Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Biaya Cas Mobil Listrik di Hyundai Ultra Fast Charging Station, Mahal?

by Tigor Sihombing
Ultra Fast Charging Station

Hyundai baru saja meluncurkan satu-satunya Ultra Fast Charging Station yang terdapat di mall Plaza Indonesia pada Kamis (9/3/2023). Lokasi cas baterai super cepat untuk mobil listrik tersebut, terdapat di pintu masuk lobi Thamrin. Menariknya lagi untuk pengisian baterai kendaraan Hyundai, belum dikenakan biaya alias gratis.

Fasilitas terbaru ini tentunya mempermudah konsumen dalam pengisian baterai mobil listrik, karena akan memakan waktu lebih singkat. Berbeda dengan wall mount charger yang sudah ada sebelumnya di titik-titik pengecasan Hyundai, pada Ultra Fast Charging Station pemilik hanya membutuhkan waktu 18 menit untuk kapasitas baterai melebihi 90 persen. Hal tersebut berlaku untuk Hyundai Ioniq 5.

“Ultra Charging ini tentunya berbeda dengan wall charger berdaya 7,2 kw yang saat ini tersedia, terutama dalam hal kecepatan pengisian baterai,” kata Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Bandingkan saja dengan fasilitas wall public charger yang dmiliki Hyundai, untuk mengisi Ioniq 5 Standard dibutuhkan waktu sekitar 4 jam 59 menit. Sedangkan untuk unit Long Range dibutuhkan waktu sekitar 6 jam 6 menit. Sementara pada Ultra Fast Charging Station hanya membutuhkan waktu 18 menit. Jadi gapnya sangat jauh.

Baca juga  Prediksi 11 Mobil Terbaru Tahun 2021 di Indonesia

Ultra Fast Charging Station Hyundai mulai beroperasi pada 9 Maret 2023 dan tersedia untuk seluruh pengguna kendaraan listrik Hyundai dan pemilik kendaraan listrik lain yang kompatibel dengan fasilitas pengisian daya tersebut yang menggunakan tipe charger CCS2. Fasilitas terbaru dari Hyundai ini menyediakan dua unit ultra fast charger gun dengan total daya 240kW.

Cara Menggunakan Ultra Fast Charging Station Hyundai

Ultra Fast Charging Station

Lokasi Ultra Fast Charging terdapat di pintu masuk lobi Thamrin, Mall Plaza Indonesia.

Untuk menikmati layanan di fasilitas pengecasan baterai mobil listrik ini, pengunjung perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di aplikasi MyHyundai. Jika telah terdaftar di aplikasi MyHyundai, pengunjung bisa langsung mengunjungi Ultra Fast Charging Station Hyundai dan mengisi daya kendaraan listriknya dengan cara berikut ini:

  • Pasangkan gun charger ke kendaraan
  • Scan QR Code di unit ultra fast charger lewat aplikasi MyHyundai
  • Klik activate/start charging di tampilan aplikasi MyHyundai
  • Pengisian daya akan berjalan secara otomatis setelah verifikasi selesai

Jika terjadi kendala dalam melakukan pengisian daya kendaraan listrik di Ultra Fast Charging Station Hyundai, pengunjung bisa meminta bantuan kepada petugas yang berjaga. Ultra Fast Charging Station Hyundai juga terhubung ke Hyundai Call Center di 0-800-1-878-878 untuk melayani bantuan lebih lanjut, jadi dijamin aman untuk konsumen.

Baca juga  5 Mobil Termurah di PEVS 2022, Ada Yang Rp 75 Juta!

Apakah kendaraan perlu ditinggal saat sesi pengecasan? Makmur menjelaskan pemilik mobil listrik sebaiknya tetap berada di lokasi saat pengecasan.

“Karena dalam 15 menit saja, baterai mobil sudah akan bisa terisi dan layak digunakan. Jadi konsumen tidak perlu meninggalka mobil, berbeda dengan penggunaan wall charger di mall-mall lainnya,” tambah Makmur.

Tarif Penggunaan Ultra Fast Charging Hyundai Masih Gratis

tarif ultra fast charging hyundai

Ultra Fast Charging Station di Plaza Indonesia masih gratis untuk mobil listrik Hyundai

Makmur juga menjelaskan konsumen tidak perlu memiliki alat ultra charger ini. Pasalnya sekarang biaya untuk cas baterai mobil listrik dengan alat ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Walau demikian, bukan tidak mungkin ke depannya akan dikenakan tarif.

“Sampai kapannya (gratis) belum tahu, nanti kita evaluasi. (Kalau mau dipunyai di rumah) Saya tidak bisa sebut harga, tapi jika dimiliki perorangan, ultra fast charging ini memiliki nilai investasi yang tidak sedikit,” tutup Makmur.

Di Indonesia sendiri, ultra fast charging bukan cuma dipunya oleh Hyundai. Ada stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang juga sudah menggunakan teknologi serupa. Hanya saja untuk lokasinya sampai sekarang cuma ada di Central Parkir ITDC Nusa Dua, Bali. Tempat cas mobil listrik ini hadir mengakomodir kebutuhan KTT G20 tahun 2022 lalu.

Baca juga  Fakta-fakta Porsche Taycan Khusus Milik Jennie Blackpink, Cuma 1 di Dunia

Bicara tarif SPKLU Ultra Fast Charging PLN juga belum ada informasi detail. Walau demikian saat ini pemerintah sedang menggodok perubahan Permen Nomor 13 Tahun 2020, khususnya soal tarif SPKLU. Kemungkinannya, biaya cas mobil listrik di ultrafast charging station maksimal Rp 62.500 per pemakaian. 

Demikian ulasan Hyundai Ultra Fast Charging Station yang lokasinya ada di Plaza Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika