Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Aspark Owl, Hypercar Jepang yang Jadi Mobil Tercepat di Dunia

by Tigor Sihombing

Aspark Owl adalah Hypercar asal Jepang yang baru saja dinobatkan sebagai mobil terkencang di dunia. Prestasi tersebut dicatatkan dalam Rekor Dunia Guinness dengan dua kategori rekor.

Pertama adalah, mobil seharga Rp 46 miliar tersebut berhasil mencatatkan waktu kecepatan tertinggi untuk jarak 200 meter dengan kecepatan rata-rata 309,02 km/jam. Serta seperempat mil atau 400 meter dengan kecepatan rata-rata 318,85 km/jam.

Catatan waktu ini menjadikan Aspark Owl menjadi salah satu mobil listrik terkencang selain Rimac Nevera buatan Kroasia. Rekor sejarah yang ditorehkan pabrikan asal Jepang ini ditampilkan dalam acara Straightliners di Elvington Airfield di Yorkshire, yang dikonfirmasi oleh UK Timing Association.

Ini merupakan kesempatan pertama The Owl tampil di depan publik Eropa setelah ajang Salon Prive awal tahun ini.

“Merupakan kehormatan besar bagi Aspark untuk menjadi yang pertama mengumumkan pencapaian ini. Kami bisa memproduksi mobil listrik dengan kinerja tinggi dalam waktu singkat,” kata CEO Aspark Mansanori Yoshida dikutip dari laman Autocar, 30 Mei 2023.

Baca juga  Produk Baru DFSK Siap Meluncur di IIMS Hybrid 2021

Tidak hanya tercepat dalam kemampuan akselerasi, Aspark pun mengklaim bahwa The Owl merupakan mobil berakselerasi tercepat di dunia, dengan catatan sprint 0-60 mil per jam atau 96,5 km per jam dalam waktu 1,72 detik di Sirkuit Dunia Misano. Catatan waktu tersebut membuat The Owl menjadi mobil produksi jalan raya dengan akselerasi tercepat di dunia hingga 60 mil per jam, memangkas 0,6 detik dari waktu 0-60 mil per jam dari Tesla Model S

Mesin Aspark Owl Bertenaga 1.957 HP

Aspark Owl

Sebagai mobil tercepat di dunia, yang telah mengalami riset panjang, Aspark Owl tentunya dibekali dengan power train terbaik. Mobil tersebut memiliki power 1.985 bhp atau setara 1.957 hp yang dihasilkan dari empat motor listrik, tenaga itu hampir dua kali kekuatan mobil Formula 1.

Owl dilengkapi dengan paket baterai unik untuk jangkauan yang diklaim hingga 280 mil atau 450,6 km. Powertrain empat motor menghasilkan torsi sekitar 1475lb ft, dengan motor berputar hingga 15.000rpm dan menghasilkan kecepatan tertinggi 249 mil per jam atau 400 km per jam.

Baca juga  Mobil Listrik Hyundai Rakitan Lokal Meluncur 2022

Selain Asparc Owl, Pabrikan mobil listrik asal Kroasia Rimac Nevera juga dinobatkan mobil listrik tercepat di dunia untuk jarak seperempat mil, dengan catatan waktu 8,582 detik. Mobil ini juga pemegang rekor kecepatan tertinggi yang dicapai oleh mobil listrik, yaitu 258 mil per jam atau 415 km per jam.

Mobil tersebut berhasil mengalahkan kecepatan hypercar konvensional seperti McLaren F1 dengan kecepatan maksimal 386 kpj dan Bugatti Veyron yang mampu menghasilkan kecepatan 407 kpj.

Di atas kertas, mobil ini mampu menghasilkan tenaga hingga 1.914 tk dengan torsi puncak sebesar 2.360 Nm. Tenaga tersebut ditopang lewat kapasitas baterai yang cukup besar yakni 120 kWh.

Demikian ulasan Aspark Owl yang berhasil menjadi salah satu mobil tercepat di dunia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika