Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

BMW 330e Jadi Mobil Polisi di Indonesia, untuk Kawal Siapa?

by Baghendra Lodra
BMW 330e Jadi Mobil Polisi - tampak depan 1

Kendaraan hybrid, BMW 330e jadi mobil polisi di Indonesia. Hal ini diumumkan lewat rilis resmi merek asal Jerman tersebut pada Selasa (18/10/2022).

Mobil sedan tersebut rencananya dijadikan mobil pengawalan Presidensi G20 yang berlangsung hingga November 2022. Alhasil, para tamu negara bakal dikawal olehnya.

Padahal di pasar otomotif Tanah Air, BMW 330e belumlah dijual secara massal. BMW seri-3 untuk konsumen Indonesia, semuanya masih bermesin bensin murni, belum ada intervensi elektrifikasi sama sekali.

Terwujudnya BMW 330e jadi mobil polisi, merupakan hasil kerja bareng Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Polda Petro Jaya dan BMW Indonesia. Menurut BMW, ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung perkembangan kendaraan listrik dan ekosistemnya di Indonesia.

“Kami menyerahkan 1 unit BMW 330e M Sport yang hadir dengan desain spesial, disesuaikan dengan identitas khas Korlantas Polri dengan aksen Go Green, menekankan bahwa ini adalah kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV),” kata Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia, Ariefin Makaminan.

Penyesuaian yang dilakukan oleh BMW untuk mobil polisi ini antara lain di eksterior menggunakan warna khas putih dan biru. Kemudian ada pula tulisan polisi lalu lintas di bodi samping. Di bagian atas BMW 330e berteknologi PHEV ini juga terdapat lampu storobo.

Baca juga  Mengenal Safety Car MotoGP di Mandalika, BMW M

Tidak ketinggalan ada logo colokan listrik dan go green di bagian belakang, untuk menandakan ini adalah mobil elektrifikasi. Hadir pula tulisan G20 di kaca belakangnya.

“Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah gelaran kegiatan presidensi G-20 yang salah satunya mengedepankan konsep ramah lingkungan (Go Green), sehingga dibutuhkan tampilan electric vehicle sebagai representasi negara kita siap dan tampil sesuai konsep Go Green”, kata Kapolresta Bandar Udara Soekarno Hatta, Kombes Pol. Sigit Dany Setiyono.

Spesifikasi dan Harga BMW 330e M Sport

BMW 330e Jadi Mobil Polisi - tampak belakang

Di Indonesia, BMW 330e belum dijual secara massal

BMW 330e jadi mobil polisi di Indonesia merupakan sebuah terobosan, karena sesungguhnya produk ini belum dijual massal di Tanah Air. Maka dari itulah, bukan tidak mungkin ke depannya akan resmi masuk.

Jika melihat di luar negeri, BMW 330e punya dua mesin: 2.0-liter BMW TwinPower Turbo dan eDrive (motor elektrik). Khusus mesin bensinnya bisa melontarkan tenaga hingga 171 hp. Sementara kalau digabungkan dengan performa eDrive yang mampu melontarkan tenaga 107 hp, maka kombinasi tenaga sedan PHEV ini menjadi 228 hp.

Baca juga  BMW Pekanbaru Diresmikan, Fasilitas Premium!

Berapa harga BMW 330e M Sport? Sebagai informasi di Indonesia BMW 330i alias versi bensin dijual Rp 1,12 miliar (OTR Jakarta). Kalau versi PHEV yang pakai dua mesin, pastinya akan dibanderol lebih mahal lagi jika masuk Tanah Air nanti.

Itulah tadi bahasan soal BMW 330e jadi mobil polisi di Indonesia. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika