by

Ini Alasan Toyota Tak Bawa Fortuner Legender ke Indonesia

Toyota Fortuner facelift baru saja meluncur di Indonesia dengan mengusung sejumlah ubahan. Namun sayang, PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak turut memboyong Toyota Fortuner Legender ke Tanah Air.

Padahal bila mengacu pada pasar Thailand, Toyota Fortuner Legender jadi menjadi versi tertinggi. Dari sport utility vehicle (SUV) andalan Toyota tersebut.

Kehadiran Toyota Fortuner Legender untuk pasar domestik, tentunya bisa menjadi pilihan baru bagi masyarakat pecinta SUV di Indonesia. Sangat disayangkan, model ini tidak turut serta dijajakan di Tanah Air.

Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, pihaknya saat ini masih mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia, terkait model baru Fortuner Legender. TAM saat ini hanya menyediakan versi standar dan juga TRD Sportivo untuk pasar domestik.

“Saat ini, kami melihat respons konsumen dulu. Kalau memang bagus, kami pelajari untuk masuk Indonesia dengan mempertimbangkan beberapa hal, termasuk harga dan pilihannya,” ungkapnya.

Anton pun menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya belum melakukan perhitungan terkait harga secara detail untuk Toyota Fortuner Legender. Pasalnya, agen pemegang merek Toyota itu saat ini masih berfokus pada delapan varian yang baru saja diluncurkan.

Baca juga  Biaya Modifikasi Suzuki XL7 Adventure, Tembus Rp 100 Jutaan

“Kami belum lakukan perhitungan mendetail. Tapi kurang lebih akan di atas tipe TRD. Namun ini harus dibicarakan dulu, termasuk dengan prinsipal,” beber Anton.

Tak Bawa Toyota Fortuner Legender, TAM Andalkan Ubahan ‘Kosmetik’ saja

Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift Meluncur di Indonesia
Toyota Fortuner Legender tidak turut dibawa ke Indonesia

Ubahan Toyota Fortuner facelift hanya sebatas sentuhan kecil saja. Padahal Toyota Fortuner Legender menawarkan fitur yang lebih canggih.

Fortuner facelift seluruh sistem penerangan mengandalkan LED, baik lampu depan dan fog lamp. Begitu juga dengan lampu belakang mendapat model baru.

Hal yang baru ditemui pada Toyota Fortuner facelift terletak pada gril dan bumper yang kini terlihat lebih segar, serta pelek berdiamater 20 inci. Bagian atap dan spion diberikan sentuhan kelir hitam.

Tak hanya itu, kabinnya mendapat penyegaran berupa ambience light, wireless charging untuk smartphone, pengaturan AC digital, instrument cluster 4,2 inci, head unit layar sentuh 9 inci dengan koneksi Apple Car Play, serta spion dalam canggih.

Tak lupa, head unit tersebut sudah dilengkapi fitur NFC untuk membaca saldo uang elektronik, seperti yang tersedia juga di Corolla Cross. Khusus varian VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo juga telah memiliki power tailgate with kick sensor.

Baca juga  Suzuki XL7 Meluncur Februari? Kompetitor Xpander Cross

Nah, pembeda dengan Toyota Fortuner Legender, pada Fortuner facelift yang dijual di Indonesia. Belum disematkan fitur keamanan Toyota Safety Sense (TSS).

Fitur yang tersedia di Toyota Fortuner facelift hanya kamera 360 derajat, Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, dan Headway Monitoring Warning.

Berikut harga lengkap Toyota Fortuner Facelift 2020

  • 2.4 G M/T Diesel Rp 504.900.000
  • 2.4 G A/T Diesel Rp 522.600.000
  • 2.4 VRZ A/T Diesel Rp 553.400.000
  • 2.4 VRZ A/T Diesel TRD Rp 568.000.000
  • 2.7 SRZ A/T Bensin Rp 577.400.000 
  • 2.7 SRZ A/T Bensin TRD Rp 592.000.000
  • TRD 4×4 G A/T Diesel Rp 630.600.000
  • TRD 4×4 SRZ A/T Diesel Rp 704.500.000

Well.. kita tunggu bersama Toyota Fortuner Legender masuk ke Indonesia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru