Kamis, April 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Jepang Nobatkan Honda Civic Type R dan e:HEV Car of The Year 2022-2023

by Tigor Sihombing
Honda Civic Type R dan e:HEV Car of The Year 2022

Jepang nobatkan Honda Civic Type R dan e:HEV Car of The Year 2022-2023. Kedua model sedan tersebut berhasil meraih penghargaan bergengsi yaitu Performance Car of the Year.

Penghargaan yang diraih oleh kedua model dari Honda Civic series ini merupakan yang pertama kalinya diraih oleh pabrikan mobil Jepang. Honda Civic e:HEV dan Honda Civic Type R dinilai sebagai sedan sport dengan dengan desain istimewa, bodi yang aerodinamis serta putaran mesin yang halus sehingga menghasilkan performa berkendara yang sangat baik.

Civic e:HEV diluncurkan di Jepang pada Juli 2022, merupakan model Honda Civic pertama yang dikembangkan dalam versi hybrid. Di mana mobil ini memadukan tenaga dari mesin injeksi segaris 2.0L dan juga tenaga yang berasal dari baterai.

Civic e:HEV adalah model hybrid canggih yang tetap mempertahankan performa dasar Civic yang luar biasa dimana mobil ini memberikan pengalaman yang menyenangkan saat dikendarai dan lebih ramah lingkungan.

Sementara Honda Civic Type R diluncurkan di Jepang pada September 2022 dimana mobil balap Honda ini dikembangkan dengan tujuan untuk mencapai performa sport tertinggi yang menggabungkan kecepatan serta kenikmatan berkendara.

Baca juga  Generasi Terbaru Toyota Vios Meluncur, Makin Canggih!

Untuk mendukung performanya, Honda telah menyempurnakan mesin VTEC Turbo untuk mencapai peningkatan dalam output dan torsi, serta rasa berkendara yang menyenangkan.

Tomoyuki Yamagami selaku Manager Development Civic Series Honda Motor Co., Ltd mengatakan, ”Civic e:HEV dikembangkan untuk memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan lebih ramah lingkungan. Sedangkan Civic TYPE R dikembangkan dengan tujuan untuk menjadi mobil sport FF terbaik. Pada tahun 2022 lalu, TYPE R juga merayakan hari jadinya yang ke-30. Kami merasa senang menerima penghargaan bergengsi ini, terima kasih banyak”.

Ajang penghargaan Japan Car of the Year merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Japan Car of the Year Executive Committee sebagai bentuk apresiasi terhadap industri otomotif roda empat di Jepang.

Spesifikasi Civic e:HEV dan Type R

Honda Civic Type R dan e:HEV Car of The Year 2022

Honda Civic Type R 2022

Bicara spesifikasi mesin, Honda Civic Type R 2023 mengusung mesin berkode K20C1 4 silinder DOHC turbocharged berkapasitas 1.996 cc. Di atas kertas bisa menghasilkan tenaga 315 hp pada 6.500 rpm dan torsi 420 Nm pada 2.600 – 4.000 rpm. Dengan kata lain, performanya meningkat sekitar 9 hp dan 1,6 Nm dibanding model sebelumnya.

Baca juga  Sedan Daihatsu Kembaran Vios, Siap Meluncur Tahun Ini?

Untuk mencapai performa istimewa itu, ubahannya cukup banyak. Salah satunya di bagian turbo charger, lalu ada pengaturan khusus di sistem pembakaran. Selain itu, gearboks juga dibuat dengan material lebih ringan.

Sedangkan Honda Civic e:HEV 2022 disokong sistem e:HEV full-hybrid dengan dua motor listrik, yakni motor generator dan motor drive serta mesin 2.0 liter DOHC Direct injection Atkinson Cycle 4-silinder segaris 16 valve.

Tenaga yang dihasilkan dari penggabungan antara motor listrik dengan mesin baru 2.000 cc nya tersebut dapat menghasilkan tenaga 184 PS pada 5.000-6.000 rpm dan torsi motor maksimum 315 Nm pada 2.000 rpm. Dengan tingkat efisiensi bahan bakar yang diklaim dapat menempuh jarak 25 km/liter, mobil ini untuk tingkat emisi CO2 hanya 96 gram/kilometer.
Demikian ulasan Honda Civic Type R dan e:HEV Car of The Year 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika