Yuk, Kenali Ciri-Ciri Aki Motor yang Mulai Soak

Moladin – Aki menjadi salah satu komponen penting di motor, karena merupakan sumber kelistrikan yang ada di motor, aki motor merupakan jantungnya motor. Aki yang soak sebabkan motor tidak bisa beroperasi, kejadian seperti ini bisa terjadi kapan pun dan dimana pun. Aki bekerja untuk electric starter dan menghidupkan lampu serta klakson motor.

Nah, seperti komponen motor lainnya, usia pakai aki ini tidak bisa selamanya. Seiring dengan berjalannya waktu kinerja aki pasti akan menurun. Pabrikan biasanya merekomendasikan aki dipakai selama satu sampai dua tahun.

Jika sudah lewat masa pemakaian, pengendara motor wajib memeriksa kondisinya secara berkala. Durasi pemakaian yang sudah melebihi waktu tersebut maka umur aki sudah udzur. Jika sudah muncul tanda aki mulai soak, saatnya mengganti dengan yang baru.

 

Pengendara Harus Paham Tanda-Tanda Ini

Kelistrikan AkiPengendara wajib paham dengan tanda-tanda ini di sumber kelistrikan

Pastikan Anda mengenali ciri-ciri aki yang sudah mulai soak agar nanti tidak terjadi mogok saat di jalan. Lebih baik sedia payung sebelum hujan bukan?

Mengetahui aki soak dari fisiknya memang sedikit susah. Akan lebih mudah untuk mengetahuinya dari tanda-tanda kinerja motor Anda. Berikut ini adalah beberapa ciri yang bisa dirasakan saat mulai soak:

  • Pertama biasanya bisa dilihat dari lampu indikator. Jika lampu sensor indikator pada aki mulai berkedip-kedip atau menyala terus saat kunci diputar ke kondisi “on”, maka ini bisa jadi tanda aki sudah mulai soak. Keberadaan lampu indikator ini memang sangat membantu.
  • Selanjutnya adalah motor susah di starter otomatis. Anda hanya perlu menekan tombol start sekali saja dan motor bisa langsung hidup saat kondisi aki prima. Jika Anda perlu menekan tombol starter beberapa kali bahkan harus menghidupkan motor lewat kick starter, nah ini bisa jadi tanda aki berada dalam keadaan soak.
  • Tanda aki yang sudah mulai soak juga bisa dilihat dari bagian lampu. Jika lampu motor mulai redup entah lampu utama atau speedometer, maka aki sudah saatnya untuk diganti. Jika saat tidak digas lampu redup dan jika digas lampu terang, maka sudah termasuk tanda aki soak.
TVS Dazz

*Angsuran mulai dari

  • Suara klakson juga terdengar lemah dan tidak sekuat biasanya. Aki yang soak tidak bisa memberikan energi untuk klakson berbunyi dengan maksimal.
  • Gejala aki soak juga bisa dilihat dari mesin motor. Mesin motor tidak langsam dalam keadaan idle. Saat dikendarai mesin mengalami brebet alias tidak lancar. Nyala mesin juga tidak lancar dan putus-putus nafasnya. Jika performa aki sudah menurun, motor akan seperti berdenyut dan naik turun gasnya.
  • Aki yang soak juga bisa dilihat dari tegangannya. Aki yang masih bagus tegangannya 12.6 V, sedangkan yang rusak tegangannya kurang dari 12 V.

 

Begini Cara Mudah Rawat Aki Motor

Isi Ulang Air AkiCaranya mudah kok merawat sumber kelistrikan di motor ini

Jika aki sudah dalam keadaan soak, mesin tidak bisa hidup alias mati total. Sebaiknya pengendara motor mengetahui soal ciri aki yang sudah mulai soak. Cirinya bisa dilihat dari kondisi aki tersebut atau tanda-tanda yang muncul pada motor. Agar tidak mudah soak, berikut ini tips dasar untuk merawatnya:

  • Pertama hindari untuk menggunakan aksesoris yang berlebihan pada motor terutama yang menggunakan energi listrik. Ini akan membantu agar aki lebih awet dan tidak mudah soak.
  • Dalam menyetarter motor sebaiknya gunakan starter kaki (kick starter) atau manual. Starter tombol atau starter otomatis sebenarnya di desain untuk menyetarter saat keadaan darurat atau motor mati di tengah jalan. Starter tombol membutuhkan tenaga listrik, agar aki tak cepat soak sebaiknya di awal saat akan menggunakan motor nyalakan dengan starter kaki.
  • Jangan lupa untuk memanasi motor sebelum menggunakannya. Lakukan pemanasan setidaknya 15 menit setiap harinya, ini karena untuk mencegah sel-sel di dalam aki jadi kering.
  • Saat akan mematikan motor, usahakan untuk mematikan komponen lain seperti headlamp dan sign lamp dalam keadaan mati. Ini ditujukan agar saat dinyalakan, konsumsi listrik tidak boros.
  • Periksa kondisi aki secara teratur. Ini untuk megetahui apakah ada kebocoran atau tidak. Jika kondisi aki prima maka pengendara juga akan bisa menikmati perjalanan yang lancar.
Yamaha Mio M3

*DP mulai dari

Salah satu sebab aki cepat soak adalah karena kendaraan bermotor hanya digunakan untuk jarak dekat saja. Saat dihidupkan, aki akan membutuhkan waktu untuk mengisi listrik dengan penuh.

Saat menempuh jarak dekat, bisa saja aki belum terisi penuh tapi perjalanan sudah selesai. Hal ini juga bisa jadi salah satu sebab aki jadi cepat soak. Karena itu usahakan untuk selalu memanasi motor secara maksimal sebelum menggunakannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *