Minggu, September 25, 2022

Bocoran Pick-up Terbaru Tata Intra, Granmax dan Carry Lewat!

by Tigor Sihombing
tata intra

Mobil pick-up, Tata Intra siap masuk pasar Indonesia. Informasi ini terlihat dari postingan laman resmi Tata Motor di Instagram @tatamotors.id. Jika Intra meluncur di Tanah Air, maka akan jadi rival dari Suzuki Carry dan Daihatsu Granmax pick-up.

Instagram resmi Tata Motors memebebrkan kehadiran Intra lewat beberapa postingan gambar. Pertama, sekitar 7 September 2022 lalu menunjukan sebuah lampu tanpa caption, tapi dengan hastag #Euro4 dan #jagonyadiesel. Dengan hastag tersebut kita bisa menilai jika mobil pick-up tersebut akan mengadopsi mesin diesel dengan teknologi Euro4.

Begitu pun dengan postingan di hari berikutnya yang menunjukan sebuah grille. Jika dilihat, Grille berlapis chrome dengan desain tebal nan kokoh tersebut sangat mirip dengan Tata Intra yang lebih dulu di pasarkan di negara asalnya yaitu India. Dalam foto kedua ini, Tata hanya mengisi caption “Coming Soon”.

Lalu di postingan ketiga, mulai tampak foto interior dari Intra. Dari gambar, tampak head unit single din yang sepertinya hanya bisa memutar radio dan USB. Sementara itu disampingnya terdapat putara AC yang menandangan mobil komersil ini dilengkapi penyejuk udara. Lalu di bawah head unit ada outlet untuk cas smartphone.

Baca juga  5 Merek mobil India, Dua Eksis di Indonesia

Tata Intra sendiri merupakan sebuah truk mesin diesel ringan 4 ban. Pick-up ini disokong dengan suspensi daun atau Semi-elliptical leaf springs with Anti roll Bar, 5 lapis di depan dan 8 lapis di belakang. Besar kemungkinan, kehadiran Intra akan menggantikan eksistensi dari Tata Ace EX2 dan Super Ace HT.

Bicara sistem pengereman yang digunakan, mobil niaga ini mengandalkan mekanisme pengereman hidrolis sirkuit ganda dengan diagonal split with boos. Rem depan tipe cakram dan rem belakang drum brakes plus rem parkir yang dioperasikan secara mekanikal dengan kabel yang tersambung ke roda belakang.

banner atas

Kelebihan Tata Intra, Bak dan Torsi Besar

tata intra - kapasitas bak angkut lebih besar dari granmax dan carry

Kapasitas bak Tata Intra bisa mengangkut hingga 1,3 ton

Terkait bocoran spesifikasinya, sayang untuk saat ini Tata Motors masih menutup rapat. Walau demikian, yang pasti mobil pick-up tersebut memiliki dua pilihan mesin di India: 1.500 cc Diesel dan 798 cc Diesel.

Khusus mesin Intra dengan kubikasi 1.500 cc Diesel Turbo bisa melontarkan tenaga 71 hp pada 4.000 rpm serta torsi maksimal 140 Nm pada 1.800-3.000 rpm. Tenaganya memang tidak terlalu besar, tapi torsinya cukup buas dan mengungguli Daihatsu Granmax dan Suzuki Carry selaku kompetitor.

Baca juga  Harga Tata Intra Bikin Kaget, Pick-up Diesel Murah!

Untuk lingkar rodanya, mengusung velg kaleng 14 inci. Sedangkan dimensinya memiliki panjang keseluruhan 4.460 dengan wheelbase 2.450 mm.

Lalu untuk kapasitas bak Tata Intra mempunyai panjang 2.690 mm, lebar 1.607 mm dan tinggi 463 mm. Lalu daya angkut barangnya hingga 1.300 kg atau 1,3 ton. Ini melebihi kemampuan angkut dari bak Daihatsu Granmax dan Suzuki Carry Pick-up.

Informasi lainnya, pikap ini juga dibekali dengan mode berkendara ECO dan Normal. Di sisi lain, tombol pengaturan ketinggian lampu. Ada pula fitur Electric power-assisted steering.

Mengacu pada keterangan para pejabat Tata tahun lalu, besar kemungkinan model ini akan dirilis pada Oktober 2022. Bisa juga Intra hadir lebih cepat dari rencana, yakni di September 2022.

Demikian ulasan terkait Tata Intra terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika