by

3 Kelebihan Honda PCX e:HEV, Si Motor Hybrid

Bicara motor hybrid, di Indonesia cuma ada satu yaitu Honda PCX e:HEV. Kuda besi ini sebenarnya hadir sudah sejak 2018. Hanya saja memang kurang mendapat sambutan yang baik dari konsumen.

Walau demikian, pabrikan berlogo sayap tidak patah semangat. Mereka terus mempertahankan penjualan PCX Hyrbid tersebut hingga sekarang. Bahkan pada awal Februari 2021, Honda memperkenalkan PCX e:HEV sebagai penerus PCX Hybrid.

Dari sisi performa, motor anyar tersebut jauh lebih banik dari versi lama. Fitur-fiturnya juga lebih istimewa. Otomtais harga Honda PCX e:HEV juga terdongkrak semakin mahal. Banderolnya mencapai Rp 43,55 juta (OTR Jakarta).

Dengan harga tinggi, setidaknya ada tiga keunggulan dari Honda PCX e:HEV? Berikut detailnya:

1. Performa Mesin Mantap

fitur-fitur honda pcx e:hev
Tarikan awal PCX e:HEV sungguh menjambak

Kelebihan Honda PCX e:HEV yang pertama adalah performa mesinnya mantap. Bagaimana tidak? Motor ini memiliki dua sumber tenaga: bahan bakar bensin dan baterai lithium-ion.

Mesin bensinnya serupa dengan PCX 160, mengandalkan kapasitas 156,9 cc, empat langkah, empat katup, dan eSP+. Jantung mekanis ini bisa melontarkan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 16 PS pada 8.500 rpm.

Baca juga  Honda CBR250RR Tricolor Indonesia Beda dengan Jepang

Lalu yang membuatnya istimewa, ada tambahan motor assist dengan sumber tenaga dari baterai lithium ion. Komponen itu bisa memberi tambahan torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm dan tenaga 1,9 PS pada 3.000 rpm.

Kombinasi keduanya mampu memberikan dorongan instan ke akselerasi Honda PCX e:HEV. Pengendara bisa merasa kehebatan performa ini ketika putar selongsong gas. Motor bakal melaju cepat seketika.

2. Fitur Riding Mode

kelebihan honda pcx e:hev
Tuas riding mode berada di kiri setang

Layaknya motor gede, Honda PCX e:HEV memiliki fitur riding mode. Pengendara jadi bisa menyesuaikan performa akselerasi dengan kebutuhan. Ada dua mode berkendara: normal (D) dan sport (S).

Khusus mode S, motor bakal mengeluarkan performa terbaiknya. Sementara mode D bisa dipakai untuk rasa berkendara yang lebih santai. Pilihan riding mode tersebut bisa digonta-ganti melalui tuas kecil yang ada di sebelah kanan setang.

Fitur-Fitur lain yang ada di Honda PCX 160 varian tertinggi juga dipunya PCX e:HEV. Sebut saja anti-lock braking system (ABS), Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau kendali traksi, serta rem cakram di kedua roda. Semua kelebihan tersebut membuat berkendara dengan motor hybrid dari pabrikan berlambang sayap semakin menyenangkan.

Baca juga  5 Rekomendasi Motor Terkencang di Kelas 150cc

Hadir pula fitur keyless yang modern, sehingga bisa mencegah maling. Keyless juga terintegrasi dengan alarm dan answer back system.

Terkait kapasitas penyimpanan, Honda PCX e:HEV memiliki bagasi di bawah jok seluas Yamaha Nmax 155. Di dalamnya bisa menyimpan barang hingga 24 liter. Helm full face muat di sana, sekaligus berbagai peralatan berkendara lain seperti jas hujan dan kain microfiber.

3. Tampil Beda

honda pcx e:hev
Kombinasi warna putih dan biru jadi pembeda PCX Hyrbid atau e:HEV

Kelebihan Honda PCX e:HEV yang terakhir, tampilannya beda. Desain memang mirip dengan PCX 160, namun pewarnaan motor hybrid ini cukup istimewa. Pakai kelir bertema horizon white.

Ciri khasnya bodi di dominasi cat putih. Hanya saja untuk bagian bodi bawah mendapat warna biru. Kelir ini juga hadir di lampu sebagai pembeda dengan PCX 160.

Dengan tampilan istimewa, tentunya ada rasa bangga ketika mengendarai Honda PCX e:HEV. Ditambah lagi ini merupakan motor hybrid satu-satunya yang dijual di Indonesia.

Setelah mengetahui kelebihan Honda PCX e:HEV, apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin! (LDR)

Baca juga  4 Kekurangan Yamaha Aerox 155 Connected, Fiturnya Disunat

Terbaru