by

Honda Odyssey Setop Produksi Akhir 2021, Kabar dari Jepang

Kabar mengejutkan datang dari media Jepang, bahwa Honda Odyssey setop produksi di Negeri Sakura pada akhir 2021. Mobil MPV mewah tersebut disuntik mati, karena pabrikan berlogo H menutup pabriknya yang berlokasi di Sayama.

Oleh karena penutupan pabrik Sayama, bukan cuma Odyssey yang kena imbas. Berbagai model lain seperti Honda Legend dan Clarity pun siap disuntik mati.

“Honda memutuskan untuk menutup pabrik Sayama, yang merupakan pabrik besar di Jepang, ketika melakukan review atas sistem produksi global,” seperti dikutip dari laman Best Car Jepang pada Selasa (15/6).

Media Jepang lain yaitu Kuruma News, menyebutkan Clarity bakal disuntik mati lebih dulu tepatnya pada Agustus 2021. Sementara Legend dan Odyssey setop produksi pada Desember 2021.

Berhentinya produksi Clarity dan Legend mungkin tidak akan berakibat ke Indonesia. Hanya saja untuk Odyssey, tentu punya efek besar.

Sampai sekarang mobil MPV mewah tersebut masih dipasarkan di Tanah Air. Odyssey di Indonesia juga merupakan hasil impor dari Jepang.

Maka dari itu kalau produksinya di Negeri Sakura berhenti, maka kemungkinan setop pula penjualannya di sini. Walau demikian, belum ada informasi resmi dari Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Sienna, Alphard Kalah Mewah?

Perjalanan Honda Odyssey di Indonesia

Honda Odyssey setop produksi tahun 2021
Honda Odyssey facelift 2021 merupakan MPV Premium yang menjadi pesaing Toyota Alphard

Bicara rencana Honda Odyssey setop produksi, tentu membuat pecinta otomotif sedih. Pasalnya mobil MPV ini secara global sudah hadir dalam lima generasi sejak 1994 dan pantas disebut sebagai legenda.

Sepak terjang Odyssey di Tanah Air juga tidak singkat. Pasalnya mobil ini mulai dipasarkan tahun 2000-an. Awalnya lewat importir umum, namun kemudian dijual resmi oleh pemegang merek.

Kini Odyssey sudah masuk generasi kelima dan bersaing dengan Toyota Alphard di segmen MPV mewah Indonesia. Honda terakhir kali memberikan penyegaran untuk Odyssey pada Februari 2021.

Saat itulah meluncur, Odyssey versi facelift untuk generasi kelima. Ciri khasnya memiliki tampilan lebih mewah. Kemudian hadir pula teknologi Honda Sensing yang menjamin keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Odyssey facelift 2021 menggendong mesin 2.4 liter i-VTEC yang dikombinasikan transmisi CVT. Jantung mekanis itu bisa mengeluarkan torsi hingga 225 Nm dan tenaga maksimal 173 PS.

Bila kamu tertarik meminangnya, lakukanlah sebelum Honda Odyssey setop produksi pada akhir 2021 nanti. Sekarang harga mobil MPV rival Toyota Alphard ini mulai Rp 888 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Penjualan Turun, Honda Hentikan Aktivitas Produksi di Indonesia

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru