Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Daftar Harga VW 2024, Banyak Promo Menarik!

by Tigor Sihombing
Daftar harga VW 2024 termasuk Tiguan All Space

Volkswagen (VW) adalah salah satu merek mobil yang kehadirannya di Indonesia memiliki sejarah panjang. VW di Indonesia hadir pada tahun 1950-an, ketika model VW Beetle pertama kali diimpor ke negara ini.

Model yang paling dikenal pada masa itu adalah VW Beetle, yang segera mendapat tempat istimewa di hati masyarakat Indonesia karena desainnya yang ikonik dan kemampuannya yang andal. Mobil ini dikenal dengan sebutan “VW Kodok” karena bentuknya yang menyerupai kodok.

VW Beetle menjadi simbol mobil yang ekonomis, tangguh, dan mudah perawatannya, sehingga banyak digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk pejabat pemerintah dan masyarakat umum.

Pada tahun 1970-an, Volkswagen memperluas kehadirannya di Indonesia dengan memperkenalkan beberapa model baru, termasuk VW Kombi, yang juga dikenal dengan nama “VW Combi”. Mobil ini sangat populer sebagai kendaraan keluarga dan juga digunakan untuk transportasi umum. VW Kombi terkenal karena ruangnya yang luas dan fleksibilitasnya untuk berbagai keperluan.

Selain itu, pada era ini, VW juga mulai memproduksi beberapa modelnya di Indonesia melalui perakitan lokal, yang dilakukan untuk mengurangi biaya impor dan menjadikan mobil VW lebih terjangkau bagi konsumen Indonesia.

Memasuki era 2000-an, Volkswagen semakin memperkokoh posisinya di pasar otomotif Indonesia. VW memperkenalkan berbagai model baru yang lebih modern dan canggih, seperti VW Golf, VW Polo, dan VW Tiguan.

Baca juga  Mitsubishi L100 EV Debut di IKN Sebagai Mobil Pos, Harga Rp 320 juta

Pada periode ini, Volkswagen juga mulai fokus pada kendaraan dengan teknologi ramah lingkungan, memperkenalkan mobil-mobil dengan mesin yang lebih efisien dan rendah emisi. Volkswagen Indonesia juga aktif dalam berbagai kegiatan pemasaran dan layanan purna jual untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun citra merek yang kuat di Indonesia.

Tidak Ada Varian Sedan

image720
Saat ini, VW Indonesia hanya menawarkan tiga model kendaraan: All New Tiguan Allspace, Golf GT, dan T-Cross, yang terdiri dari dua model SUV dan satu model hatchback.

Volkswagen berbeda dengan merek Jerman lainnya seperti Mercedes-Benz, BMW, dan Audi, VW di Indonesia tidak menawarkan model sedan dalam jajaran produknya. Hal ini menarik, mengingat mobil-mobil Eropa seringkali diidentikkan dengan kemewahan dan banyak diwakili oleh model sedan.

Saat ini, VW Indonesia hanya menawarkan tiga model kendaraan: All New Tiguan Allspace, Golf GT, dan T-Cross, yang terdiri dari dua model SUV dan satu model hatchback.

Padahal di pasar internasional, VW memiliki beberapa model sedan yang terkenal seperti VW Arteon dan Jetta, termasuk Jetta GLI. Namun, Ahmad Badawi, National Sales Manager PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen tunggal pemegang merek VW di Indonesia, menyatakan bahwa VW Indonesia belum memasukkan model sedan ke dalam pasar karena pasarnya yang kecil.

“Kita masih belum. Karena terus terang, kita perlu banyak pertimbangan karena marketnya VW sedan tidak banyak,” ujarnya. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan bahwa pangsa pasar sedan di Indonesia pada kuartal tiga 2023 hanya 1 persen untuk kategori wholesales (pabrik ke diler) dan 0,9 persen untuk kategori retail. Hal ini menunjukkan bahwa preferensi konsumen Indonesia lebih condong ke arah multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Baca juga  Fakta Chris Martin Malas Bawa Mobil dan Kendaraan Pertama Jonny Gitaris Coldplay

Selain itu, meskipun pangsa pasar sedan kecil, beberapa merek otomotif masih konsisten menawarkan model sedan dan berhasil meraih penjualan yang cukup baik. Merek-merek tersebut mayoritas berasal dari Eropa seperti BMW, Mercedes-Benz, Audi, dan Morris Garage (MG). Merek Jepang seperti Toyota, Honda, Lexus, Mazda, dan Subaru juga masih menawarkan sedan meskipun tren SUV terus meningkat.

Sementara itu, VW Indonesia fokus memperkenalkan model-model SUV dan hatchback yang lebih diminati konsumen lokal. Sebagai contoh, All New Tiguan Allspace, yang diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2023 lalu, menjadi salah satu produk unggulan VW di Indonesia.

SUV 7-seater ini merupakan produk rakitan dalam negeri yang dijual dengan harga Rp 854 juta OTR DKI Jakarta. Untuk lebih lengkapnya berikut update harga mobil Volkswagen per Mei 2024.

Berikut adalah daftar produk dan harganya:

  1. Volkswagen Golf 8 GTi Mobil
    • Harga: Rp 1.200.000.000
  2. Volkswagen Tiguan Allspace 1.4 TSI
    • Harga: Rp 854.000.000
  3. Volkswagen T-Cross
    • Harga: Rp 458.000.000

Promo Volkswagon 2024

volkswagen t cross color 244427
VW T-Cross, SUV kompak

Untuk menarik minat konsumen, VW Indonesia menggelar berbagai program promosi menarik di 2024. Salah satunya adalah program “beli mobil dapat mobil” bagi pembeli All New Tiguan Allspace. Program ini menawarkan kesempatan bagi setiap pembeli untuk mengikuti undian berhadiah VW T-Cross, SUV kompak yang dibanderol Rp 458 juta OTR DKI Jakarta.

Baca juga  NETA V-II Resmi Rakit Lokal di Indonesia, Siap Kejar Binguo

Selain itu, pembeli juga akan mendapatkan dua set pelek, 20 inci dan 18 inci, yang dapat dipilih sesuai keinginan. Ahmad Badawi menjelaskan bahwa program ini tidak memiliki syarat khusus, setiap pembeli otomatis terdaftar sebagai peserta undian.

Dengan strategi ini, VW Indonesia berharap dapat memperkuat kehadirannya di segmen SUV dan hatchback serta menarik lebih banyak konsumen di pasar otomotif Indonesia yang kompetitif.

Demikian ulasan Daftar Harga VW 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika