Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Bocoran Spesifikasi Chery Omoda 5 EV 2023, Harganya Murah?

by Firdaus Ali

Tidak lama lagi, mobil listrik Chery yaitu Omoda 5 EV siap mengaspal di Indonesia. Tentu saja hal ini merupakan bentuk keseriusan pabrikan otomotif asal Cina ini untuk berekspansi di Tanah Air.

Seperti diketahui bahwa PT Chery Motor Indonesia baru saja meluncurkan Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Hanya saja keduanya adalah SUV bermesin bensin. Nah di sela peluncuran kedua SUV tersebut, petinggi Chery memberi bocoran informasi soal kehadiran produk baru berikutnya yaitu Omoda 5 untuk tahun 2023.

“Jika tidak ada halangan, tahun depan akan kami luncurkan Chery Omoda 5. Nantinya akan ada pilihan mesin bensin dan listrik,” terang Shawn Xu selaku Presiden Direktur PT Chery Motor Indonesia.

Bicara soal Omoda 5 bermesin bensin, itu adalah hal biasa. Pasalnya Chery sudah meluncurkan SUV tersebut secara global dengan mesin 1.5L Turbo dan 1.6L Turbo. Hanya saja kalau bicara Chery Omoda 5 EV, tentu jadi hal yang istimewa. Pasalnya belum ada di negara mana pun.

Versi listrik dari Omoda 5 tentu sangat menarik untuk pasar otomotif Tanah Air. Pasalnya mobil tersebut akan punya banyak pesaing seperti Hyundai Ioniq 5, Kona EV, Nissan Leaf, hingga Toyota bZ4X. Walau demikian, ada kemungkinan bahwa kendaraan elektrifikasi dari Chery ini tetap bisa bersaing di pasar Indonesia. Terlebih kalau dari sisi harga, Chery omoda 5 dapat kompetitif mengingat sebagai merek Cina.

Performa Baterai Chery Omoda 5 EV

chery omoda 5 ev 001

Informasi soal baterai Chery Omoda 5 EV terungkap di laman resmi Facebook Chery Malaysia

Walau belum meluncur secara resmi di dunia, tapi bocoran spesifikasi Chery Omoda 5 EV terungkap lewat laman sosial media resmi Chery di negara tetangga. Khususnya di Facebook Chery Malaysia, merek mobil asal Cina ini meminta pendapat terkait kehadiran mobil listrik terbaru mereka.

Baca juga  Mobil Favorit Ratu Elizabeth II, Land Rover!

Beberapa detail yang dijelaskan dari Omoda 5 EV adalah kemungkinan punya tenaga maksimal 204 PS dan torsi 400 Nm. Ada pula penggunaan baterai 64 kWh dengan jarak tempuh maksimal 450 Km. Baterai tersebut dapat dicas dengan kondisi 0-80 persen hanya dalam 40 menit (fast charging). Sementara kalau dengan cas biasa butuh 5 jam.

Chery juga meminta pendapat ke calon konsumen, soal kompetitor terdekat dari mobil listrik Omoda 5 EV yaitu Hyundai Kona EV dan GWM Ora Good Cat. Meski begitu, bukan tidak mungkin performa baterai SUV listrik merek Cina ini justru lebih baik lagi, sehingga menyerupai Hyundai Ioniq 5 dan Toyota bZ4X.

Dimensi Eksterior Lebih Ringkas dari Hyundai Ioniq 5

Chery Omoda 5 EV

Sosok Chery Omoda 5 bensin, kemungkinan versi EV-nya tidak berbeda jauh

Sebagai informasi, Chery sudah mengatakan bahwa Omoda 5 memang didesain untuk bisa menggunakan berbagai jantung mekanis termasuk full elektrik. Jadi kemungkinan soal dimensinya tidak beda jauh dengan versi bensinnya.

Di mana untuk pajang Chery Omoda 5 EV kemungkinan mencapai 4.400 mm, lebar1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Dimensi tersebut lebih bongsor dari Hyundai Kona EV, tapi lebih kecil dibanding Hyundai Ioniq 5.

Baca juga  Ioniq 5 Jadi Mobil Terlaris Hyundai, Ratusan unit Terpesan!

Kemudian untuk eksterior, sepertinya juga tidak berbeda dari versi bensinnya. Chery Omoda 5 EV kemungkinan akan mempunyai tampilan yang futuristik dan modern. Hal ini bisa terlihat dari perpaduan desain grill bergaya honeycomb 3D yang menyatu dengan headlamp berdesain sipit serta bumper yang dinamis.

Pada bagian belakangnya, memang mempunyai tampilan yang tidak sefuturistik depannya. Namun begitu, lekukan body bagian belakang serta lampunya terlihat elegan, mirip dengan mobil-mobil SUV Eropa. Oh ya, untuk mendukung tampilan eksteriornya, disematkan velg alloy berukuran 18 inch.

Interior Futuristik Chery Omoda 5 EV

Chery Omoda 5

Interior Omoda 5 mesin bensin

Jika basisnya sama dengan versi bensinnya, maka spesifikasi Chery Omoda 5 untuk interior juga tidak akan berbeda jauh. Pada bagian kabin, kemungkinan akan hadir teknologi terkini dengan tampilan visual yang estetis. Hal ini tampak pada lampu ambient LED 64 warna yang terhubung dengan mode pengemudi dan irama musik.

Material jok, dashboard dan doortrimnya juga terlihat menggunakan bahan yang berkualitas. Dan untuk membuat kabin terlihat lebih lapang serta mendongkrak kemewahan, mobil SUV asal Cina ini mengadopsi panoramic sunroof.

Berbicara fitur, Chery Omoda 5 terbilang lengkap. Yang pertama adalah adanya fitur ADAS yang sudah terintegrasi dengan beberapa fitur keselamatan. Seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping and Automatic Low/High Beam Switching, Electronic Power Steering (EPS), Traffic Signal Recognition System, serta fitur modern lainnya.

Baca juga  PLN Buka Franchise SPKLU, Tempat Cas Mobil Listrik Bisa Menjamur!

Untuk mendukung kenyamanan berkendara, Chery Omoda 5 EV sepertinya bakal menyematkan headunit touchscreen berukuran 10,25 inchi yang tersambung dengan panel cluster digital. Adapun headunit tersebut mampu mengakomodir sistem audio seperti radio, dan support untuk Android dan Apple CarPlay.

Tak hanya itu saja, headunit tersebut juga bisa menampilkan kamera parkir serta fitur pendukung mobil lainnya. Ada lagi, AC digital dan wireless charging untuk mempermudah penumpang dan pengemudi untuk mengisi baterai gawainya. Oh ya, untuk mempermudah dan mendukung kenyamanan pengemudi, mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dari Negeri Tirai Bambu ini sudah menyematkan fitur start/stop engine dan rem parkir otomatis.

Harga Chery Omoda 5 EV

bocoran mobil chery di iims 2022 - omoda 5

Sosok Chery Omoda 5 yang pernah tampil di IIMS 2022

Dengan kemungkinan  spesifikasi Chery Omoda 5 EV seperti yang sudah disebutkan di atas, kira-kira berapa harganya? Soal bocoran banderol Chery Omoda 5 EV memang belum ada dari sumber resmi. Walau demikian, umumnya merek mobil asal Cina menawarkan harga kompetitif dibanding merek Jepang dan Korea Selatan.

Informasi yang bisa kami sampakian, Chery mengatakan bahwa Omoda 5 EV kemungkinan memiliki rival terdekat adalah Hyundai Kona EV. Di Indonesia sendiri mobil SUV listrik dari pabrika H miring dijual Rp 742 juta (OTR Jakarta). Maka harusnya mobil listrik Chery bisa dijual lebih murah, apalagi kalau sudah diproduksi lokal di Indonesia. Maka nominal Rp 600 jutaan harusnya cukup menarik.

Moladiners, itulah ulasan mengenai bocoran spesifikasi Chery Omoda 5 EV dan harganya, yang siap meluncur 2023 di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika