Harga dan Spesifikasi Chery Omoda 5 EV 2023, Sudah Bisa Dipesan!

by Firdaus Ali
mobil listrik

Mobil listrik Chery Omoda 5 EV resmi hadir di GIIAS 2023. Ini merupakan bentuk dari keseriusan pabrikan otomotif asal Cina untuk berekspansi di Tanah Air, bahkan Chery berniat untuk produksi lokal SUV listrik tersebut.

Sekarang untuk pemesanan Omoda 5 versi listrik juga sudah dibuka. Masyarakat Indonesia cukup mengeluarkan uang Rp 10 juta sebagai tanda jadi dan mendapat nomor antrian.

Bicara spesifikasi, mobil ini juga tidak main-main. Walau memang soal performa dan fitur-fiturnya belum diungkap jelas oleh Chery Sales Indonesia (CSO). Meski begitu, kita bisa melihat spesifikasi Chery Omoda 5 EV yang sebelumnya sudah pernah tampil di Shanghai Auto Show.

Di sana tampak jelas bahwa SUV listrik tersebut bisa menempuh jarak 450 Km dari kondisi baterai penuh. Lalu tampilan eksterior dan interiornya sangatlah futuristik.

“Omoda 5 EV merupakan mobil listrik masa depan dari Chery yang menggabungkan inovasi terbaik dari teknologi mutakhir. Rancangannya mencerminkan komitmen Chery dalam mempersiapkan mobilitas masa depan bagi para konsumen otomotif,” beber rilis resmi Chery di GIIAS 2023.

Walau punya banyak pesaing di Indonesia, seperti Hyundai Ioniq 5 hingga Toyota bZ4X, bukan tidak mungkin Omoda 5 EV ini bisa tetap bersaing Terlebih, kalau dari sisi harga, Chery membuatnya kompetitif yaitu kisaran Rp 500-600 jutaan. Setidaknya itulah bocoran dari para salses Chery di pameran otomotif yang berlangsung di ICE BSD pada 10-20 Agustus 2023 tersebut.

Nah mau tahu lebih detail soal bocoran spesifikasi dan harga Chery Omoda 5 EV 2023 yang siap masuk Indonesia? Berikut bahasan lengkapnya:

Performa Baterai Chery Omoda 5 EV

chery omoda 5 ev - tampak belakang - @alejandroperezcars

Baterai Chery Omoda 5 EV bisa membuat mobil melaju 450 Km (sumber foto: youtube @alejandroperezcar)

Di GIIAS 2023, spesifikasi Chery Omoda 5 EV memang belom terungkap jelas. Walau demikian, kita bisa merujuk ke Shanghai Auto Show ketika mobil listrik ini tampil pertama kali. Di sana dibeberkan performa baterainya menggunakan kapasitas 61 kwh yang bisa menghasilkan tenaga 224 PS. Kemampuan akselerasinya dari 0-100 km/jam sekitar 7,8 detik.

Baca juga  SUV BMW iX Mengaspal di Shanghai Auto Show 2021

Kemudian untuk jarak tempuh dalam kondisi baterai penuh mencapai 450 Km. Soal kemampuan cas baterai, Omoda 5 EV ini cukup 35 menit hingga 80 persen.

Tentunya performa Omoda 5 versi listrik tersebut cukup kompetitif. Bandingkan saja dengan kompetitor seperti Nissan Leaf yang jarak tempuh baterainya cuma 378 Km, MG 4 EV 425 Km, Hyundai Ioniq 5 384-481 Km (tergantung varian), dan Toyota bZ4X 500 Km.

Dimensi Eksterior SUV Listrik Chery Lebih Ringkas dari Hyundai Ioniq 5

chery omoda 5 ev 003

Eksterior Chery Omoda 5 EV 2023 beda di bagian paras dibanding versi bensin

Bila melihat di GIIAS 2023, Chery Omoda 5 EV 2023 punya desain yang mirip dengan versi bensinnya. Kemungkinan soal dimensinya juga mirip.

Di mana untuk panjang Chery Omoda 5 EV sepertinya masih sekitar 4.400 mm, lebar1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Dimensi tersebut lebih bongsor dari Hyundai Kona EV, tapi lebih kecil dibanding Hyundai Ioniq 5.

Lalu apa beda Omoda 5 EV dan bensin? Dari sisi eksterior, versi listrik ini memiliki tampilan yang lebih futuristik dan modern. Hal ini bisa terlihat dari paras yang lebih sederhana, tanpa grille besar seperti di versi bensin. Kemudian di pembatas kap mesin, ada tulisa OMODA.

Keisitmewaan lain dari Omoda 5 bertenaga baterai adalah punya roof rail. Ini penting untuk sebuah SUV, lantaran bisa digunakan untuk dudukan roof rack dan roof box, ketika ingin membawa barang bawaan di atap.

Baca juga  Toyota Land Cruiser Berenang di Laut, Tidak Mogok!

Sisanya, kurang lebih serupa dengan model yang pakai internal combustion engine (ICE). Di mana versi EV juga memiliki atap belakang yang rendah, seperti SUV coupe. Lalu di bagian belakang, hadir lampu rem horizontal, terintegrasi dari kiri ke kanan.

Interior Futuristik Chery Omoda 5 EV dengan Warna Cerah

interior chery omoda 5 ev 2023 - jok depan

Warna cerah jadi tema interior Chery Omoda 5 EV

Dengan basis sama dengan versi bensinnya, maka spesifikasi Chery Omoda 5 EV 2023 harusnya tidak beda jauh dari versi bensin. Unit yang dipajang di GIIAS 2023, tidak bisa dibuka pintunya. Walau begitu, kita bisa lihat dari luar kalau kabinnya pakai tema warna cerah untuk yang menggunakan sumber tenaga baterai.

untuk interior juga tidak akan berbeda jauh. Pada bagian kabin, hadir teknologi terkini dengan tampilan visual yang estetis. Hal ini tampak pada jok ala semi bucket yang pakai ventilasi di bagian leher dan headrest-nya tidak bisa diatur ketinggiannya. Lalu ada head unit dan panel instrumen yang terintegrasi sehingga membuat dashboard semakin modern.

Kemudian untuk kapasitas penumpangnya bisa memuat 5-orang dengan dua baris bangku. Di jok belakang memiliki tiga headrest dengan pengaturan ketinggian. Hadir pula handrest untuk relaksasi penumpang belakang, bila jok baris kedua di bagian tengah tidak diisi orang. Hadir pula sunroof di atap agar kabin terkesan semakin lapang.

Berbicara fitur, Chery Omoda 5 EV harusnya sangat lengkap seperti versi bensinnya. Minimal ada fitur ADAS yang sudah terintegrasi dengan beberapa fitur keselamatan. Seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Forward Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping and Automatic Low/High Beam Switching, Electronic Power Steering (EPS), Traffic Signal Recognition System, serta fitur modern lainnya.

Baca juga  Test Drive Nissan Kicks e-Power, Tidak Perlu Injak Rem!

Lalu yang juga menarik, di Shanghai Auto Show, Chery pernah menginformasikan siap memberikan SUV listriknya fitur V2L (vehicle to load) yang bisa memberi pasokan listrik ke berbagai produk elektronik. Ini penting, utamanya bila kamu sedang berkegiatan outdoor bersama Omoda 5 EV.

Kisaran Harga Chery Omoda 5 EV 2023 di Indonesia

interior chery omoda 5 ev 2023 - jok belakang

Interior Chery Omoda 5 EV muat 5-orang

Dengan kemungkinan spesifikasi Chery Omoda 5 EV seperti yang sudah disebutkan di atas, kira-kira berapa harganya? Merek mobil Cina itu sudah membuka pemesanan di GIIAS 2023 untuk konsumen yang tertarik. 

“Kami membuka pemesanan OMODA 5 EV hingga 20 Agustus atau selama GIIAS 2023. Biaya pemesanan untuk mendapatkan OMODA 5 EV adalah Rp 10.000.000,” kata Presiden PT Chery Sales Indonesia dan Vice President Chery International, Shawn Xu.

Dia juga mengatakan, bahwa pengiriman unit Omoda 5 versi listrik ke konsumen Indonesia akan dilakukan pada awal 2024. Istimewanya lagi, Chery berencana melakukan perakitan lokal untuk SUV tersebut.

Sementara untuk harga resminya, belum diumumkan. Walau demikian, para sales Chery di GIIAS 2023 menginformasikan kisarannya antara Rp 500-600 jutaan. Ini tentu sangat menarik, karena di Indonesia sendiri para rivalnya dijual lebih mahal.

Tidak percaya, cek saja Hyundai Ioniq 5 yang banderolnya mulai Rp 748 juta (OTR Jakarta). Kemudian ada Rp 649,9 juta (OTR Jakarta).

Moladiners, itulah ulasan mengenai informasi soal harga dan spesifikasi Chery Omoda 5 EV yang meluncur di GIIAS 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika