkan semua tombol yang ada pada bagian tersebut. Tombol yang bersih dapat memastikan fungsi fitur pada door trim tetap optimal.

Gunakan vacuum cleaner dan sikat bulu lembut untuk membersihkan debu dan kotoran di celah-celah tombol door trim.

5. Lakukan pembersihan secara rutin

Lakukan pembersihan door trim secara rutin sebagai bagian dari perawatan kendaraan secara keseluruhan. Langkah-langkah ini akan membantu door trim tetap awet, berfungsi dengan baik, dan menjaga nilai estetika interior kendaraan.

Dengan perawatan yang tepat, door trim mobil tidak hanya dapat tetap tampil segar dan menarik, tetapi juga dapat berfungsi dengan optimal dalam mendukung kenyamanan berkendara.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika