Jumat, Maret 1, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Honda CR-V Turbo vs Hybrid 2023, Beda Signifikan!

by Tigor Sihombing
honda cr-v hybrid vs turbo 2023

Berikut kami beberkan perbedaan Honda CR-V Turbo vs Hybrid yang meluncur di GIIAS 2023. Ya, kini CR-V Gen-6 sudah dijual dalam teknologi hybrid untuk pasar Indonesia, hanya saja harganya tembus Rp 799,9 juta (OTR Jakarta).

Dengan banderol mahal, tentu kelebihan CR-V 2.0 e:HEV RS ini sangat banyak. Sebut saja di eksterior ada active shutter grille, roof rail, hingga RS aero kit. Kemudian masuk interior, tersedia 12 speaker BOSE, head-up display, hingga jok kulit dengan jahitan merah.

Bandingkan dengan CR-V 1.5 Turbo 2023 yang belum memiliki semuanya, namun bukan berarti tidak punya keunggulan. Salah satunya, varian ini memiliki konfigurasi 3 baris bangku di interior, sehingga 7-orang bisa muat. Ditambah lagi harganya lebih murah, cuma Rp 739,9 juta (OTR Jakarta).

Lalu dari keduanya mana yang harus dipilih? Berikut kami beberkan perbedaan Honda CR-V Turbo vs Hybrid 2023:

Persamaan Honda CR-V Hybrid RS Vs Turbo

honda cr-v turbo 2023 tidak punya roof rail

CR-V 1.5 Turbo masih dipasarkan oleh Honda

Sebelum bahas beda Honda CR-V Turbo vs Hybrid 2023, ada baiknya kita bahas kesamaannya dulu. Kedua mobil ini punya basis serupa dengan kode bodi RS.

Bila melihat eksterior, kesamaannya terletak pada penggunaan velg ukuran 19 inci, lampu sein LED sequential, panoramic sunroof, hingga bagasi dengan akses power tailgate with walk-away close.

Masuk ke interior, keduanya sudah pakai head unit 9 inci dan panel instrumen 10,2 inci TFT. Hadir pula fitur wireless charger baik di CR-V RS Hybrid dan Turbo.

Tidak ketinggalan, tersedia fitur Honda Connect untuk pertama kali. Ini merupakan teknologi konektivitas yang menghubungkan mobil dengan aplikasi di smartphone penggunanya. Jadi segala macam pengaturan dan informasi terkait mobil, bisa diakses lewat smartphone.

Baca juga  3 Kekurangan Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021

Hadir pula Honda Sensing untuk keselamatan. Di dalamnya terintegrasi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW),  Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB).

Kemudian soal sistem penggerak, CR-V 1.5 Turbo dan 2.0 e:HEV RS sama-sama mengandalkan roda depan (FWD). Padahal bila merujuk secara global, Honda memiliki penggerak AWD untuk CR-V Gen-6.

Beda Honda CR-V 1.5 Turbo Vs 2.0 e:HEV RS

1. Mesin Turbo dan Hybrid

Perbedaan Honda CR-V Turbo vs Hybrid

Mesin Hybrid CR-V RS

Honda CR-V 1.5 Turbo vs 2.0 e:HEV RS 2023 yang membedakan adalah mesinnya. Di mana untuk varian turbo masih memakai mesin CR-V lama yaitu peminum bensin 4-silinder 1.498 cc DOHC VTEC yang ditambahkan Turbo. Alhasil di atas kertas bisa menghasilkan tenaga impresif hingga 190 PS pada 6.100 rpm dan torsi puncak 240 Nm pada1.700-5.000 rpm.

Sementara itu, Honda CR-V Hybrid pakai mesin bensin 4-silinder 1.993 cc i-VTEC yang berkolaborasi dengan motor listrik (hybrid). Mesin bakar menghasilkan tenaga gabungan 207 PS dan torsi 335 Nm. Performa yang jauh lebih istimewa dibanding CR-V Turbo.

Lalu soal konsumsi BBM CR-V e:HEV juga diklaim sangat irit. Honda mengatakan bahwa SUV ini bisa menghemat bensin setara dengan mobil 1.200 cc atau Brio. Mantap bukan?

Baca juga  Honda Siapkan SUV Ringkas Terbaru, Rival Rocky-Raize?

2. Roof Rail dan Active Shutter Grille di CR-V RS Hybrid 2023 

WhatsApp Image 2023 08 15 at 15.36.36 1
Perbedaan CR-V Hybrid vs Turbo 2023 yang paling mencolok ada di eksterior. Khusus varian dengan teknologi e:HEV punya roof rail dan active shutter grille.

Fungsi roof rail sebagai dudukan untuk roof rack dan roof box bila ingin meletakkan barang bawaan di atap mobil. Honda mengklaim roof rail di CR-V RS Hybrid ini kuat untuk menahan beban hingga 70 Kg.

Lalu active shutter grille juga cuma ada di CR-V 2.0 e:HEV, tidak ada di varian turbo. Jadi grille mobil bisa buka tutup secara otomatis. fungsinya ketika membuka untuk mendinginkan mesin bensin 2.000 cc. Sementara kalau menutup, diklaim bisa meningkatkan aerodinamika.

Pembeda lain di eksterior CR-V 1.5 Turbo vs 2.0 e:HEV RS adalah kehadiran fog lamp belakang dan logo H dengan aksen biru di varian hybrid. Tidak ketinggalan, ada pilihan warna bodi khusus untuk CR-V Hybrid yaitu ignite red metallic (merah).

3. Interior 7-Seater Jadi Keunggulan CR-V Turbo

interior cr-v turbo 2023

Kelebihan CR-V Turbo dibanding hybrid, tersedia jok tiga baris, bisa muat 7-orang

Interior Honda CR-V Hybrid vs Turbo 2023 memiliki perbedaan yang mencolok. Varian e:HEV memiliki sentuhan elegan dengan warna hitam dan brushed aluminium. Lalu pelapis joknya pakai kulit sintetis dengan jahitan merah. Hadir pula sport pedal.

Ciri khas dari CR-V 2.0 e:HEV RS juga tampak lewat konfigurasi 2-baris bangku yang cuma bisa menampung 5-orang. Hal ini dikarenakan di bagian belakang mobil sudah terisi baterai, sehingga tidak muat untuk jok baris ketiga.

Baca juga  Hyundai Santa Fe Produksi Cikarang Siap Meluncur?

Keistimewaan CR-V RS juga sudah menggunakan sistem audio premium dengan 12 speaker BOSE. Alhasil mendengar musik di dalam kabin mobil ini terasa sangat istimewa. Ada pula head up display hingga mode berkendara eco, sport, dan econ.

Semua keistimewaan itu tidak dimiliki oleh interior Honda CR-V 1.5 Turbo yang cuma pakai 8-speaker. Lalu kabinnya pakai kombinasi warna hitam dan wood grain. Joknya juga hitam polos. Meski demikian, varian turbo bukan tanpa kelebihan. Salah satu yang membuatnya unggul adalah kehadiran 3-baris bangku sehingga bisa menampung 7-orang. 

4. Fitur Active Cornering Light dan Adaptive Driving Beam di CR-V Hybrid

kelebihan dan kekurangan honda cr-v hybrid 2023 - tampak depan

CR-V RS Hybrid memilik fitur lampu active cornering light dan adaptive driving beam

Walau CR-V Turbo punya Honda Sensing, tapi varian Hybrid punya tambahan teknologi yang lebih lengkap. Sebut saja di sistem pencahayaan dengan tambahan active cornering light untuk membantu visibilitas berkendara ketika menikung.

CR-V e:HEV juga punya adaptive driving beam yang bisa mengatur pendaran cahaya ke depan. Bila ada kendaraan lain yang melitas di depan, maka lampu akan meredup, begitu pula sebaliknya. Istimewa bukan?

5. CR-V RS Hybrid Tidak Punya Ban Cadangan

CR-V Turbo vs Hybrid 2023 - bagasi cr-v hybrid

Tyre repair kit yang Honda sediakan untuk menambal ban bocor di CR-V RS Hybrid

Terakhir yang jadi perbedaan Honda CR-V Turbo Vs Hybrid 2023 adalah kehadiran ban cadangan. Varian 2.0 e:HEV tidak memilikinya, lantaran ruang belakangnya diapkai oleh baterai. Alhasil Honda cuma menyediakan tyre repair kit bila ban mengalami kebocoran.

Sementara di CR-V Turbo, ban cadangan masih tersedia. Jadi, kamu mau pilih mana antara CR-V Turbo atau CR-V Hybrid? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika