Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Alasan Mengapa Yamaha Scorpio Banyak Dicari Hingga saat ini

by Tigor Sihombing
Yamaha Scorpio

Yamaha Scorpio masih menjadi primadona di kalangan para penggemar sepeda motor, meskipun produksi unit baru telah dihentikan di Indonesia sejak tahun 2014-2015.

Ternyata, alasan di balik popularitas yang bertahan ini sangat menarik. Beberapa alasana tersebutlah yang lantas memperkuat pamor dari motor yang pertama kali diproduksi tahun 2002 ini masih banyak dicari

Berikut beberapa faktor yang menjadikan Yamaha Scorpio tetap mempesona diincar banyak penggemar:

1. Harga Terjangkau

Yamaha Scorpio

Harga Yamah Scorpio bisa ditemukan di pasar kisaran Rp 10 jutaan

Yamaha Scorpio menonjolkan diri dengan spesifikasi mesin 225 cc yang menawarkan alternatif terjangkau di kelasnya. Meskipun telah beredar cukup lama, motor ini masih bisa ditemukan di pasar dengan harga sekitar Rp 10 juta.

Angka ini dinilai cukup pantas mengingat kapasitas mesin yang cukup besar.

Bahkan untuk unit yang telah dimodifikasi, harga Yamaha Scorpio dapat berkisar hanya sekitar Rp 7 jutaan.

2. Mudah Dimodifikasi

Yamaha Scorpio

Motor ini jadi bahan modifikasi yang fleksibel untuk berbagai gaya modifikasi

Yamaha Scorpio menjadi pilihan utama bagi para penggemar modifikasi motor. Kemudahan dalam proses modifikasi membuatnya diminati oleh kalangan pecinta custom.

Motor ini memberikan fleksibilitas untuk berbagai gaya modifikasi, mulai dari jap style, trail, street tracker, chopper, scrambler, hingga bobber.

Yamaha Scorpio menjadi kanvas yang sempurna untuk mengekspresikan kreativitas modifikator.

3. Praktis dan Ringkas

Yamaha Scorpio

Keunggulan lain yang dimiliki oleh Yamaha Scorpio adalah desainnya yang ringkas dan teknologi yang sederhana. Mesin berkapasitas 225 cc memungkinkan Scorpio untuk dikendarai di berbagai kondisi medan, baik itu untuk keperluan touring maupun harian.

Baca juga  9 Motor Matik Retro yang Mirip Vespa, Lebih murah!

Kendaraan ini memberikan kenyamanan dan kepraktisan dalam berbagai situasi, menjadi pilihan ideal bagi pengendara yang menginginkan performa handal.

4. Komunitas Loyal Tetap Aktif

Yamaha Scorpio

Komunitas loyal pengguna Yamaha Scorpio

Sebagian besar pembeli Yamaha Scorpio merupakan pengguna setia Yamaha. Tak heran bermunculan banyak komunitas yang berdasarkan kesamaan hobi menggunakan motor Scorpio tersebar di Jabodetabek, pulau Jawa bahkan hingga ke luar pulau Jawa. 

Di Jakarta saja tercatat setidaknya ada 18 komunitas Yamaha Scorpio seperti YSC (Yamaha Scorpio Club) Jakarta, SARI (Scorpio Adventure Rider Independent), SC 225 (Scorpio Club 225), SCORPIOHOLIC, YSOF (Yamaha scorpio owners factory), BSJ (Brigade Scorpio Jakarta), YSRC (Yamaha Scorpio Riders Club), SCCakung (Scorpio Club Cakung) dan masih banyak lainnya. 

Dengan tersebarnya komunitas dan Yamaha yang mewadahi para komunitas Scorpio ini membuat kepercayaan konsumen terhadap Yamaha Scorpio tetap kuat karena memberikan nilai lebih dan kualitas yang tak terbantahkan.

5. Torsi Besar

Yamaha Scorpio

Mesin “bandel” Yamaha Scorpio patut diandalkan.

Yamaha Scorpio membuktikan daya tariknya dengan mesin silinder tunggal yang mampu menghasilkan torsi besar. Mesin ini memberikan sensasi berkendara yang berbeda, terutama dalam hal torsi.

Dibandingkan dengan motor sekelasnya, seperti Honda Tiger, Scorpio memberikan pengalaman berkendara yang unik dan kuat. Nurhadi, seorang pengguna Yamaha Scorpio, menyatakan perbedaannya, “Beda banget dibanding Tiger tanaganya, dihentak isi terus kalau Scorpio,” kata Nurhadi pemilik Yamaha Scorpio lawas Gen 2, pada Moladin di Jakarta 1 Januari 2024.

Baca juga  Begini Cara Setting Gir Motor Supaya Tarikan Maksimal

Melihat pada model generasi kedua, torsi yang mampu dihasilkan mencapai 17,5 Nm pada 6.500 rpm, sementara tenaganya sebesar 18,2 PS pada 8.000 rpm.

Angka-angka ini menunjukkan kekuatan yang luar biasa untuk motor produksi tahun 2000-an. Keunggulan ini menjadikan Yamaha Scorpio sebagai pilihan yang menarik bagi pengendara yang menginginkan performa mesin yang tangguh dan bertenaga.

6. Suspensi Monoshock

Suspensi belakang monoshock jadi idaman

Suspensi belakang monoshock jadi idaman

Keistimewaan lain yang membuat Yamaha Scorpio menjadi pilihan utama adalah penggunaan suspensi belakang tunggal atau monosok. Pada masanya, motor sport dengan suspensi belakang tunggal masih jarang ditemui, sehingga Scorpio menjadi salah satu yang menghadirkan fitur ini, dianggap sebagai barang mewah pada era tersebut.

Karakteristik suspensi belakang Scorpio terkenal karena keempukan dan kenyamanannya, yang didukung oleh konstruksi monocross khas Yamaha.

Suspensi belakang tunggal ini memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil dan nyaman, bahkan di medan yang tidak rata sekalipun.

Konstruksi ini menunjukkan inovasi Yamaha dalam memberikan performa dan kenyamanan terbaik bagi pengendara Scorpio.

Sementara itu, suspensi depan Scorpio dilengkapi dengan sistem teleskopik dan tabung berdiameter 33 mm, sedikit lebih besar dibandingkan dengan Honda Tiger yang hanya 31 mm.

Baca juga  Marquez Menang di Motegi, Honda Raih Gelar Konstruksi

Kelebihan ini memberikan kontrol yang lebih baik atas motor, membuat Scorpio menjadi pilihan yang optimal untuk pengendara yang mengutamakan kenyamanan dan kestabilan dalam setiap perjalanan.

7. Desain Gagah image367

Yamaha Scorpio tidak hanya dikenal karena performa dan keandalannya, tetapi juga desainnya yang selalu memikat para penggemar sejak generasi awal hingga terakhir. Benang merah desain yang mengutamakan kesan gagah menjadi ciri khas motor ini. Meskipun telah berusia, Scorpio tetap memancarkan aura maskulin dan kekuatan.

Salah satu faktor yang mendukung kesan gagah adalah ukuran blok mesin yang besar. Dimensinya yang padat berisi memberikan tampilan yang tangguh dan kokoh.

Desain keseluruhan Scorpio mencerminkan kekuatan dan kestabilan, menjadikannya motor yang tidak hanya diandalkan dalam performa, tetapi juga diakui dalam hal penampilan. Motor ini menjadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan kombinasi antara kehandalan performa dan kegagahan desain

Dengan berbagai keunggulan dan daya tariknya, Yamaha Scorpio berhasil mempertahankan posisinya sebagai motor yang tetap dicari oleh penggemar sepeda motor di Indonesia.

Bagi mereka yang mencari kombinasi antara harga terjangkau, potensi modifikasi, kenyamanan, dan kepraktisan, Yamaha Scorpio tetap menjadi pilihan yang menarik. Jadi, apakah kamu juga tertarik untuk memiliki motor yang satu ini?

Demikian ulasan terkait 7 Alasan Mengapa Yamaha Scorpio Banyak Dicari Hingga saat ini. Simak terus Moladin.com untuk udpate berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika