Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Usai Gempa, Jalan Cianjur-Cipanas Dibuka Kembali

by Firdaus Ali
gempa cianjur

Akibat dari gempa Cianjur yang berkekuatan M5,6 SR, jalan Cianjur-Cipanas sempat tertutup tanah longsor. Namun berkat kesigapan para petugas dilapangan, jalan tersebut kini sudah dibuka kembali.

Dilansir dari laman ntmcpolri, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengecek langsung kondisi ruas jalan Cianjur-Cipanas dan dipastikan dibuka kembali imbas gempa Cianjur.

Basuki mengatakan, fokus penanganan dilakukan dengan excavator dan dump truck yang sudah berada di lapangan untuk terus membersihkan pohon dan tanah longsoran yang menutup jalan pada ruas Cipanas – Cianjur.

“Hingga pukul 01.45 WIB, Selasa (22/11/22), total alat berat bekerja dari 2 sisi yang berbeda (sisi Cianjur di bagian Selatan dan sisi Cipanas di bagian Utara) adalah 6 unit excavator dan 6 unit dump trucks,” terang Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Sementara itu, juru bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, ruas yang tertutup longsoran berhasil ditembus pagi ini.

“Ruas yang tertutup longsoran tanah dari tebing sepanjang 140 meter di 2 titik sudah bisa kita tembus pagi ini jam 08.00 WIB. Sekarang fokus kita pada pembersihan ruas jalan agar bisa dilalui dari 2 arah, serta evakuasi jenazah yang ditemukan tertimbun longsoran,” jelasnya.

“Kita harapkan mobilisasi bantuan obat-obatan, tenaga medis, bahan pangan (makanan/minuman) dan sandang (baju/selimut/sarung dll) dapat menjadi lebih lancar,” imbuhhnya.

Sebagai informasi, Kementerian PUPR juga telah mengerahkan 6 hidran umum, 4 mobil tangki air dan 6 toilet portable yang juga sudah difungsikan di tenda-tenda pengungsian darurat, terutama di sekitar Pendopo Bupati dan RSUD Cianjur.

Penyebab Gempa Cianjur

gempa cianjur

Penyebab gempa Cianjur. Foto: BMKG

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM mengeluarkan hasil analisis geologi gempa bumi Cianjur. Disebutkan, pusat gempa bumi terletak di darat di wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Morfologi wilayah tersebut pada umumnya berupa dataran hingga dataran bergelombang, perbukitan bergelombang hingga terjal yang terletak pada bagian tenggara gunung api Gede.

“Wilayah ini secara umum tersusun oleh endapan Kuarter berupa batuan rombakan gunung api muda (breksi gunung api, lava, tuff) dan aluvial sungai. Sebagian batuan rombakan gunung api muda tersebut telah mengalami pelapukan,” demikian analisis tersebut dikutip dari vsi.esdm.go.id.

Lebih lanjut dijelaskan, endapan Kuarter tersebut pada umumnya bersifat lunak, lepas, belum kompak (unconsolidated) sehingga memperkuat efek guncangan, rawan gempa bumi.

Selain itu, pada morfologi perbukitan bergelombang hingga terjal yang tersusun oleh batuan yang telah mengalami pelapukan.

Pada peta pusat gempa bumi Cianjur yang dirilis PVMBG tampak episenter gempa berada di zona sesar Cimandiri, yang juga tak jauh dari sesar Lembang. Pemetaan kawasan rawan bencana gempa bumi menunjukkan, kota Sukabumi, Sukabumi, Cianjur, Cimahi, Kota Bandung berada di zona potensi terlanda goncangan dengan skala lebih dari VIII MMI.

Moladiners, itulah ulasan mengenai jalan Cianjur-Cipanas yang telah dibuka kembali pasca tertutup akibat gempa Cianjur. Semoga para korban diberikan ketabahan.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika