Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

6 Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid 2023 dan Harganya!

by Tigor Sihombing
Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Harga dan Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport telah dirilis secara resmi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Sebagai informasi, ini merupakan mobil elektrifikasi dengan embel-embel GR Sport pertama di Tanah Air. Banderolnya lebih mahal Rp 100 jutaan dibanding varian hybrid standard.

Model ini pun melengkapi jajaran GR lainnya, yakni GR Yaris, GR Supra, GR 86, All New Agya GR Sport, Fortuner GR Sport, Rush GR Sport, Raize GR Sport, Hilux GR Sport dan Yaris GR Sport. Kelebihan dari Corolla Cross GR Sport, tidak hanya mengandalkan tampilan sporty, SUV ini juga mengupgrade suspensi yang membuat mobil ini lebih stabil di banding versi sebelumnya.

“Sebagai bentuk realisasi dari komitmen kami dalam menghadirkan Mobility for All, melalui kehadiran New Corolla Cross versi GR Sport yang telah dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi Hybrid EV ini, kami ingin menjawab kebutuhan mobilitas yang lebih luas khususnya bagi pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan yang mampu memberikan excitement lebih dengan tetap berpartisipasi aktif dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto.

Sebagai informasi, mobil 5 seater berdimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm ini  sudah bisa dipesan di booth Toyota. Mau tahu lebih detail soal harga dan spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport 2023 di Indonesia? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Eksterior Corolla Cross GR Sport

Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Eksterior Corolla Cross GR Sport Hybrid

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy berpendapat Corolla Cross Hybrid GR Sport merupakan produk yang menarik karena mengkombinasikan elektrifikasi dan fun to drive sehingga selain powerfull tapi juga efisien.

Baca juga  Harga Hyundai Palisade Facelift 2022, Setara Dua Fortuner!

Perubahan dari segi eksterior sangat besar walaupun bukan major change, tapi dilihat dari depan desainnya sangat sporty mulai dari lampu, bumper, dan grill ditambah ada pilihan warna two tone.

Kehadiran embel-embel GR Sport di Corolla Cross menjadikan eksteriornya berubah banyak. SUV hybrid tersebut punya GR package, termasuk bumper depan, grille depan, side skirts, bumper belakang, lampu belakang, hingga pelek 18 inch. Semua itu menjadikan tampilannya lebih gagah dan minim aksen chrome.

Soal warna eksterior, tersedia tiga opsi termasuk two tone: bodi putih & atap hitam.

2. Interior Corolla Cross GR Sport

Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Interior Toyota Corolla Cross GR Sport

Untuk interior, sayang saat peluncuran Toyota Corolla Cross GR Sport Hybrid pintu mobil tersebut masih terkunci. Tapi mengacu pada laman resmi TAM di interior, ada beberapa ubahan. Aura GR terpancar lewat warna piono black di dashboard. Tidak ketinggalan jok dan setir dengan jahitan silver. Head rest dan tombol engin start stop juga mendapat logo GR.

Bicara kapasitas kabin, tidak beda. Cuma muat menampung 5-orang dengan konfigurasi 2+3. Kemudian untuk membuat kabin terasa lebih lega, di langit-langit terdapat moonroof.

Untuk sistem hiburan, Toyota melengkapi Corolla Cross Hybrid dengan layar sentuh berukuran 9 inci. Head unit ini juga sudah memiliki konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto, serta wireless charging.

3. Mesin 1.800 cc Hybrid

spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Untuk sistem penggeraknya menggunakan Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak roda depan. Soal transmisinya, menggunakan CVT Direct.

Bicara spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport 2023 untuk mesin, tidak beda dibanding versi hybrid standard. Pakai mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 98 PS dan torsi 142,1 Nm. Mesin itu dikolaborasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 162,7 Nm.

Baca juga  Kia Sportage Terbaru Hadir di Jakarta Auto Week 2022

Kemudian untuk sistem penggeraknya, tidak berbeda, masih pakai Front Wheel Drive (FWD) atau penggerak roda depan. Soal transmisinya, menggunakan CVT Direct.

4. Pengaturan Suspensi Lebih Rigid

suspensi toyota corolla cross gr sport 001

Kaki-kaki varian GR Sport dibuat lebih stabil

Toyota Corolla Cross GR Sport juga engalami ubahan di bagian suspensi dan setirnya. Buat kaki-kaki, di depan pakai independent macpherson strut dengan stabilizer bar, serta tambahan coil spring dan shock absorber. Kemudian bagian belakang menggunakan masih menggunakan torsion beam dengan stabilizer bar, tapi lagi-lagi ada tambahan coil spring dan shock absorber.

“Pertama mobil ini lebih rigid lebih mudah dikontrol saat manuver. Suspensi tuning GR Sport yang dikombonasikan dengan power steering electronic yang lebih besar jadi handling dan manuver akan lebih baik lagi,” tambah Anton.

Kemudian untuk ubahan di setir Corolla Cross GR Sport ada di electric power steering (EPS). Ada sentuhan yang membuat EPS semakin sporty, sehingga lebih sesuai dengan kaki-kakinya dan menjadikan berkendara lebih asik.

5. Sudah Ada Toyota Safety Sense

spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Toyota Safety Sense hadir di Corolla Cross GR Sport 2023

Pada sistem keselamatan bantuan pengemudi, spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport sudah menggunakan Toyota Safety Sense (TSS). Di dalamnya terintegrasi All-speed Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracking Assist, Lane Departure Alert with Steering Assist, Pre-collision System, sampai Automatic High Beam.

Baca juga  Ini Hasil Uji Konsumsi BBM Honda BR-V Terbaru

Kehadiran TSS ini jadi kelebihan dari varian GR Sport. Pasalnya di Corolla Cross Hybrid Standard belum memilikinya.

6. Harga Toyota Corolla Cross GR Sport 2023

Spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport

Harga Corolla Cross GR Sport 2023 lebih mahal Rp 100 jutaan dibanding varian standard

Setelah tahu spesifikasinya, berapa harga Toyota Corolla Cross GR Sport untuk pasar Indonesia yang rilis di IIMS 2023?

Kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, konsumen sudah dapat melakukan pemesanan Corolla Cross Hybrid GR Sport, dengan pengiriman dilakukan mulai bulan ini (Februari 2023).

“Sudah kami pasarkan sekarang, tipe yang Hybrid GR Sport Rp 600,2,” jelas Anton.

Harga Toyota Corolla Cross GR Sport ini lebih mahal hampir Rp 100 jutaan dibanding varian hybrid standard yang dijual Rp 504,9 juta. Walau demikian, perbedaan eksterior, interior, dan fiturnya membuat jadi lebih ramah kantong.

Untuk semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bermobilitas, pada pameran otomotif bertaraf internasional ini Toyota melalui Total Mobility Solution juga menawarkan berbagi program layanan penjualan dan purna jual yang bisa memberikan benefit lebih besar kepada pelanggan Corolla Cross varian GR Sport. Ada layanan One Stop Solution TOSS (Toyota Official Store Solution), layanan kepemilikan melalui program EZ Deal and Spektakuler, layanan berbasis usership yaitu KINTO, serta layanan purna jual melalui T-CARE.

Demikian ulasan bocoran spesifikasi Toyota Corolla Cross GR Sport. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika