Friday, February 3, 2023
Banner

10 Stiker Mobil Keren Kekinian dan Cara Menempel yang Aman

by Baghendra Lodra
stiker mobil

Berada di jalanan, tak jarang stiker mobil mencuri perhatian karena keunikan atau bahkan keanehannya. Namun, ternyata menempelkan stiker mobil tidak boleh sembarangan. Karena, apabila kamu menempel stiker secara asal akan berisiko merusak cat mobil atau menimbulkan goresan pada mobil.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk memodifikasi dengan menempelkan stiker mobil di kendaraan kamu? Yuk simak dulu penjelasan berikut ini mengenai macam-macam, contoh, cara menempel, serta tips memilih stiker mobil!

Macam-macam Stiker Mobil

modifikasi wuling air ev pakai velg 14 inci

Salah satu contoh modifikasi dengan stiker mobil

Untuk stiker mobil sendiri, ada beberapa macam bahan yang sering digunakan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Oracal

Stiker dengan bahan oracal adalah pilihan terbaik, namun budget yang perlu disiapkan memang lebih tinggi. Meski harganya tidak bisa dibilang murah, namun kualitas yang ditawarkan oleh bahan oracal cukup tinggi.

Bahan stiker yang dibuat dengan teknologi asal Jerman ini diproduksi menggunakan bahan material yang kokoh, sehingga akan sangat pas bila ditempelkan pada eksterior mobil. Bahkan, warnanya diklaim dapat bertahan hingga 5 tahun, sekalipun terpapar matahari dan hujan.

Seperti umumnya stiker lain, bahan oracal juga menyuguhkan dua jenis warna yaitu doff dan glossy. Ciri material ini juga cenderung tidak memantulkan cahaya dan cukup lentur, sehingga, saat dilepas tidak akan merusak cat mobil di bawahnya.

2. Scotchlite

Scotchlite merupakan bahan stiker mobil yang paling sering digunakan, dan cukup umum ditemui. Tak dipungkiri, hal tersebut didukung dengan harganya yang terjangkau dan paling banyak tersedia di berbagai jasa pembuatan stiker.

Bahan stiker yang satu ini akan sering kamu jumpai pada kendaraan-kendaraan komersial, seperti truk, mobil, atau pick up. Ciri khas stiker ini memantulkan cahaya ketika terpapar sinar matahari.

Sesuai dengan harganya yang terjangkau, bahan stiker ini memiliki kelemahan. Yaitu bahannya yang cukup tipis sehingga kamu harus sangat berhati-hati saat memasang maupun melepasnya agar tidak sobek.

3. Vinyl

Selain scotchlite, bahan vinyl juga sering dipilih sebagai bahan untuk stiker mobil. Jenis bahan ini tersedia dalam varian doff maupun glossy. Ciri khas stiker ini cukup lentur dan tidak mudah sobek. Meski harga yang ditawarkan tidak semurah scothlite, namun masih terjangkau.

4. Glitter

Bila kamu menyukai jenis stiker yang berkilauan, maka pilihan bahan yang tepat adalah glitter. Menempelkan stiker glitter pada kendaaraanmu akan cukup menarik perhatian. Apalagi jika berada diluar ruangan dan terkena sinar matahari, stiker ini akan memantulkan cahaya dan memunculkan kesan bling-bling.

5. Carbon 

Stiker mobil dengan bahan karbon sangat cocok buat kamu yang ingin tampil manly dan sporty. Stiker ini akan memberikan kesan bahwa komponen mobil terbuat dari bahan serat karbon yang biasanya dipakai pada mobil sport.

Seperti yang diketahui bahwa material serat karbon cukup mahal. Namun, kamu bisa mendapatkan tampilan bahan carbon hanya dengan menempelkan stiker pada beberapa bagian mobil, seperti bahasi, cover spion luar, atau kap mesin.

10 Stiker Mobil Keren

Modifikasi Jazz aliran street racing

Modifikasi mobil dengan stiker yang tampil keren

Sebagai referensi, intip beberapa contoh stiker mobil yang keren dan unik berikut ini:

1. Stiker Jaga Jarak

stiker mobil jaga jarak

Stiker ini bisa digunakan untuk kebutuhan estetika sekaligus keamanan, yaitu mengingatkan kendaraan di belakang agar jaga jarak.

2. Stiker Avengers

stiker mobil avenger

Apabila kamu penggemar The Avengers, maka tidak ada salahnya menempelkan keren ini di mobil.

3. Stiker Motivasi

stiker mobil semangat

Ingin menambah motivasi diri? Cobalah pasang stiker dengan kata-kata semangat seperti contoh di atas.

4. Stiker Karakter Avengers

stiker mobil karakter avenger hulk

Lagi-lagi bagi penggemar Avengers, memasang stiker dengan karakter film favorit kamu juga cukup keren bukan?

5. Stiker Karakter Kartun

 

Baca juga  Cara Memperbaiki Bodi Mobil Penyok, Mau Coba?

 

Jika ingin tampilan mobil lebih eye catching, cobalah mencari karakter kartun favorite kamu, salah satu contohnya adalah minion.

6. Stiker Anime

stiker mobil anime one piece

Penggemar anime bisa banget mengekspresikan diri dengan memasang karakter anime favoritnya, seperti contoh stiker one piece di atas.

7. Stiker Hello Kitty

stiker mobil hello kitty

Jika ingin tampilan mobil lebih girly, kamu bisa menempelkan stiker karakter hello kitty seperti gambar di atas.

8. Stiker Sporty

spesifikasi mitsubishi triton ralliart rifat sungkar di axcr 2022

Triton Ralliart yang digunakan untuk AXCR punya tampilan sangar

Pemilihan stiker dengan tema sporty minimalis di atas juga bisa dicoba untuk memberikan tampilan lebih manly. 

9. Stiker Tema Ceria

stiker mobil - happy

Untuk mendapatkan kesan tampilan mobil yang ceria, kamu bisa memilih stiker seperti di atas. Jenis desain ini mungkin akan cocok dengan warna mobil yang cerah.

10. Stiker Bendera Indonesia

stiker mobil - bendera indonesia

Menunjukkan jiwa nasionalisme bisa dilakukan dengan segala hal, salah satunya memasang stiker bendera Indonesia pada mobil kamu.

Cara Menempel Stiker di Mobil

cara menempel stiker mobil

Setelah mengetahui jenis-jenis serta beberapa contoh stiker mobil, kamu juga harus tahu bagaimana cara menempel stiker yang benar. Tanpa ke bengkel, stiker mobil akan terpasang dengan erat dan benar dengan menerapkan beberapa cara berikut ini: 

1. Membersihkan Mobil

Sebelum memasang stiker, akan lebih baik kalau kamu membersihkan mobil terlebih dahulu dengan mencucinya. Mengapa hal ini perlu? Apabila mobil dalam kondisi kotor, maka stiker tidak akan terpasang dengan sempurna dan mudah copot.

Apabila sudah dibersihkan atau dicuci, maka langsung lap mobil hingga kering. Kamu bisa menggunakan kanebo untuk mengeringkan mobil sekaligus mempermudah pemasangan stiker nantinya. 

2. Poles Mobil agar Lembut

Saat mobil sudah kering, kamu dapat mengulangi pembersihan mobil dengan menggunakan alat pembersih, seperti sabun, gel, alkohol, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah aplikasinya, kamu bisa menggunakan spons bersih.

Setelah dipoles, pastikan mobil sudah halus dengan merabanyak di setiap body mobil. Apabila sudah halus, maka mobil siap untuk dipasang stiker.  

3. Pilih Stiker yang Akan Dipasang

Sebelumnya, kamu pasti sudah memiliki stiker apa saja yang akan dipasang pada body mobil. Nah, sebelum mulai memasangnya, tentukan dengan pasti stiker mana yang akan dipasang duluan dan pada bagian apa.

Pikirkan dengan matang-matang agar tidak salah pasang dan harus melepasnya, malah jadi sia-sia bukan? Jika sudah ditentukan, pasang stiker dengan hati-hati, sedikit demi sedikit untuk meminimalisir kesalahan.

4. Pastikan Stiker Menempel dengan Erat

Selanjutnya, setelah stiker mobil sudah terpasang, pastikan stiker tersebut menempel dengan erat. Kamu dapat memastikan stiker telah menempel secara sempurna dengan mengurutnya menggunakan semacam karet tipis dengan ujung rata untuk membuang udara pada stiker, lalu gunakan hairdryer hingga benar-benar kering.

5. Finishing

Setelah semua stiker mobil terpasang pada setiap bagian, periksa kembali sudut dan lekuk stiker. Jika masih terdapat gelembung udara, kamu dapat menusuknya dengan jarum agar udara bisa terlepas. Kemudian, tekan secara perlahan menggunakan penggaris atau benda datar lainnya.

Tips Memilih Stiker Mobil Sebelum Dipasang

Modifikasi Cutting Stiker

Modifikasi Cutting Stiker untuk pada Daihatsu Ayla

Agar kamu tidak salah dalam memilih stiker mobil yang cocok, maka sebelum memasangnya, cek beberapa hal berikut ini:

1. Cek Kualitas Cat Mobil

Bukan suatu ketidakmungkinan bahwa suatu saat stiker yang akan kamu pasang dilepas lagi. Nah, hal ini dapat menyebabkan cat mobil mengelupas. Maka dari itu, pastikan kau mengecek kualitas cat mobil.

Apabila cat mobil masih original, maka akan aman-aman saja bila dipasanga stiker. Sebaliknya, jika sudah tidak original, maka pertimbangkan lagi, atau konsultasikan dengan bengkel dan showroom.

2. Pilih Material Stiker yang Bagus

Agar mobil kesayangan tetap cantik, maka pastikan kamu memilih kualitas stiker mobil yang terbaik. Pasalnya, kualitas yang buruk akan membuat stiker lebih mudah rusak dan pudar yang justru akan merusak tampilan mobil.

Bila kamu memilih jenis stiker yang berkualitas bagus, maka stiker bisa tahan lama dan tidak akan melukai cat mobil ketika nantinya dilepas. Ciri utama stiker yang berkualitas bagus biasanya memiliki lem yang tidak berbau, dan materialnya juga tampak kuat.

3. Sesuaikan Budget

Tips yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan budget dengan stiker mobil yang akan kamu pilih. Perlu diketahui bahwa kisaran harga stiker mobil cukup beragam lho, bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Harga-harga tersebut didasari oleh perbedaan material, dan juga jasa pemasangannya. 

So, kini kamu sudah mengetahui beberapa insight mengenai stiker mobil, mulai dari macam-macamnya, contoh, cara menempel yang benar, hingga bagaimana tips memilih stiker yang sesuai dengan kendaraan kamu.

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, jangan lewatkan juga informasi terkait otomotif lainnya di Moladin. Tidak hanya menjadi platform jual beli mobil bekas online berkualitas di Indonesia, kami juga menyediakan video menarik yang ada di Youtube official Moladin. Karena #MoApapunMoladin aja!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika