Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Toyota Yaris Facelift 2023, Sudah TSS tapi Belum TNGA!

by Tigor Sihombing
Toyota Yaris facelift 2023

Akhirnya Toyota Yaris facelift 2023 memulai debutnya di Thailand. Mobil ini sayangnya mendapat ubahan yang setengah-setengah, bahkan belum menggunakan platform TNGA seperti Toyota Vios selaku saudaranya.

Oleh karena kehadirannya di Negeri Gajah putih, maka mesin yang dipakai adalah 1.200 cc. Kemudian terkait revisinya dibanding model sebelumnya, tamapk dari eksterior dan interior yang membuatnya lebih segar. Namun soal basis masih serupa dengan Yaris yang dijual di Indonesia.

Pada eksterior, hatchback berdimensi panjang 4,171 mm, lebar 1,730 mm, dan tinggi 1,500 mm ini mengusung desain headlamp baru yang terlihat lebih agresif. Di dalamnya terdapat lampu berteknologi LED serta DRL, dengan lampu penerangan utama sudah megadopsi proyektor.

Di samping itu, hadir pula fitur Toyota Safety Sense (TSS) buat keselamatan. Mau tahu lebih detail soal Toyota Yaris Facelift 2023, simak bahasan berikut:

Ubahan Eksterior Toyota Yaris Terbaru

toyota yaris facelift 2023 - tampak belakang

Tampak belakang Yaris terbaru versi Thailand

Hal paling mencolok lain dari Yaris facelift Thailand adalah desain bumper depan dan belakang, dengan sudut mengotak dan berkesan lebih bold dan tegas. Begitu pun dengan grilnya terlihat menyatu ke bumper dengan airdam yang mendominasi tampilan depan. Terlihat pada gambar, kedua sisi ujung bumpernya mobil ini tidak dilengkapi foglamp. Untuk kisi-kisinya pun dibuat lebih besar yang berfungsi untuk melakukan pendinginan mesin secara lebih cepat.

Baca juga  Toyota Yaris GR Sport Juara ITCR Max 2021

Mengacu pada laman headlightmag, ubahan lainnya adalah pada model pelek. Yaris terbaru mengusung desain kipas palang 6 dengan finishing dual tone, ukuran velg 15 inci dibalut ban 185/60 R15.

Masih di eksterior, pada buritan belakang pembedanya hanya bumper yang memiliki aksen ventilasi di sisi samping, serta diffuser belakang diperbesar, tidak lupa reflektor dengan sedikit sentuhan sporty.

Interior Yaris Facelift 2023

toyota yaris facelift 2023 - interior

Interior Yaris Facelift punya kombinasi warna merah dan hitam

Di bagian interior, sebagian besar tetap sama seperti sebelumnya kecuali head unit layar sentuh 9 inci yang lebih besar yang ditawarkan untuk varian Premium dan Premium S.  Semuanya didukung oleh system Android Auto dan Apple CarPlay, AC digital, serta fitur kamera 360 derajat. Sementara MID (Multi Information Display) berukuran 4.2 inci TFT.

Di tempat lain, ada desain jok baru, khusus varian tertinggi Premium S, mendapat balutan jok dan handrest perpaduan warna hitam dan merah yang menambah kesan sporty. Sementara versi Premium dan Smart jok kulit, namun warnanya hitam, serta versi Sport masih fabric.

Baca juga  Toyota Fortuner GR Sport, Apa yang Berubah?

Untuk versi tertinggi sistem keamanan pun sudah TSS (Toyota Safety Sense), mulai dari blind spot warning system, rear cross traffic alert, lane departure warning, Anti-traction system, hill start assist, hingga pre-crash safety system sudah disematkan di dalamnya. Selai  itu juga sudah ada keyless entry dan engine start, serta empat atau enam speaker, T-Connect telematika dan monitor panorama.

Terkait harga, Yaris facelift terbaru dibandrol Rp 246 untuk varian Sport CVT, hingga Rp 305 jutaan untuk varian Premium S CVT. Semua itu merupakan banderol yang sudah dikonversi dalam kurs rupiah.

Untuk mesin, Yaris facelift Thailand masih menggunakan mesin 3NR-FKE berkapasitas 1.197 cc, tenaga maksimal 92 dk di 6.000 rpm, dan torsi 109 Nm pada 4.400 rpm. Tersambung ke transmisi CVT berpenggerak roda depan.

Demikian ulasan Toyota Yaris facelift 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika