by

5 Tips Modifikasi Mobil Jadi Campervan, yang Penting Nyaman

Tips modifikasi mobil jadi campervan di bawah ini mungkin berguna untuk kamu yang ingin memiliki kendaraan yang proper diajak adventure atau camping.

Terlebih seperti saat ini, kebutuhan akan kebutuhann mobil pribadi yang dimodifikasi menjadi campervan sedang diminati. Hal ini karena di masa pandemi seperti sekarang orang sudah menjauhi lokasi-lokasi wisata yang ramai. 

Dan beralih ke wisata di alam terbuka yang asik dikunjungi bersama keluarga. Seperti camping atau overlanding bersama mobil campervan.

Campervan sendiri merupakan kendaraan yang didesain untuk penggunaan camping di alam. Campervan umumnya memiliki peralatan masak layaknya dapur, bahkan kamar mandi, yang semuanya bersifat lebih bersifat portable.

Meski tidak ada regulasi khusus terkait definisi mobil yang layak untuk campervan seperti apa, namun lebih asyiknya campervan dibuat dari mobil-mobil yang memiliki kabin luas seperti Daihatsu Gran Max, VW Combi, atau bahkan microbus seperti Isuzu.

Nah untuk kamu yang berencana menyulap mobil menjadi campervan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti ulasan yang akan kami sampaikan di bawah ini.

1. Tentukan Tujuan

Tips Modifikasi Mobil Jadi Campervan
Campervan untuk keperluan camping dalam waktu yang singkat, tentu akan berbeda spek dengan campervan yang dibuat untuk overland atau bahkan keliling Indonesia.

Tips modifikasi mobil jadi campervan yang pertama adalah dengan menentukan tujuan terlebih dahulu. Yoyo, pemilik rental Jakarta Campervan mengatakan, karena dengan menetapkan tujuan, akan mempengaruhiu spesifikasi campervan yang akan kita buat nantinya.

Baca juga  3 Cara Modifikasi Mobil Pick Up Slalom, Boleh Dicoba!

“Misal apakah mobil akan digunakan untuk overland, camping ringan atau mungkin dipakai untuk perjalanan dalam jangka waktu yang lama, kondisi jalannya juga seperti apa, apakah kebanyak off road atau bagaimana?,” kata Yoyo saat dihubungi Moladin.com, (14/10/2021).

Karena misal mobil untuk keperluan camping dalam waktu yang singkat, tentu akan berbeda spek dengan campervan yang dibuat untuk overland atau bahkan keliling Indonesia.

“Meski menurut saya untuk melakukan campervan sendiri bisa digunakan menggunakan mobil apa saja, bahkan mobil probadi yang sering dipakai untuk harian,” tambah pria ramah yang memiliki 10 mobil campervan ini. 

2. Tentukan Desain

Tips Modifikasi Mobil Jadi Campervan
Pastikan bahwa desain tersebut memiliki fungsi maksimal, tidak hanya mengandalkan desaian yang menarik.

Jika niat membangun campervan sudah bulat, tips moadifikasi mobil jadi campervan berikutnya adalah dengan menentukan desain campervan yang akan dibangun.

Di luar sana, baik dari literasi artikel dan video youtube sudah cukup banyak contoh modifikasi mobil pribadi menjadi yang disulap jadi campervan.

Gampangnya kamu cukup meniri desain dan kembangan sesuai dengan kebutuhan dan model mobil yang kamu gunakan. Pastikan bahwa desain tersebut tidak hanya terlihat keren semata, namun juga memiliki fungsi yang jelas.

3. Dirakit Sendiri atau Pakai Jasa Bengkel Modif

Rekomendasi Bengkel Modifikasi Campervan
Jika kurang pede untuk mencoba memodifikasi sendiri, maka kamu dapat memanfaatkan jasa modifikasi mobil pribadi menjadi campervan.

Di luar sana banyak orang yang melakukan modifikasi campervan seorang diri alias tanpa bantuan jasa modifikasi. Hal ini sah saja, apa lagi kamu punya keahlian interior dan tukang yang mumpuni.

Baca juga  Inspirasi Modifikasi Wuling Confero dan Cortez di IIMS Hybrid 2021

Keuntungannya tentu saja kamu bisa meminimalisir bujet menjadi lebih ringan. Kamu juga bisa cuma menambahkan kasur lipat, awning, kemudian tenda untuk membuat campervan sederhana. Tentu kalau cuma seperti ini, biaya membuat campervan bisa di bawah Rp 5 juta.

Namun jika memang kurang percaya diri untuk mencoba memodifikasi sendiri, maka kamu dapat memanfaatkan jasa modifikasi mobil pribadi menjadi campervan. Biasanya banyak bengkel karoseri mau membuatkannya.

Jasa ini cukup banyak ditawarkan dan dapat ditemukan mudah. Namun tentu saja ada perhitungan biaya yang harus dikeluarkan, agar proses pembangunan tersebut benar-benar mencapai hasil yang maksimal.

Umumnya untuk biaya membuat campervan dari ringan hingga yang serius untuk perjalanan beberapa hari, tarifnya berkisar Rp 20 juta – 300 jutaan.

4. Siapkan Budget

Beli mobil
Perhitungkanlah dengan tepat biaya yang dibutuhkan tersebut, agar campervan yang di ingin benar-benar terwujud.

Keempat adalah tentang biaya atau budget. Secara harfiah setiap kali ingin melakukan modifikasi, sudah tentu membutuhkan biaya. Apalagi jika ingin merubah mobil menjadi campervan.

Besar atau kecilnya biaya yang diperlukan tergantung dari desain campervan dan juga spesifikasi mobil yang akan dibangun.

Perhitungkanlah dengan tepat biaya yang dibutuhkan tersebut, agar campervan yang di ingin benar-benar terwujud.

Karena sudah menjadi kaharusan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terutama ketika sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Baca juga  Modifikasi Mitsubishi Pajero Sport 'Berwajah' Alphard, Tampil Beda

5. Pikirkan Kenyamanan

Tips Modifikasi Mobil Jadi Campervan
Desain harus dirancang agar penumpang tetap aman meskipun berada di dalam toilet atau kamar tidur, atau ruang rapat, saat kendaraan sedang berjalan atau dalam keadaan macet.

Tips modifikasi mobil jadi campervan berikutnya adalah dengan memikirkan keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Terutama saat berjalan, maupun sedang berhenti.

Desain harus dirancang agar penumpang tetap aman meskipun berada di dalam toilet atau kamar tidur, atau ruang rapat, saat kendaraan sedang berjalan atau dalam keadaan macet.

Sebaiknya pemilik juga harus tetap menyediakan bangku atau kursi penumpang dengan sabuk pengaman. Satu hal lagi, pada mobil campervan yang proper harusnya tersedia tenaga listrik tambahan dari genset.

Sehingga, saat mobil dalam kondisi mati sekalipun, AC, televisi, dan lain sebagainya tetap bisa menyala. Selain itu, perhatikan juga kelistrikan aman, mengingat pda sebuah campervan pasti banyak memodifikasi jalur kelistrikan, untuk hal yang satu ini sebaiknya dilakukan oleh bengkel atau mekanik yang ahli. 

Kalau kamu mau yang sederhana juga tidak masalah. Buat saja layaknya mobil harian dengan tambahan tenda. Hanya saja memang, ubahan minimalis itu tidak bisa dipakai menginap terlalu lama.

Demikian ulasan terkait tips modifikasi mobil jadi campervan. Kiranya konten artikel ini bisa menjadi acuan sebelum kamu lakukan modifikasi mobil pribadi jadi campervan.

Simak ulasan Moladin.com untuk update berita mobil terbaru otomotif.

Terbaru