Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga Mobil Listrik Esemka Bima EV, Bikin Kaget!

by Firdaus Ali
mobil baru iims 2023 - esemka bima ev

Harga mobil listrik Esemka Bima EV telah resmi dirilis pada perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Menariknya, mobil yang hangat menjadi perbincangan ini dijual dengan banderol yang tak murah, yaitu mencapai Rp 540 juta alias setengah miliar lebih.

Bisa dikatakan, harga Esemka Bima versi elektrik ini mahal, karena memang masih diimpor utuh dari Cina. Dengan kata lain, mobil listrik tersebut bukan diproduksi di Indonesia.

“Mobil ini masih CBU (impor utuh) dari Shineray Group di Cina. Nantinya ke depan kami akan produksi secara CKD di Boyolali. Untuk semua yang didisplay pada pameran IIMS 2023 ini sudah bisa dipesan dengan booking fee Rp 5 juta dengan inden 3 sampai 5 bulan,” ungkap Eddy Wirajaya selaku Presiden Direktur PT Solo Manufaktru Kreasi (16/2/2023).

Khusus untuk mobil listrik Esemka Bima EV, tersedia dalam dua varian: Passenger Van dan Cargo Van. Keduanya sama-sama memiliki dimensi yang cukup bongsor, dengan panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm. Adapun untuk jarak sumbu rodanya adalah 2.925 mm. N

Baca juga  Mobil Listrik BAIC Stone 01, Land Rover Defender dari Cina!

Sementara perbedaannya ada di dalam kabin. Esemka Bima EV Cargo hanya ada dua kursi dib agian depan, belakangnya kosong, karena memang peruntukannya untuk mengangkut barang. Lalu untuk Esemka Bima EV model Passenger jumlah kursinya bisa mencapai 11. Namun begitu ada pula pilihan jumlah kursi, bisa 5, 7 atau 9 kursi. Oh ya, berat kosong keduanya juga berbeda, Model cargo 1.431 kg dan model passenger 1.537 kg.

Bicara harga mobil Esemka Bima EV ini juga terbilang sangat mahal. Berikut daftarnya:

  • Esemka Bima EV Passenger Van: Rp 540.000.000
  • Esemka Bima EV Cargo Van: Rp 530.000.000

Spesifikasi Esemka Bima EV, Jarak Tempuh Hingga 300 Km

Harga mobil listrik Esemka Bima EV - interior

Interior Esemka Bima EV Passenger Van

Harga mobil Esemka Bima EV model passenger dan Cargo menyentuh setengah miliar. Bagaimana spesifikasinya?

Soal jantung pacu, kedua model mobil listrik Esemka ini juga sama. Yaitu menggunakan model motor penggerak TM4018 dengan tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang dikombinasikan dengan baterai jenis Temary Ion Lithium.

Baca juga  Spesifikasi DFSK Seres E1 Produksi Lokal 2023, Rival Wuling Air EV!

Baterai itu mempunyai power rata-rata 40 kW dan voltage 350.4 serta kapasitas baterai 49.1 kWh. Hasilnya, kombinasi baterai dan motor listrik tersebut diklaim mampu mengeluarkan power mencapai 75 kW dan torsi puncak di angka 165 Nm. Adapun untuk jarak tempuh maksimalnya mecapai 300 Km dengan kecepatan maksimal mencapai 100 km/jam.

Berbicara fitur, Esemka Bima EV Cargo dan Passenger sudah dilengkapi dengan Electric Vacum Boost, ABS+EBD, Electric Power Steering, Hill Start Assist, dan Pedestrian Tips. Kemudian ada pula Adjustable Head Projection lamp, Child Lock, AC single blower (Cargo) dan Double Blower (Passenger), Cigarette Lighter, Lampu Baca, Digital Panel Instrument, Portable Adapter Charging dan Central Lock.

Di Indonesia sendiri, kehadiran mobil listrik niaga dari Esemka ini berarti menantang eksistensi dari sang petahana yaitu DFSK Glory E. Keduanya sama-sama bisa menampung 11 orang, serta tersedia dalam model cargo.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga mobil listrik Esemka Bima EV yang ternyata sangat mahal. Di sisi lain, ini juga bukan produk Indoensia, melainkan diimpor utuh dari Cina. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Masuk ke Era Mobil Listrik? Tak Semulus yang Dibayangkan

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika