Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

11 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia, Toyota bZ4X Laku 1 Unit!

by Firdaus Ali
mobil terlaris di indonesia - toyota bz4x

Bicara mobil listrik terlaris di Indonesia, mungkin jawabannya sudah tertebak. Cari saja yang harganya paling murah, tentu Wuling Air EV.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil mini merek Cina tersebut mampu mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 8.053 unit sepanjang tahun 2022. Lalu untuk varian yang terlarisnya adalah Wuling Air EV Long Range, terjual 6.859 unit.

Larisnya Wuling Air EV ini bahkan mengungguli penjualan mobil Nissan secara total di tahun 2022 yang cuma 2.080 unit. Sayangnya, performa apik mobil listrik lima berlian tersebut tidak diimbangi oleh penjualan produk dengan sumber tenaga baterai atau battery electric vehicle (BEV) lainnya.

Di peringkat dua mobil listrik terlaris di Indonesia, ada Hyundai Ioniq 5 yang cuma laku 1.829 unit sepanjang tahun 2022. Kemudian nasib produk BEV lain lebih miris lagi. Sebut saja Lexus UX 300e dengan 127 unit, Mini Electric 32 unit, bahkan Toyota bZ4X cuma 1 unit. 

Meski Pemerintah terus mendorong penggunaan mobil listrik dengan berbagai regulasi, nyatanya permintaan mobil listrik masih sedikit atau 10 persen dari total penjualan mobil. Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto mengatakan, hal ini lantaran permintaan mobil listrik masih terbatas pada masyarakat yang mampu. Penyebabnya tidak lain, harga pasaran mobil listrik di pabrikan masih tergolong tinggi.

Baca juga  Mobil Konsep Mahasiswa Adu Inovasi di Mandalika, Hemat BBM 1.867,8 Km/Liter!

“Pasar mobil listrik dengan harga Rp 800 jutaan tak terlalu besar. Berdasarkan data Gaikindo, volume penjualan wholesales mobil listrik berbasis baterai di pasar domestik pada Desember 2022 berjumlah 2.404 unit. Angka tersebut menjadi capaian tertinggi sepanjang tahun. Jika diakumulasikan, total volume penjualan wholesales mobil listrik BEV di Indonesia periode Januari-Desember 2022 mencapai 10.327 unit,” terang Jongkie D Sudiarto.

Rencana Insentif Mobil Listrik Bisa Tingkatkan Penjualan

Permintaan mobil listrik masih sedikit

Tempat cas mobil listrik

Walau demikian, Gaikindo yakin penjualan mobil listrik akan terus menguat di tahun-tahun mendatang. Bukan tanpa alasan, saat ini pemerintah sedang menyiapkan kebijakan insentif untuk pembelian produk BEV. Kabar yang beredar, insentif untuk mobil listrik Rp 80 juta dan untuk mobil hybrid Rp 40 juta.

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, aturan insentif pembelian kendaraan bermotor listrik (KLBB) sudah dalam tahap finalisasi. Pembahasan mengenai insentif ini pun bahkan sudah pada tahapan tingkat pembicaraan dengan DPR.

“Jadi dalam hal ini untuk finalisasi antar pemerintah sudah sampai pada titik yang hampir final sudah didesain angkanya nanti berapa,” kata Sri Mulyani.

Baca juga  Daihatsu GranMax EV atau Vizion-F Hadir di GIIAS 2023, Harganya Murah?

Bendahara Negara itu mengatakan dalam aturan insentif yang akan diterbitkan melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nantinya akan ditentukan siapa yang akan menjadi kuasa pengguna anggaran dan menerima subsidi tersebut.

“Karena itu kan ada alokasi untuk tadi yang disebut untuk subsidinya dan tentu kita sebagai pengelola keuangan negara harus memberitahukan kepada DPR bahwa akan ada pos baru ini,” imbuh Sri Mulyani.

Jadi ketika harga mobil listrik sudah lebih murah, diharapkan semakin banyak masyarakat yang membelinya. Setidaknya itu sudah terpancar lewat lakunya Wuling Air EV di Indonesia. Kalau pun insentif tidak jadi, informasi yang kami dapat akan banyak mobil listrik Cina murah lain yang siap masuk Tanah Air, seperti DFSK Mini EV pada semester dua tahun 2023.

Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia (Januari-Desember 2022)

mobil listrik terlaris di indonesia - wuling air ev

Wuling Air EV jadi mobil listrik terlaris di Indonesia sepanjang 2022

Berikut kami beberkan daftar mobil listrik terlaris di Indonesia menurut data Gaikindo Januari hingga Desember tahun 2022. Totalnya ada 11 produk yang sudah terdistribusikan sepanjang 2022.

Baca juga  6 Mobil Listrik yang Meluncur di 2020 Untuk Indonesia

Dalam data ini, ada juga beberapa produk yang belum dijual, seperti Genesis G80 Electrified. Bisa jadi masuk ke data Gaikindo, lantaran mobil tersebut dipakai sebagai kendaraan operasional KTT G20. Kemudia terdapat Toyota C+POD yang kenyataaan tidak dijual bebas, cuma digunakan sebagai kendaraan untuk daerah wisata di Indonesia.

Kemudian mobil listrik BMW yaitu iX dan i4 juga tidak ada dalam daftar, padahal sudah dijual dan diklaim laris. Ternyata keduanya baru didistribusikan pada 2023. Agar tidak penasaran, berikut 11 mobil listrik terlaris di Indonesia:

  1. Wuling Air EV – 8.053 unit
  2. Ioniq 5 – 1.829 unit
  3. Genesis G80 – 134 unit
  4. Lexus UX 300e – 127 unit
  5. Nissan Leaf – 63 unit
  6. Ioniq EV – 45 unit
  7. Mini Electric – 32 unit
  8. 4. Kona EV – 20 unit
  9. Toyota C+POD – 12 unit
  10. DFSK Gelora E – 11 unit
  11. Toyota bZ4X – 1 unit 

Akankah dengan rencana Pemerintah memberikan subsidi atau insentif untuk kendaraan listrik akan mendongkrak populasi mobil listrik? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika