by

Cara Merawat Cat Motor Doff, Jangan Sembarangan

Tahukah kamu cara merawat cat motor doff? Pasalnya perawatan cat jenis ini sangat berbeda dengan warna metalik. Salah-salah, bisa membuat bodi motor semakin kusam, bahkan merusak cat.

Kalau kamu belum tahu teknik merawat motor dengan warna doff, maka perhatikanlah artikel ini. Terlebih saat ini hampir semua pabrikan sepeda motor saat ini menawarkan pilihan cat warna jenis doff, bahkan jenis warna ini menjadi tren dan banyak diminati konsumen di Indonesia. Sebab, jenis kelir tersebut membuat tampilan kendaraan nampak lebih elegan dan mewah.

Seperti contohnya Honda All New PCX 160. Beberapa pilihan warna doff yang ditawarkan antara lain Marvelous Matte Grey, Majestic Matte Red, Glorious Matte Black, Royal serta Matte Blue.

Jadi bukan tidak mungkin motor kamu di masa depan bakal berwarna doff. Atau jangan-jangan saat ini sudah punya motor berkelir doff?

Kendati peminatnya banyak, kenyataannya cat doff memiliki entitas kepudaran lebih cepat dibandingkan cat berwarna metalik. Oleh karena itu diperlukan perlakuan khusus dalam merawat motor bercat doff tersebut.

Baca juga  [InfoGrafik] Fakta Tentang Cara Kredit Motor Saat Ini

“Motor dengan cat doff baiknya jangan sering parkir di tempat yang langsung terpapar sinar matahari terlalu lama, efeknya kualitas cat akan cepat memudar,” terang Joni Ilmawan selaku Kepala painting & Creative Diton Premium.

Joni sapaan akrabnya, juga menjelaskan bahwa selain parkir di tempat yang teduh, saat mencuci motor sabun cucinya juga harus diperhatikan. Ini juga menjadi salah satu cara merawat cat motor doff agar tidak kusam.

“Saat mencuci motor yang bercat doff, jangan sembarangan menggunakan jenis sampo, disarankan menggunakan sampo cuci yang tidak mengandung bahan deterjen karena akan berakibat cepat memudar catnya.”

“Selain itu, untuk cairan poles, gunakan yang berbahan water based. Jangan gunakan yang berbahan oil based, dan juga saat melakukan pengelapan gunakan kain microfiber agar hasil lebih maksimal,” ungkap Joni.

Pemilihan Sampo Cuci Motor Perlu Disesuaikan

Cara merawat cat motor doff  - sampo motor
Cara merawat cat motor doff dengan pakai sampo yang tidak mengandung wax

Masih banyak orang yang tidak tahu bahwa setiap produk sampo perawatan motor sudah dikhususkan untuk masing-masing penggunaan. Maka dari itu, tak boleh sembarangan dalam memilih serta menggunakannya.

Baca juga  5 Penyebab Knalpot Nembak di Motor dan Cara Mengatasinya

Pemilihan produk sampo motor yang tidak tepat dapat menyebabkan kerusakan pada cat motor seperti warna yang memudar. Karenanya dalam memilih sampo motor ini harus menyesuaikan dengan jenis warna cat motor. Apakah termasuk jenis yang berwarna doff atau glossy?

Jika motor berwarna glossy alias jenis warna cat yang mengkilap, maka harus menggunakan sampo yang memiliki kandungan wax di dalamnya. Wax ini berfungsi sebagai pelapis cat pada kendaraan sehingga motor pun akan tampil jauh lebih mengkilap dari sebelumnya.

Sedangkan, jika motor memiliki tipe cat yang berwarna doff atau cenderung soft dengan permukaan kasar dan tidak mengkilap. Maka, disarankan untuk menghindari penggunaan sampo yang memiliki kandungan wax.

Bukan tanpa alasan, karakteristik cat doff tidak akan cocok dengan partikel yang ada di dalam wax. Penggunaan sampo yang memiliki kandungan wax pada motor berwarna doff dapat merusak permukaan cat motor.

Oh ya, selain itu pilihlah kandungan pH yang baik dan disarankan adalah pH 7, di mana ia adalah bentuk nilai yang netral dan sangat ideal untuk digunakan karena aman bagi cat motor maupun kulit.

Baca juga  5 Tips Naik Motor Matik, Jangan Asal!

Itulah tadi cara merawat cat motor doff. Simak terus ya moladin.com untuk terus mendapatkan informasi dunia otomotif yang menarik.

Terbaru