Friday, February 3, 2023
Banner

Hyundai Ioniq 5 dengan Fitur eCorner, Bisa Jalan Kepiting!

by Tigor Sihombing
Hyundai Ioniq 5 dengan fitur eCorner

Hyundai Ioniq 5 dengan fitur eCorner resmi diperkanalkan. Fitur ini unik, lantaran bisa membuat mobil berjalan menyamping seperti gaya jalan seekor kepiting.

Jika dilihat dari fungsinya, fitur ini memudahkan pengemudi untuk bermanuver di tempat sempit atau ruang yang terbatas. Misalnya sedang parkir paralel dengan ruang yang sempit, maka mobil harus maju mundur beberapa kali agar bisa masuk ke dalam ruas parkir. Maka dengan eCorner, segala keribetan itu tidak perlu terjadi.

Pasalnya Hyundai Ioniq 5 dengan fitur eCorner bisa langsung masuk parkir paralel, dengan bermanuver menyamping. Lebih mudah dan praktis bukan?

Selain itu fitur ini juga memungkinkan mobil bergerak ‘Zero Turn’. Artinya keempat roda bisa membentuk sudut dan berputar 360, tidak hanya mengandalkan roda depan. Fitur eCorner pada Hyundai Ioniq 5 juga bisa melakukan gerakan ‘Diagonal Driving’. Keempat roda akan berputar sekitar 30 derajat lalu bergerak dari sudut ke sudut, bisa jadi sudut kanan atas ke sudut kiri bawah selayaknya garis diagonal.

Gerakan berikutnya ‘Pivot Turn’. Di mana roda belakang berputar, sedangkan tumpuan putaran berada pada roda depan. Ini memudahkan untuk menggeser bokong mobil ke kiri atau ke kanan.

Baca juga  Kia Carnival vs Hyundai Staria, Siapa Lebih Mewah?

Fitur eCorner Belum Digunakan Massal

Hyundai Ioniq 5 dengan fitur eCorner

Berbagai gerakan fitur eCorner

Adapun teknologi terbaru ini sudah diluncurkan Hyundai Mobis (Mobility Beyond Integrated Solution) di ajang Consumer Electronic Show 2023 (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat di awal minggu tahun ini. Fitur itu membuat sistem kemudi Hyundai Ioniq 5 jadi menarik.

Mengutip laman Paultan, disebutkan sistem eCorner memang dirancang untuk kendaraan hybrid electric (HEV), battery electric (BEV), dan fuel cell electric (FCEV). Fitur ini berupa motor dalam roda yang juga mengintegrasikan teknologi rem dan kemudi dengan kabel serta peredam listrik ke dalam satu paket.

Setiap roda dapat berakselerasi, mengerem, dan menyetir secara mandiri, memungkinkan penggerak empat roda sejati yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kendaraan mulai dari SUV hingga mobil berukuran sedang dan kompak. Sayangnya fitur itu masih dalam bentuk konsep jadi tidak dijual bebas.

Dalam pameran tersebut Hyundai Mobis juga menampilkan M Vision HI, mobil konsep masa depan lainnya yang dirancang khusus untuk memberikan gambaran seperti apa waktu senggang di masa depan. Teknologi layar kaca M Vision HI, yang dapat digunakan untuk menonton film dan belanja online, diterapkan di keempat sisi kabin futuristiknya.

Baca juga  Bocoran Nissan Leaf Terbaru, Rilis Minggu Ini!

Cheon Jae-seung selaku kepala Institut Konvergensi Teknologi Masa Depan Hyundai Mobis mengakui, akan sulit menerapkan sistem eCorner di kendaraan yang diproduksi secara massal saat ini. Wlaau demikian, bukan tidak mungkin terjadi.

“Namun nilai produknya sangat tinggi, sehingga akan ada permintaan untuk teknologi ini. Hyundai Mobis akan terus mengembangkan teknologi yang relevan,” katanya dikutip Korean Herald, 9 Januari 2023.

Demikian ulasan Hyundai Ioniq 5 dengan fitur eCorner. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika