Bocoran Toyota Yaris Facelift 2020, Apa Bedanya?

Toyota Yaris Facelift – Eropa resmi memperkenalkan Yaris Cross, beberapa waktu lalu. Mobil ini memang tampak istimewa dengan basis rangka TNGA-B yang sedikit lebih kecil dari CH-R.

Desainnya sungguh gagah, fiturnya juga modern, ditambah lagi ada varian hybrid. Hanya saja, kemungkinan Toyota Yaris Cross masuk Indonesia sangat kecil. Maklum, hatchback bergaya SUV tersebut lebih dikhususkan untuk pasar Benua Biru.

Lalu bagaimana dengan Yaris di Indonesia? Apakah bakal dapat penyegaran juga dalam waktu dekat? Kemungkinan iya.Hal ini terungkap setelah beredar gambar paten di dunia maya yang diduga sebagai Toyota Yaris terbaru untuk pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Jika dilihat secara jeli, ada beberapa perbedaan desain antara versi facelift dengan model yang dijual sekarang. Ingin tahu detail perbedaan Toyota Yaris Facelift versi gambar paten? Simak bahasan berikut:

Desain Toyota Yaris Facelift 2020 Lebih Agresif Mirip Corolla Altis

yaris facelift
Desain parasnya mirip mobil-mobil Toyota modern dengan gaya trapesium di kisi-kisi udara

Wajah tersenyum yang ada versi sebelumnya, di Toyota Yaris Facelift menghilang. Otomatis penyematan istilah Yaris Joker juga bakal tergantikan.

Mengacu pada gambar desain paten, Yaris terbaru punya aura agresif yang kuat. Terlihat dari kisi-kisi udara baru. Sebelumnya bentuknya trapesium terbalik seperti orang tersenyum. Kini jadi trapesium normal.

Kemudian rumah lampu kabut juga dibuat lebih vertikal dan bagian atasnya condong ke dalam. Lampu daytime running light (DRL) yang sebelumnya ada di kisi-kisi udara, dipindah terintegrasi dengan lampu depan. Sementara desin lampu utamanya dan grille sekilas tidak ada perbedaan.

Bila melihat desain paras Toyota Yaris Facelift 2020, sepertinya ada inspirasi dari Corolla Altis.

Kemudian untuk bodi samping dan belakang, sepertinya belum ada revisi berarti. Ukuran bodi juga tampak tidak ada perbedaan.

Lampu belakang masih tetap pipih seperti biasa. Di bagian bemper bawah bagian belakang, terdapat reflektor kembar di kiri dan kanan. Jika dilihat dari sisi, Toyota Yaris terbaru masih akan menggunakan desain jenis floating yang seolah-olah membuat atapnya melayang.

Baca juga:

Fitur Lampu LED Hadir untuk Visibilitas Berkendara Lebih Baik

toyota yaris
Desain belakang sepertinya tidak ada perbedaan dibanding versi yang dijual sekarang

Kalau diperhatikan secara detail, maka sistem pencahayaan di Yaris Facelift 2020 bakal pakai LED. Kelebihan LED adalah hemat daya, namun visibilitasnya tetap baik terutama untuk menerangi jalan di malam hari.

Hadirnya lampu LED ini memang bukan sesuatu yang aneh. Apalagi mobil-mobil lain Toyota sudah mengaplikasikannya, sebut saja Avanza.

Kemudian soal interior, belum tampak jelas. Maklum, gambar paten yang tersebar di dunia maya hanya menyajikan bocoran eksterior. Hanya saja, kalau melihat fitur interior di Yaris yang dijual saat ini sepertinya sudah cukup oke terlebih untuk varian tertinggi atau TRD CVT.

Sebut saja penggunaan head unit layar sentuh ukuran 7 inci dengan konektivitas smartphone. Ada pula AC digital, audio steering switch, dan panel instrumen dengan kombinasi TFT MID.

Terkait fitur berkendara, fitur Toyota Yaris juga lebih dari cukup. Kamu bisa menemukan mode berkendara eco mode dan sport. Hal tersebut berguna untuk menyesuaikan gaya berkendara yang diinginkan.

Ada pula fitur paddle shift untuk mengganti gigi transmisi secara manual. Fitur tersebut membuat berkendara dengan Toyota Yaris layaknya menunggangi mobil sport.

Dalam hal keselamatan, fitur Yaris yang dijual sekarang pun sangat baik. Hadir vehicle stability control (VSC), hill start assist control (HSA), dan 7 airbags. Tidak ketinggalan anti-lock braking system (ABS), elecronic braking distribution (EBD), serta brake assist (BA).

Kemungkinan Mesin Toyota Yaris Facelift Tidak Berubah

yaris
Toyota Yaris yang dijual saat ini sudah mumpuni dari sisi mesin dan fitur, jadi di versi facelift kemungkinan tidak berubah banyak

Jika melihat waktu peluncuran Toyota Yaris terakhir adalah 2018. Maka kalau versi Toyota Yaris facelift hadir pada tahun ini, usianya baru dua tahun. Jika meluncur tahun depan pun, cuma beda tiga tahun.

Oleh karenanya, kemungkinan ganti mesin belum ada. Apalagi Toyota Yaris yang dijual sekarang sudah cukup istimewa. Di atas kertas pakai kapasitas 1.496 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin Yaris bisa melontarkan torsi hingga 140,2 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 107 PS pada 6.000 rpm.

Kemudian untuk pilihan transmisinya ada dua: 5-percepatan manual dan CVT. Hadirnya CVT pun baru pada 2018. Jadi sebenarnya penyegaran cukup besar sudah dilakukan oleh Toyota dua tahun lalu.

Maka dari itu, kemungkinanya Toyota Yaris Facelift yang gambar patennya beredar cuma sedikit revisi saja untuk mempertahankan angka penjualan. Bagaimana menurut kamu?

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *