oleh

Isuzu MU-X 2021 Masuk Indonesia, Pakai Mesin 1.900 cc?

Buat kalian yang menanti All New Isuzu MU-X 2021 masuk Indonesia, ada kabar gembira. Mobil SUV diesel dengan 7-penumpang ini bakal meluncur pada 2021.

Informasi tersebut, kami peroleh dari petinggi PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dalam acara Media Gathering 2021. Peluncuran sendiri siap terlaksana pada semester dua tahun ini.

“Mudah-mudahan kami akan perkenalkan model ini (MU-X terbaru) sekitar akhir tahun,” beber Director IAMI, Rahmat Samulo ke rekan media secara virtual pada Rabu (10/02/2021).

Seperti apakah wujud All New Isuzu MU-X? Tidak sulit untuk menerkanya, lantaran mobil tersebut sudah meluncur lebih dulu di Thailand pada Oktober 2020.

Maka yang bakal datang ke Indonesia, kemungkinan tidak bakal berbeda jauh. Pasalnya IAMI tidak membuat rival Pajero Sport dan Toyota Fortuner itu di Tanah Air, melainkan impor langsung dari Thailand.

Kalau kamu penasaran dengan sosok dan spesifikasi Isuzu MU-X 2021 yang bakal meluncur di Indonesia, simak bahasan di bawah ini:

Pakai Mesin Diesel Blue Power?

all new isuzu mu-x 2021
Versi terbaru mobil SUV 7-penumpang ini sudah lebih dulu meluncur di Thailand

Jika merujuk ke spesifikasi yang ada di Thailand, maka All New Isuzu MU-X 2021 punya spesifikasi menarik dari sisi mesin. Jantung mekanisnya mengandalkan kapasitas tanggung, terlebih bila dibanding para kompetitor.

Baca juga  Bocoran Spesifikasi MG ZS, SUV Inggris Rasa Tiongkok!

Di atas kertas, ada dua pilihan mesin: 1.9 Ddi Blue Power Gen 2 dan 3.0 Ddi Blue Power. Keduanya telah memiliki teknologi common rail, turbo, serta DOHC dengan 16 katup.

Khusus mesin 1.9 Ddi Blue Power Gen 2, kapasitasnya cuma 1.898 cc. Torsi puncak yang bisa dihasilkan cuma 350 Nm pada 1.800-2.600 rpm dan tenaga maksimal 150 hp pada 3.600 rpm.

Bila dibandingkan dengan Toyota Fortuner dan Mitsubsihi Pajero Sport, performa mesin MU-X tidak terlalu istimewa. Wajar, lantaran kapasitasnya kalah besar. Para rival mengandalkan kubikasi 2.500 cc.

Walau begitu, mesin 1.9 Ddi Blue Power Gen 2 milik All New Isuzu MU-X lebih mengandalkan keiritan. Ada pula tambahan fitur idling stop/start system (ISS) yang bisa lebih menghemat konsumsi BBM. Cara kerja fitur ISS, menonaktifkan mesin secara otomatis saat mobil berhenti.

Jika ingin performa mobil SUV yang mantap, maka opsi mesin 3.0 Ddi Blue Power bisa dipakai. Kubikasinya mencapai 2.999, sanggup melontarkan torsi 450 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm dan tenaga 190 hp pada 3.600 rpm. Hadir pula opsi penggerak 4×4 di model ini.

Baca juga  Cara Kerja Fitur Eco Idle di Daihatsu Terios Terbaru 2021

Entah mesin apa yang nanti bakal dipakai All New Isuzu MU-X 2021 di Indonesia. Bisa jadi keduanya, salah satu, atau justru masih mengandalkan jantung mekanis 2.500 cc turbo diesel yang lama.

Fitur-Fitur Canggih di All New Isuzu MU-X 2021

Fitur-fitur Isuzu MU-X terbaru 2020
All New MU-X hadir dengan fitur ADAS untuk meningkatkan keselamatan berkendara

Sungguh All New Isuzu MU-X memiliki banayk fitur modern. Kalau melihat di Thailand, tersedia head unit layar sentuh 9 inci dengan konektivitas smartphone melalui Apple CarPlay dan Android Auto.

Bukan cuma itu, muncul pula AC Dual Zone digital. Joknya sudah dibalut kulit berteknologi Coolmax yang sangat nyaman untuk berkendara jarak jauh. Ada pula ambient light untuk meningkatkan kemewahan kabin.

Lebih menariknya lagi, Isuzu MU-X 2021 versi Thailand memiliki driver assistance system (ADAS) yang terhubung dua kamera, dua radar, dan 8 sensor. ADAS ini memungkinkan fitur seperti forward collision warning (FCW), automatic emergency braking (AEB), rear traffic control alert (RTCA), adaptive cruise control (ACC) bisa hadir.

Semua fitur yang disebutkan tadi merupakan teknologi keselamatan aktif. Gunanya tentu membuat rasa berkendara semakin nyaman serta menyenangkan.

Baca juga  Harga Daihatsu Rocky 1.200 cc, Mulai Rp 180 Jutaan

Persoalannya bila semua fitur modern tersebut diboyong ke All New Isuzu MU-X yang dijual di Indonesia, tentu banderolnya bakal sangat tinggi.

Sebagai informasi, di Thailand mobil ini memiliki banderol mulai 1,434,000 Baht atau setara Rp 670 jutaan untuk varian termewah dengan mesin 1.9 liter. Lalu untuk pilihan mesin 3.0 liter termahal dengan penggerak 4×4, banderolnya tembus 1.579.000 Baht atau setara Rp 738 jutaan.

Tertarik punya? Atau justru lebih memilih Fortuner dan Pajero? Pantau terus Moladin untuk mendapat informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif!

Terbaru