Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Toyota GR Corolla di Indonesia, Tembus Rp 1 Miliar?

by Tigor Sihombing
harga Toyota GR Corolla

Kira-kira berapa ya harga Toyota GR Corolla yang baaru saja memulai debutnya di GIIAS 2023? Apakah mobil ini akan dipasarkan dengan harga jual di atas Rp 1 miliar?

Hal tersebut cukup logis, mengingat Toyota GR Yaris selaku sang adik, harganya tembus Rp 800-900 juta. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandi mengatakan, jika dibandingkan dengan GR Yaris, maka GR Corolla bakal dijual di atasnya.

“Tapi untuk angka persisnya belum tahu. Karena kalau lihat negara-negara lain rata-rata di atas (GR Yaris). Kalau di atas iya, sebab GR Yaris waktu itu tidak salah Rp 800-an hampir Rp 900 juta,” kata Anton Jimmi.

GR Corolla mengaplikasi mesin turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TOYOTA GAZOO Racing (TGR), membuat unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini sanggup ditingkatkan kinerjanya sehingga menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm.

Performa tersebut sangat buas, terlebih bila dibandingkan GR Yaris. Sang adik hanya mampu memproduksi tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm.

Baca juga  Toyota EZDeal, Cicilan Raize Cuma Rp 2 Jutaan Per Bulan

Toyota GR Corolla juga mengusung sistem gerak 4WD yang menggunakan electronic multi-plate clutch, memberikan pembagian penggerak roda depan dan belakang dengan 3 pilihan rasio (Front:Rear), yaitu 60:40, 50:50, dan 30:70. Istimewa bukan?

Untuk mendukungnya, Torsen Slip Differential pada setiap as roda meningkatkan handling, traksi ban, dan mengoptimalkan distribusi torsi ke roda kiri dan kanan sesuai kondisi jalan dan driving style. Transmisi manual 6-speed iMT (Intelligent Manual Transmission) dengan short-shifter pintar menyajikan perpindahan gigi yang halus dan responsif sesuai putaran mesin.

Akselerasi GR Corolla 0-100 Km/Jam, Cuma 5,3 Detik

harga Toyota GR Corolla

GR Corolla di GIIAS 2023

Hasilnya, GR Corolla mencatat akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik dan top speed dibatasi pada 230 km/jam. Tersedia pilihan driving mode Normal, Eco, dan Sport yang bisa diatur sesuai keinginan pengemudi. Sistem pengereman menggunakan rem cakram ventilasi 18 inch di depan dan 16 inch di belakang pada velg alloy 18 inch. GR Suspension memastikan handling yang brilian sehingga pengemudi dapat bermanuver sesuai keinginannya dan tanpa keraguan.

Baca juga  7 Kekurangan Toyota Avanza Dibanding LMPV Kompetitor

Untuk fungsionalitas terbaik, GR Corolla mempertahankan layout klasik hatchback yakni lima pintu dan lima penumpang sehingga dapat dipakai untuk mobilitas sehari-hari tanpa perlu mereduksi performanya.

Selain menggunakan bahan aluminium untuk kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu, GR Corolla dilengkapi dengan panel atap Carbon Fibre Reinforced Panel (CFRP) yang dibentuk menggunakan metode compound moulding untuk mengurangi bobot kendaraan dan menurunkan center of gravity.

GR Corolla memiliki dimensi 4.407×1.851×1.479 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.640 mm. Jika disandingkan dengan GR Yaris dengan dimensi 3.995×1.805×1.460 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.558 mm, GR Corolla tampak jauh lebih besar untuk meningkatkan fungsionalitas, memperluas ruang kabin, dan menjaga kenyamanan penumpang. Alhasil, hatchback kencang ini tetap bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan harian yang membutuhkan mobil yang santun ala sleeper car.

Interior GR Corolla mengusung bahan soft touch yang sporty, dilengkapi dengan 12.3 inch Full TFT MID di balik kemudi dan 9 inch audio monitor di tengah. AC dual zone digital bersama parking brake dan tuas transmisi berbalut kulit, serta 4WD mode switch. Di atas leather steering wheel dengan logo GR, terdapat head up display (HUD) untuk memudahkan pemantauan indikator mobil. Pedal alumnium dan soket USB melengkapi fitur di dalam kabin GR Corolla.

Baca juga  Jenis-Jenis Toyota Kijang Kapsul, Mantan Mobil Sejuta Umat

Perangkat safety terdiri atas active safety feature Toyota Safety Sense (TSS), seat belt untuk 5 bangku, rem ABS+EBD+BA with Emergency Brake Signal, 6 airbags (D+P+Front Side+CSA+Knee), ISOFIX, dan Immobilizer. Fitur Hill Start Assist (HAS) dan Vehicle Stability Control (VSC) juga hadir sebagai standar bersama Parking Sensor.

Demikian ulasan harga Toyota GR Corolla dan spesifikasinya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika