by

Honda Civic Generasi Ke-11, Parasnya Mirip Camry

Buat kamu yang penasaran dengan Civic turbo terbaru, mobil ini telah meluncur secara global. Honda Civic generasi ke-11 resmi diperkenalkan di Amerika Serikat pada akhir April 2021.

Sedan tersebut berubah total dibanding model sebelumnya, kini tampilannya semakin sederhana dan elegan. Aksen chrome di beberapa bagian bodi hilang, digantikan dengan warna hitam. Kemudian kap dan front fender dibuat lebih rendah.

Tidak kalah menarik adalah melihat paras Honda Civic generasi ke-11 yang kini menerapkan kisi-kisi udara bagian bawah berbentuk trapesium sama kaki. Kemudian grille pun dibuat tipis saja. Sekilas, desain seperti ini mengingatkan kita dengan kepunyaan Toyota Camry.

“Civic telah menjadi pilihan utama bagi pembeli mobil compact selama hampir 50 tahun dan Honda Civic generasi ke-11 ini hadir dengan gaya sederhana namun sporty pada bagian interior dan eksterior dengan fitur serta kinerja terbaik di kelasnya,” kata Executive Vice President of National Operations American Honda Motor Co., Inc., Dave Gardner seperti dikutip dari rilis resmi pada Jumat (30/4/2021)

Baca juga  Hyundai Ioniq dan Kona Electric Jadi Mobil Dinas Kang Emil

Fitur Kenyamanan di Interior Honda Civic Turbo Terbaru

honda civic generasi ke-11 - interior
Civic generasi ke-11 sudah dilengkapi teknologi Honda Sensing yang sangat canggih

Kesederhanaan juga hadir di interior Civic turbo terbaru. Dengan pendekatan Man-Maximum dan Machine-Minimum, menghasilkan kabin yang bersih dan modern. Di sisi lain visibilitas berkendara jadi luar biasa. Ciri khas lain adalah nilai ergonomis yang intuitif serta berfokus pada pengemudi.

Untuk pertama kalinya pada Honda Civic, ada panel instrumen digital warna-warni berukuran 10,2 inci untuk memberi berbagai informasi soal mobil ke pengendara. Tidak ketinggalan di varian tertinggi muncul pula head unit layar sentuh HD 9 inci dengan konektivitas Apple CarPlay & Android Auto.

Ada pula sistem audio Bose premium dengan 12 speaker agar pengemudi dan penumpang dapat menikmati dalam mendengar musik. Fitur-Fitur Honda Civic generasi ke-11 lainnya adalah wireless charging, serta Honda Sensing.

Menarik mengetahui kehadiran sistem keselamatan Honda Sensing di Civic turbo terbaru. Teknologinya semakin istimewa, karena sudah dilengkapi fitur tambahan seperti front wide-view camera, traffic jam assist, dan low speed braking control.

Baca juga  3 Produk Ini Dorong Penjualan Mobil Honda di November

Alhasil berkendara jadi lebih selamat dan rileks, pasalnya Honda Sensing anyar ini mampu membuat mobil melaju sendiri mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Bahkan ketika berada di kemacetan sekalipun Civic model 2022 tersebut tetap mampu secara otomatis mengatur pengereman dan gas secara otomatis.

Fitur keselamatan lain yang ada di adik Honda Accord tersebut adalah airbag samping di bangku belakang. Pertama kalinya, Civic mendapat fitur tersebut adalah di generasi terbaru ini.

Mesin Turbo Honda Civic Generasi Ke-11 Semakin Bertenaga

honda civic generasi ke-11 - tampak belakang
Honda Civic Turbo model 2022 punya performa mesin yang lebih buas

Bicara jantung mekanis Honda Civic generasi ke-11, tetap pakai mesin 1.5 liter turbo. Hanya saja performanya kini lebih buas. Ada penyempurnaan di bagian turbo dan tambahan teknologi VTEC di katup pembuangan.

Semua revisi tersebut membuat Honda Civic turbo terbaru mampu melontarkan torsi puncak 240 Nm pada 1.700 – 4.500 rpm dan tenaga maksimal 180 hp pada 6.000 rpm. Jantung mekanis itu dikombinasikan dengan transmisi CVT. Lalu untuk perpindahan gigi secara manual bisa pakai paddle shift.

Baca juga  Mengenal Hyundai Ioniq, Mobil Dinas Ridwan Kamil yang Ramah Lingkungan

Lalu kapan Honda Civic turbo model 2022 datang ke Indonesia? Sampai sekarang belum ada jawaban resmi dari Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek. Dengan begitu kita hanya bisa menunggu, Civic berparas mirip Camry ini untuk dipasarkan di Tanah Air!

Di Amerika sendiri, mobil sedan bermesin turbo ini belum dipasarkan. Walau demikian banyak media berspekulasi bahwa harganya akan tembus $29,295 atau setara Rp 423 juta untuk varian tertinggi.

Perlu diingat itulah harga Amerika, kalau masuk Indonesia tentu lebih mahal lagi. Sebagai pembanding, Honda Civic Turbo yang dijual saat ini di Indonesia, banderolnya sudah tembus Rp 533 juta (OTR Jakarta).

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru