Saturday, June 10, 2023
Moladin-Toyota

Harga Baojun Yep, SUV Listrik Wuling Terbaru!

by Baghendra Lodra
baojun yep - tampak samping suv listrik wuling - baojun yueye

SGMW (SAIC-GM-Wuling) resmi memperkenalkan SUV listrik bernama Baojun Yep di Cina. Harga mobil ini mulai 83.800 yuan atau setara Rp 177 juta. Murah bukan?

Salah satu keunggulan dari mobil Baojun ini ada di desain eksteriornya. Aura SUV kental terasa lewat bodi yang mengotak, sekilas mirip Suzuki Jimny versi mungil. Kemudian kapasitas baterai Baojun Yep mencapai 28,1 kWh, bisa menempuh jarak hingga 303 Km berkendara.

Hadir pula fitur-fitur canggih seperti ADAS dengan adaptive cruise control. Tidak ketinggalan tersedia surround view camera dan automatic park assist, istimewa bukan? Setidaknya itulah informasi yang kami dapat dari media Cina yaitu Carnewschina.

Mau tahu lebih detail soal mobil listrik bergaya SUV dari Wuling? Simak spesifikasi dan harga Baojun Yep lewat bahasan berikut:

Eksterior Baojun Yep Mirip Suzuki Jimny Mungil, Ada iWatch di Belakang

baojun yep - iwatch di bodi belakang

Desain bodi belakang SUV Wuling ini mirip iWatch

Baojun Yep, di atas kertas memiliki panjang bodi 3.381 mm, lebar 1.685 mm, dan tinggi 1.721 mm. Kemudian untuk jarak sumbu roda mencapai 2.110 dengan berat total 1.006 Kg. Dimensi eksteriornya itu lebih kecil dibanding Jimny.

Walau demikian, aura SUV yang dihadirkan bisa diadu. Mobil yang lebih dikenal sebagai Baojun Yueye di Cina, punya roof rail, overfender, hingga desain yang mengotak.

Baca juga  Audi Q8 e-tron Resmi Diperkenalkan, Jarak Tempuh Bisa 600 Km!

Lalu yang juga menarik, di bagian belakangnya ada desain menyerupai sebuah jam tangan iWatch. Beberapa media Cina mengatakan, bahwa Baojun Yep adalah mobil-jam pertama dari SGMW.

Di belakang mobil memiliki layar berukuran 300 mm x 256 mm. Dari situlah, pemilik bisa mengganti gambar, teks, dan video sesuai kebutuhan.

Performa SUV Listrik Wuling

baojun yep - eksterior depan

Kabarnya akan ada Baojun Yueye dalam varian 4×4

Harga Baojun Yep yang terjangkau, tidak membuatnya punya performa jelek. Wuling memberi SUV listrik ini dengan satu motor elektrik di belakang yang bisa menghasilkan torsi 140 Nm dan tenaga 68 hp. Kemudian untuk kecepatan maksimal bisa tembus 100 km/jam.

Soal kapasitas baterainya, pakai 28,1 kWh. Dalam kondisi penuh, baterai mobil listrik Baojun ini mampu menempuh jarak hingga 303 km.

“Versi dengan motor elektrik ganda dan 4WD sedang dipersiapkan,” beber laman Carnewschina.

Soal lama pengecasannya, baterai Baojun Yep bisa diisi dari kondisi 30 persen ke 80 persen hanya dalam 35 menit dengan soket DC. Sementara untuk pengecasan dengan soket AC dari 20 persen ke 100 persen, cuma butuh 8,5 jam.

Baca juga  Mobil Listrik Tenaga Surya, Lightyear 0 Siap Produksi!

Hadir pula fitur safety hasil kolaborasi Wuling dan DJI di Baojun Yep. Dengan demikian, berkendara dengan mobil listrik ini semakin aman dan nyaman.

Interior Baojun Yep dengan Tampilan Mirip Wuling Air EV

baojun yep - interior

Interior Baojun Yep pakai layar yang terintegrasi antara head unit dan panel instrumen

Soal interior Baojun Yep cukup modern dan minim tombol. Tampilan dashboardnya, sekilas mirip Wuling Air EV, di mana head unit dan panel instrumen terintegrasi dalam sebuah layar besar memanjang.

Lalu untuk kapasitas penumpang di dalam, memiliki konfigurasi dua baris bangku. Jadi totalnya bisa menampung 4-orang. Hanya saja untuk pintunya cuma ada dua, jadi penumpang belakang kalau mau masuk kabin, harus lewat pintu depan.

Bicara fitur, ada pemanas jok depan, pengaturan elektrik untuk jok pengemudi, empat USB port, hingga empat speaker. Kemudian yang menarik dengan harga Baojun Yep yang terjangkau, tersedia pula fitur pengaturan headrest depan.

Kisaran Harga Baojun Yep Bila Masuk Indonesia

harga baojun yep - eksterior

Baojun Yep, SUV listrik mirip Jimny dari Wuling

Di Cina, harga Baojun Yep memang sangat terjangkau. Mobil listrik ini dijual dalam dua varian. Di mana untuk versi termurahnya dijual mulai 83.800 yuan atau setara Rp 177 jutaan.

Baca juga  Instruksi Jokowi: Semua Pejabat Pakai Mobil Listrik

Kemudian untuk varian termahal dari Baojun Yep harganya tembus 93,800 Yuan atau setara Rp 198 jutaan. Dengan banderol lebih mahal, fitur-fitur yang dihadirkan juga semakin lengkap. Ada ADAS yang dilengkapi adaptive cruise control, lane departure warning, lane keeping assist, front collision warning, blind spot monitoring, autonomous emergency braking, dan lain-lain. Tidak ketinggalan hadir surround camera system dan automatic park asisst.

Menarik untuk dibeli bukan? Lalu kapan mobil listrik ini masuk Indonesia dan kira-kira akan semurah apa? Sampai sekarang, Wuling sendiri belum mengumumkan rencana kehadiran mobil listrik terbaru setelah Air EV.

Walau demikian, prediksi kami paling cepat meluncur pada 2024. Itu pun belum tentu Baojun Yep, lantaran Wuling punya banyak sekali produk mobil listrik secara global, sebut saja Binggo, Kiwi, dan masih banyak lagi.

Lalu soal harga Baojun Yep ketika dijual di Indonesia, tentulah tidak semurah di Cina. Sebagai gambaran, Wuling Air EV yang punya spesifikasi di bawah SUV listrik ini, banderolnya mulai Rp 243 juta (OTR Jakarta). Maka bila benar Baojun Yep akan dijual di Indonesia, harganya bisa tembus Rp 300-400 jutaan.

Itulah tadi bahasan soal SUV listrik dari Wuling yaitu Baojun Yep atau Baoujun Yueye. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika