oleh

Acura NSX Type S, Edisi Perpisahan yang Beringas!

Hypercar bernama Acura NSX Type S resmi meluncur di Amerika Serikat. Mobil legendaris tersebut istimewa karena memiliki embel-embel huruf S di belakangnya.

Itu bukan sekadar huruf biasa, melainkan menandakan bahwa NSX Type S berbeda. Penyebabnya karena ini merupakan edisi terakhir dari Acura NSX generasi kedua yang produksinya akan disetop.

Mobil edisi perpisahan ini dirancang begitu menarik, dengan produksi yang terbatas hanya 350 unit. Total 300 unit untuk pasar Amerika Serikat.

“NSX merupakan kisah sukses dari Acura… Kami merupakan perusahaan yang sangat antusias, dan kami sudah menginvestigasi apa yang harusnya dipunya generasi sports car selanjutnya di era elektrifikasi,” kata Vice President dan Acura Brand Officer, Jon Ikeda dalam rilis resmi pada Kamis (12/8/2021).

Tampilan Aerodinamis

acura nsx type s
Mobil ini cuma diproduksi 350 unit di dunia

Salah satu yang membuat Acura NSX Type S menarik adalah tampilan eksteriornya. Ada pelek 5-spoke baru dan ban Pirelli P-Zero yang khusus dikembangkan untuk mobil ini.

Khusus peleknya dicat warna matte shark grey atau gloss berlina black. Pelek forged tersebut juga dirancang dengan negative offset lebar supaya meningkatkan handling ketika dipacu, serta menjadikan tampilannya semakin agresif.

Baca juga  Booking Fee BR-V Terbaru di Diler Honda, Cuma Segini!

Lalu untuk aerodinamika pun dibuat lebih baik. Hidung baru dengan air intake yang lebih besar, begitu juga diffuser belakang yang lebih besar. Semua itu bekerja untuk stabilitas terbaik di kecepatan tinggi.

Supaya mesinnya dingin, grille depan dirancang lebih besar agar udara lebih banyak masuk ke radiator. Kemudian banyak pula komponen yang terbuat dari carbon fiber sehingga bobotnya semakin ringan, termasuk di rem carbon ceramic, carbon engine cover, carbon interior trim. Semua itu bisa didapat melalui Lightwight Package yang bisa mengurangi bobot hingga 26,2 Kg.

Performa Acura NSX Type S, Paling Buas

acura nsx type s
Banyak ubahan di sektor mesin agar peforma Type S ini lebih istimewa

Kelebihan lain dari Acura NSX Type S adalah performa mesinnya yang direvisi. Di atas kertas pakai mesin buatan tangan dengan kubikasi 2.5-liter V6 yang dikawinkan dengan twin turbocharged.

Ubahannya ada di injektor baru, intercoolers baru, serta turbochargers baru yang berbagi dengan NSX GT3 Evo. Jantung mekanis itu dipadukan dengan tiga motor sistem hybrid.

Alhasil di atas kertas Acura NSX Type S bisa memuntahkan tenaga hingga 600 hp (lebih buas 27 hp dibanding versi standar). Sementara torsinya tembus 667 Nm (meningkat 21 Nm).

Baca juga  Daftar 29 Mobil Kena Diskon PPnBM Mulai April 2021

Tambahan lain berupa transmisi 9-percepatan DCT yang ditingkatkan 50 persen untuk respons perpindahan gigi naiknya. Ada pula rapid downshift mode.

Klaim Acura, dengan segala ubahan tersebut NSX Type S mampu melaju lebih cepat 2 detik dibanding NSX Acura biasa di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Mau punya? Acura NSX Type S dijual mulai $169.500 atau setara Rp 2,43 miliar. Banderolnya akan lebih mahal untuk edisi Lightweight Package yang tembus $182.500, sekitar Rp 2,62 miliar.

Untuk informasi tentang dunia otomotif terlengkap, pantau terus Moladin!

Terbaru