oleh

World Premiere Honda ZR-V RS di GIIAS 2021?

Kemungkinannya, world premiere Honda ZR-V RS akan dilakukan di Indonesia tidak lama lagi. Prosesi sepertinya berlangsung berbarengan dengan pameran otomotif akbar, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11 November 2021.

Bocoran informasi itu diungkapkan oleh Honda, di akun Instagram resminya @hondaisme. Di sana tertulis bahwa akan ada world premiere pada 11-11-2021. Kemudian pabrikan berlogo H menyertakan pula sosok mobil SUV tampak samping.

SUV tersebut punya tampilan persis sama seperti yang ditutup selubung pada peluncuran BR-V terbaru pada September 2021. Kemudian siluetnya juga muncul ketika peluncuran City sedan dan Civic RS pada akhir Oktober 2021.

Memang sampai sekarang Honda belum mengatakan nama dari produk anyar itu. Walau demikian, prediksi kami itulah Honda ZR-V.

Apalagi kalau melihat dimensi yang tidak terlalu besar alias ringkas. Maka dari itu, kelasnya ada di bawah HR-V. Lagi pula kalau memang HR-V, tentu namanya bukan lagi world premiere, karena sudah hadir di Thailand pada 5 November 2021.

Oleh karenanya, yang paling memungkinkan adalah world premiere Honda ZR-V RS untuk pasar Indonesia.

Baca juga  Honda Odyssey Setop Produksi Akhir 2021, Kabar dari Jepang

Honda ZR-V Siap Jadi Rival Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

world premiere honda zr-v rs
Siluet dari mobil yang diduga sebagai Honda ZR-V

Sesungguhnya world premiere Honda ZR-V RS akan sangat menarik, karena siap menantang SUV ringkas Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang hadir lebih dulu. Kemunculan mobil anyar Honda ini sesungguhnya telah dibicarakan sejak tahun lalu oleh media asal Jepang dan India.

Nama ZR-V sendiri disebut-sebut punya makna penting. Z berarti ditujukan untuk generasi Z atau anak muda. Sementara R-V merupakan ciri khas dari mobil-mobil SUV milik Honda. Di Tanah Air sendiri belum banyak pembahasan tentang ZR-V, karena mungkin ketika itu media lebih terfokus pada BR-V.

Satu yang jelas dari siluet yang disebarkan oleh Honda, ZR-V akan punya varian RS. Kemudian sistem pencahayaan sudah full LED baik depan dan belakang.

Ada pula roof rail di atap untuk memberikan kesan SUV. Tidak ketinggalan di bodi samping terdapat aksesori supaya tampilannya semakin gagah.

Bicara jeroannya, memang belum ada informasi lebih lanjut. Hanya saja media di Jepang mengatakan bahwa rival Toyota Raize dan Daihatsu Rocky ini siap menggendong mesin 1.000 cc turbo. Jantung mekanis itu persis seperti yang dipunya City Hatchback di Thailand.

Baca juga  Mercedes-Benz GLA dan GLB, SUV Mewah tapi Murah

Kemudian bestcarweb.jp juga mengatakan, jantung mekanis ZR-V bisa melontarkan torsi puncak hingga 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm dan tenaga maksimal 122 PS pada 5.500 rpm. Bicara soal dimensi, prediksinya mencapai 4.100 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.600 mm.

Jika benar world premiere Honda ZR-V yang akan dilakukan di GIIAS 2021, tentu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky harus waspada.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru