Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Suzuki Siapkan Jimny EV, Meluncur 2024?

by Baghendra Lodra
Suzuki jimny ev - mobil listrik

Suzuki rupanya tidak main-main untuk masuk ke era mobil listrik. Mereka menyiapkan banyak sekali lini produk elektrifikasi, termasuk Jimny EV.

Agaknya Suzuki memang tidak mau ketinggalan untuk mobil yang satu ini. Terlebih, Jimny adalah salah satu legenda buat pabrikan berlogo S.

Kalau Suzuki sampai terlambat, ada banyak merek Cina yang mau bikin mobil mirip Jimny listrik. Salah satunya adalah Wuling yang sudah lebih dulu mengumumkan siap menghadirkan SUV ringkas 4×4 EV.

Keseriusan Suzuki menggarap mobil listrik ini bocor saat mereka presentasi untuk rencana elektrifikasi tahun 2030. Totalnya ada tiga wilayah yang jadi fokus utama terkait mobil listrik yaitu: Jepang, India, dan Eropa. Indonesia memang bukan jadi negara utama, tapi bukan tidak mungkin produk-produk dengan sumber tenaga baterai juga bakal masuk Tanah Air.

Di mana untuk Jepang, Suzuki siap menghadirkan enam mobil listrik hingga 2030. Kemungkinannya menurut Carscoops ada tiga kei car, termasuk Suzuki Hustler EV dan Wagon R EV. Wajar, karena memang Jepang merupakan pasar untuk mobil-mobil berdimensi ringkas. Ada pula eVX SUV yang versi konsepnya hadir pertama kali di India pada awal Januari 2023, sepertinya untuk peluncurannya akan dilakukan di Jepang lebih dulu pada akhir tahun ini.

Baca juga  Mobil Listrik Cina Tidak Berkutik di Amerika

Kemudian rencana mobil listrik Suzuki di India, juga ada enam yang siap meluncur. Carspoops memprediksi ada Suzuki Fronx EV, eVX, dan Suzuki Hustler EV. Hanya saja untuk peluncurannya, bakal dilakukan mulai 2024. Terlambat satu tahun, setelah Jepang.

Spesifikasi Suzuki Jimny EV, Pakai 5 Pintu?

Suzuki Jimny EV - 5 door

Suzuki Jimny EV kemungkinan punya dimensi besar seperti versi 5-pintu

Lalu Suzuki Jimny EV akan hadir di mana? Dari informasi yang pabrikan berlogo S berikan, kemungkinan peluncuran SUV legendaris versi listrik ini bakal berlangsung di Eropa.

Ya, Jimny elektrik dengan sumber tenaga baterai merupakan salah satu rencana dari total 5 mobil listrik Suzuki di Eropa. Bila melihat siluetnya, desain kotak masih dipertahankan, begitu juga dengan lampu depan bulat, dan grille vertikal.

Carscoops memprediksi, bahwa rangka ladder-frame masih tetap dipertahankan. Lalu apakah bodinya akan tetap ringkas?

Beberapa media mengatakan, Jimny EV sepertinya akan memiliki dimensi yang lebih besar dari versi 3-pintu. Kemungkinan bakal sebesar Jimny 5-pintu, agar ada ruang yang lebih luas untuk meletakkan baterai.

Baca juga  Cara Gunakan Fitur 4x4 Pada Suzuki Jimny 5 Pintu, Libas Medan Off-road Semakin Seru

Apakah motor elektrik bakal hadir di masing-masing roda? Bagaimana kemampuan offroad-nya? Sejauh ini belum ada bocoran soal spesifikasi Jimny listrik lebih detail.

Satu yang jelas, Suzuki siap meluncurkan mobil listrik di Eropa untuk pertama kalinya pada 2024. Maka bukan tidak mungkin, itu waktunya untuk Jimny EV hadir.

Usai Eropa, bisa jadi Jimny listrik juga bakal hadir ke beberapa negara lain termasuk Indonesia. Kita tunggu saja. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika