Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Tips Pasang Stiker Mobil Ala Maxdecal dan Epson!

by Baghendra Lodra
tips pasang stiker mobil - decal

Bagaimana tips pasang stiker mobil supaya awet? Ini penting diketahui, terutama bagi pemilik kendaraan yang ingin memodifikasi bodi mobilnya dengan media stiker atau decal.

Tren penggunaan stiker di mobil memang terus meningkat, baik itu cutting sticker, decal, hingga pemasangan full body (wrapping). Persoalannya, banyak pemilik mobil yang tidak tahu cara pasang stiker dengan baik. Pasalnya hal ini tidak boleh dilakukan sembarang.

Supaya kamu lebih paham, Maxdecal selaku produsen stiker mobil membeberkan tipsnya:

1. Pakai Material Stiker Berkualitas

tips pasang stiker mobil

Salah satu hasil pemasangan stiker mobil dengan material Maxdecal

Research and Development Maxdecal, Nofian Hendra mengatakan cara pasang stiker mobil yang pertama adalah harus diperhatikan dari materialnya terlebih dulu. Mulai dari bahan stiker yang digunakan, hingga alat printing-nya.

“Sticker Maxdecal telah dibekali spesifikasi Automotive Grade dengan bahan baku sticker yang lentur dan lem yang sangat cocok untuk di pasar otomotif,” kata Research and Development Maxdecal, Nofian Hendra.

Kemudian agar warna-warni stiker mobil lebih keluar, perlu printer yang terbaik seperti Epson SC-S80670. Keunggulannya memiliki teknologi tinta 10 warna UltraChrome, sehingga mampu mengeluarkan warna flourescent dan merah solid sesuai kebutuhan otomotif.

Baca juga  Apa Fungsi Intermitten Wiper di Mobil? Harus Tahu

Jadi jangan asal pilih material decal untuk bodi mobil. Bila kualitasnya jelek dari awal, tentu hasil pemasangan stiker tidak akan maksimal.

2. Cari Tempat Pasang Stiker Mobil Terbaik

pasang stiker mobil

Sebaiknya serahkan pemasangan stiker mobil ke bengkel terpercaya

Lalu di mana tempat pasang stiker mobil yang sudah mengolaborasikan bahan dari Maxdecal dengan Printer Epson? Salah satunya yaitu Ronita Digital Printing di BSD-Tangerang Selatan, Banten.

Pengalaman Ronita Digital Printing di dunia decal otomotif juga tidak perlu diragukan. Wrapping mobil dan motor, sudah jadi makanan sehari-hari mereka.

Di sini, kamu juga bisa melakukan pemasangan stiker mobil secara custom. Artinya dari desain, pemilihan bahan, printing, hingga pemasangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan demikian, ada kesesuaian kualitas antara desain dan hasil, ketika decal tersebut menempel di kendaraan.

3. Pastikan Kualitas Cat Mobil Bagus Sebelum Pemasangan Stiker

Cat mobil kusam

Cat mobil yang sudah kurang baik, akan menyulitkan stiker menempel di bodi

Sebelum pasang stiker mobil, perhatikanlah kualitas cat mobil kamu. Sebaiknya cat masih dalam kondisi terbaik, karena ini berpengaruh ke daya rekat stiker.

Bila cat mobil sudah kurang baik, bahkan sudah tergores dan pernah dicat ulang bisa menyebabkan stiker tidak menempel sempurna. Di sisi lain, saat stiker nantinya diangkat, maka cat yang sudah jelek tersebut akan terangkat.

Baca juga  Dampak Pertalite Dicampur Premium, Jangan Asal!

4. Pilih Biaya Pasang Stiker yang Sesuai Bujet

tips pasang stiker mobil - nmaa

Pasang stiker full body mobil tentu biayanya lebih mahal

Saat pasang stiker bodi mobil, kamu juga perlu menyesuaikan bujet. Misalnya antara stiker Maxdecal vinyl dengan bahan reflektif, tentu harganya berbeda.

“Kalau Maxdecal yang reflektif itu kisaran Rp 750 ribu per meter, bahannya keliatan mengilap, jadi saat kena lampu kendaraan lain lebih eye catching,” kata Imam Syahroni selaku pemilik Ronita Digital Printing.

Bila pakai stiker mobil full body, kira-kira butuh bahan hingga 20 meter untuk Honda Brio. Jadi kisaran biaya pasang stiker mobil bisa tembus Rp 15 jutaan. Kemahalan? solusinya bisa menggunakan stiker printing hanya setengah bodi atau di bagian-bagian tertentu seperti kap, pintu, serta bagasi saja.

Solusi selanjutnya, kamu juga bisa pilih bahan stiker mobil Maxdecal yang lain. Misal material vinyl biasa itu harganya cuma Rp 350 ribu per meter. Jadi untuk pemasangan decal full body mobil, harganya bisa cuma Rp 7 jutaan.

Baca juga  6 Tips Berkendara Mobil Aman Saat Pandemi Covid-19

Kemudian, kalau kamu mau membungkus seluruh kendaraan dengan stiker satu warna bisa pakai Maxdecal yang khusus Wrapping. Biayanya sekitar Rp 7 jutaan untuk Honda Brio. Sementara untuk mobil yang lebih besar seperti Toyota Innova dan Mitsubishi Pajero Sport, harga pemasangan wrapping stiker mobil full body tembus Rp 10-12 jutaan.

“Decal wrapping berbeda dari ketebalannya, lebih tipis jadi untuk pemasangannya ketika membungkus mobil lebih mudah,” kata Imam Syahroni.

5. Merawat Stiker Mobil Agar Awet

tips pasang stiker mobil full body

Stiker mobil umumnya usianya 2 tahun

Setelah tahu tips pasang stiker mobil dan biayanya, lalu bagaimana cara merawatnya? Untuk stiker Maxdecal yang sudah memiliki grade otomotif, sesungguhnya tidak sulit. Kamu cukup sering membersihkannya dengan air dan lap kering.

“Tidak perlu dicuci dengan alat steam, justru ini bisa merusak stiker,” kata Imam.

Tidak ada perawatan yang berlebihan, sama seperti merawat cat mobil. Misal saat kendaraan parkir, jangan dibiarkan terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung. Kemudian kalau ada kotoran yang membandel bisa gunakan sampo cuci mobil.

Sementara untuk usia stiker mobil, umumnya bertahan hingga 2 tahun. Kalau dengan perawatan yang optimal, bisa lebih.

Itulah tadi tips pasang stiker mobil. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika