oleh

Volta Trucks Kapasitas 16 Ton Mulai Dipasarkan

Pabrikan mobil listrik asal Swedia, Volta Trucks dikabarkan siap memasarkan produk truk listrik mereka ke Amerika Serikat mulai tahun 2023.

Di sana mereka akan menjagokan produk truk listrik bernama Volta Zero 7 yang memiliki kapasitas daya angkut 16 ton, di tahun selanjutnya 2024 akan menyusul Volta Zero 5 dan Volta Zero 6.

Mengutip laman Reuters 11 May 2022, tujuan Volta merambah pasar Amerika Serikat sebagai bagian dari strategi yang menawarkan “Trucks as a Service” (TaaS), yang merliputi pemeliharaan, dan manufaktur lokal.

Masuknya Volta Truck ke AS akan dimulai dengan 100 Truk Volta Zero Kelas 7 (16-ton). Mereka pun akan mencoba membangun pabrik perakitan sendiri di Amerika yang nantinya akan merakit truk Volta Zero 5 berkapasitas 8,8 ton dan Volta Zero 6 berkapasitas angkut 11,7 ton.

Sedangkan untuk Volta Zero 7 akan dikirim langsung dari fasilitas manufaktur mereka yang saat ini terdapat di Steyr, Austria.

Pihak Volta Trucks sendiri optimis, jika pruduknya akan mulai terlihat membanjiri jalanan-jalan Los Angeles pada akhir 2023.

Baca juga  Berkat Truk Axor, Penjualan Daimler Indonesia Naik

“Volta Trucks awalnya akan memperkenalkan armada percontohan dari 100 truk Class 7 pada pertengahan tahun 2023 yang akan dievaluasi oleh pelanggan AS, dimulai di Los Angeles dengan kota-kota tambahan menyusul. Hal ini diiringi dengan rencana produksi kendaraan pada tahun 2024,” tulis Volta Trucks

Spesifikasi Volta Zero 7

Volta Trucks
Volta Trucks mengklaim untuk mengecas penuh truk kargo ini butuh waktu sekitar satu jam dari nol hingga penuh. Dengan catatan, truk dicas menggunakan pengecasan cepat 250 kW.

Volta Zero Class 7 merupakan truk kargo listrik murni atau mereka sebut dengan battery-electric commercial vehicles. Truk kontener masa depan ini setara dengan truk berdaya angkut 16 ton. 

Unit ini di Eropa telah dilengkapi dengan box kargo kering ataupun box kargo kulkas. Untuk menunjuang visibilitas dan estetika, truk ini mengusung desain kokpit glasshouse-style cab.

Volta Zero Class 7 diklaim mampu melaju 95 miles sampai 125 miles atau setara dengan 152 km hingga 201 km jauhnya dengan satu kali pengisian penuh.

Baca juga  Mitsubishi Fuso Siap Hadirkan Truk Listrik di Indonesia

Sedangkan untuk pengecasannya, Volta Trucks mengklaim untuk mengecas penuh truk kargo ini butuh waktu sekitar satu jam dari nol hingga penuh. Dengan catatan, truk dicas menggunakan pengecasan cepat 250 kW.

Jauh sebelum rencana ekspansi mereka ke Amerika Serikat, truk listrik kepunyaan Volta Trucks ini dikabarkan sudah mendominasi pasar Eropa. Diklaim, 1.470 truknya sudah dipesan oleh perusahaan asal Jerman, DB Schneker sejak November 2021.

Perusahaan yang memiliki kantor cabang di Prancis tersebut megklaim jika saat ini meraka telah memiliki pesanan truk listrik sebanyak 6.000 unit. Ditambah 1.500 unit yang dipesan oleh perusahaan logistik Deutsche Bahn, Schenker.

Volta Trucks berencana membuat 5.000 truk pada tahun 2023 dan produksi tahunannya akan meningkat menjadi 27.000 unit pada tahun 2025.

Demikian ulasan terkait Volta Trucks yang merambah pasar Amerika Serikat. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru