oleh

Honda Civic eHEV Diperkenalkan di Eropa

Honda Civic eHEV telah rilis di Eropa pada akhir Maret 2022. Sesuai dengan akronim eHEV, mobil ini berpenggerak Hybrid.

Secara tampilan, Honda Civic eHEV masih tampak sporty dengan grill depan menyatu dengan lampu sipit full LED dengan DRL LED. Desain depannya juga mirip Civic RS yang rilis di Indoessia pada Oktober tahun lalu.

Tampak samping, sedan ini terlihat sangat simpel dan elegan dengan penggunaan pelek multipalang seperti bintang berukuran 17 inci dan terdapat aksen krom yang menghiasi di bagian bawah pintu.

Begitu juga dengan desain interiornya. Pada dasbor masih sama dengan Civic versi konvensional. Megacu keterangan  resmi yang dirilis pabrikan, ada perbedan pada model tuas transmisi kini menjadi tombol saja.

Sementara, head unit 10,2 inci yang terpasang sudah memiliki fitur Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk memanjakan kabin, head unit tersebut tersambung ke 12 speaker dari Bose Audio. Selain memanjakan, tidak lupa pihak pabrikan mengutamakan keselamatan dengan menyematkan 11 titik airbag.

Baca juga  5 Model Bodykit Honda Civic FD yang Paling Keren!

Bicara soal performa, mobil ini dibekali mesin 2.000 cc empat silinder Atkinson-cycle yang dikombinasikan dengan motor listrik berteknologi Inteligent Multi-Mode Drive (iMMD).

Jika digabungkan, Honda Civic eHEV memiliki keluaran tenaga hingga 183 hp dengan torsi 315 Nm yang disalurkan ke roda depan.

Untuk memenuhi standar keselamatan Eropa, Civic ini sudah dibekali dengan Honda Sensing dengan sistem bantuan pengemudi seperti Autonomus emergency braking.

Juga ada Adaptive cruise control with stop and go, lane centring assist, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, low-speed AEB dan semi-autonomous driving level 2.

Bicara soal harga sedan hybrid ini, pabrikan masih menyimpannya rapat. Tetapi, harga akan diumumkan saat penjualannya pertengahan tahun ini.

Di Indonesia, Masih Civic RS

Honda Civic eHEV
Honda Civic RS 2021

Sebelumnya di Indonesia juga telah rilis Civic RS. Mobil sedan anyar ini dijual dengan banderol Rp 567 juta (OTR Jakarta).

Harga tersebut sudah sesuai dengan kebijakan PPnBM terbaru berdasar emisi gas buang. Di mana pajak yang tadinya dikenakan 30 persen, kini bisa 15 persen saja. Walau demikian, ternyata peraturan pemerintah itu tidak membuat Civic generasi ke-11 lebih murah.

Baca juga  Honda CR-V Generasi Terbaru Tertangkap Kamera

Honda Prospect Motor (HPM) justru menjualnya lebih mahal Rp 34 jutaan dibanding Civic model lama yang dijual Rp 533 juta (OTR Jakarta). Menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy hal ini dikarenakan model terbaru tidaklah bisa dibandingkan dengan lawas.

Pasalnya dari sisi varian, kini Honda memasarkan varian tertinggi atau RS. Dari sisi fitur dan teknologi pun lebih baik.

“Pertama kali di Indonesia, Honda Civic mengusung emblem RS,” tutup Billy ketika peluncuran virtual Civic dan City terbaru di Indonesia kala itu.

Lalu pertanyaannya, kapan Honda Civic eHEV atau versi hybridnya hadir di Tanah Air. Menurut Yusak, konsumen harus sabar. Pasalnya Honda sesungguhnya punya banyak amunisi eHEV untuk lini produknya. Bukan cuma Civic, tapi juga City, CR-V, hingga HR-V.

Jadi bila salah satu datang ke Tanah Air, pasti semuanya juga ikutan berubah jadi hybrid. Mungkin paling cepat pada tahun depan atau akhir 2022! Kita tunggu saja!

Baca juga  Toyota C-HR Hybrid 2021 Meluncur, Semakin Canggih

Demikian ulasan terkait Honda Civic eHEV. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru