Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N Dibanding Ioniq 5 Standar!

by Firdaus Ali
spesifikasi hyundai ioniq 5 n - eksterior tampak belakang

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa kelebihan Hyundai Ioniq 5 N yang telah resmi meluncur di Goodwood Festival of Speed pada Kamis (13/7/2023). Dengan huruf N hadir di belakang namanya, ubahannya sangat signifikan dibanding Ioniq 5 Standar.

Hyundai Ioniq 5 N merupakan mobil listrik pertama yang masuk ke dalam keluarga N Series. Seperti diketahui, bahwa N merupakan divisi mobil berperforma tinggi yang diproduksi oleh Hyundai. Jadi, jajaran produk yang mendapat label N adalah mobil yang mempunyai tenaga dahsyat.

Perbedaan paling jelas antara Ioniq 5 N vs Ioniq 5 standar adalah performa motor elektriknya kini bisa menghasilkan tenaga hingga 605 hp. Tenaga buas ini juga melebihi kemampuan dari Kia EV6 GT-Line selaku saudaranya. Kemudian hadir pula fitur-fitur yang menjadikan rasa berkendara semakin menyenangkan seperti N Active Sound +, N e-shift, dan N Launch Control.

Eksterior mobil listrik sport ini juga menyesuaikan performanya dengan bertransformasi lebih aerodinamis. Kemudian interior Ioniq 5 N pun berubah layaknya mobil balap dengan bucket seat dan berbagai tombol-tombol untuk pengendalian.

“Ioniq 5 N dikembangkan untuk membawa pengalaman berkendara baru yang lebih seru dengan teknologi terkini. Diawali Ioniq 5 N, Hyundai N akan terus menghadirkan pengalaman berkendara seru khas Hyundai N, baik di model bensin, elektrik, atau hidrogen. Untuk itu, kami terus mendengar aspirasi penggemar seri N untuk menyempurnakan model all-electric pertama Hyundai N dengan tujuan elektrifikasi semangat berkendara untuk para N-thusiasts,” kata Vice President and Head of N Brand and Motorsport Hyundai Motor Company, Till Wartenberg dalam rilis resminya.

Mau tahu lebih detail soal kelebihan Hyundai Ioniq 5 N dibanding Ioniq 5 Standar? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Desain Eksterior Lebih Sporty dengan Velg 21 Inch

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N

Desain eksterior sporty

Kelebihan pertama Hyundai Ioniq 5 N adalah tampilan desain eksterior yang sporty. Sekilas tampilannya mirip Ioniq 5 standar, tapi dengan aura khas mobil sport yang lebih kental.  

Pembedanya di Ioniq 5 N ada emblem N di bagian depan, kemudian terdapat air intake yang didesain menarik di bagian bumper yang ukurannya cukup lebar. Hal ini bertujuan agar sirkulasi angin bisa lebih optimal untuk menghindari panas baterai yang berlebihan. Maklum, mobil listrik berperforma tinggi ini tentunya membutuhkan kinerja baterai yang lebih keras dan tentunya akan cepat panas

Kemudian untuk bagian belakang juga disematkan spoiler serta desain bumper yang agresif untuk mendukung kesan aura sporty. Selain itu, velg yang diapkai lebih besar yaitu berukuran 21 inch dengan balutan ban Pirelli P-Zero berprofil 275/35 R21 Tidak lupa, ada aksen garis merah melingkar dibagian bawah bumper, body samping, dan bumper belakang khas Hyundai N.

Baca juga  Fiat 600 Siap Meluncur, Jeep Avenger Versi Imut-Imut!

Berbicara dimensi, Ioniq 5 N mempunyai panjang 4.715 mm, lebar 1.940 mm, tinggi 1.585 mm dan wheelbase 3.000 mm. Dibanding Ioniq 5 standar, dimensi ini lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih panjang 80 mm.

2. Jok Bucket Seat dan Setir Penuh Tombol Khas Hyundai N

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N

Jok bucket seat di Ioniq 5 N

Selain eksterior, desain interior Ioniq 5 N juga menyuguhkan aura sporty. Hal itu bisa dilihat dari jok bagian depan dengan model bucket seat. Ini merupakan jok yang benar-benar berbeda dibanding Ioniq 5 Standar.

Bagian bantalannya dibuat lebih empuk. Jadi, meskipun akselerasi lateral terjadi saat cornering tajam, jok mobil menyokong bagian atas dan bawah tubuh dengan kokoh untuk menjamin postur berkendara yang stabil di setiap saat. Jok Ioniq 5 N juga didesain 20 mm lebih rendah dibanding spesifikasi dasar untuk pengemudi, agar pengalaman berkendara terasa high performance.

Emblem N disusun di bagian depan dan belakang jok dengan lampu yang menyambut pengendara di bagian depan. Tema desain dua warna di jok depan juga diterapkan di bagian belakang.

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N juga terlihat di bagian setir. Lingkar kemudi ini mendapatkan desain baru yang menampilkan logo N untuk pertama kalinya. Kemudian ada banyak tombol-tombol untuk memaksimalkan pengalaman berkendara. Contohnya di arah jam 3, hadir tombol N Grin Boost yang bisa membuat performa meningkat secara instan jadi 650 hp.

Lalu di arah jam 9 ada tombol mode berkendara. Tidak ketinggalan di arah jam 8 dan 4 ada tombol N yang bisa mengatur performa mobil sesuai dengan kebutuhan. Istimewa bukan?

Pembeda lain antara Ioniq Ioniq 5 N dan Ioniq 5 Standar ada di konsol tengah yang lebih besar. Dioptimalkan untuk berkendara di lintasan balap dengan pelindung lutut dan tulang kering, serta sandaran lengannya bisa digeser.

Meski interior khas mobil sport, tapi Ioniq 5 N tetap memiliki kepraktisan khas mobil listrik harian. Sebut saja masih ada speaker BOSE, cup holder di konsol tengah, dan head unit layar sentuh untuk fitur hiburan.

Baca juga  Tes Akselerasi Hyundai Stargazer 0-100 Km/Jam, Lawan Xpander dan Veloz

Bahan ramah lingkungan juga digunakan untuk memproduksi interior Ioniq 5 N, sebut saja kertas hiasan untuk dekorasi pintu yang bisa didaur ulang, benang BIO PET dari tebu, benang PET dari botol PET yang didaur ulang, BIO TPO dari tebu, dan kulit yang diproses secara ramah lingkungan. Mobil listrik berperforma tinggi ini juga menambahkan pigment paint dari ban yang didaur ulang serta kain penutup jok poliester Alcantara hasil daur ulang.

3. Performa Buas Ioniq 5 N, Akselerasi 0-100 Km/Jam Cuma 3,4 Detik 

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N

Dengan N Grin Boost, Ioniq 5 N bisa menghadirkan tenaga instan 650 PS

Kelebihan lain dari Hyundai Ioniq 5 N tentunya performa dua motor elektriknya dan kapasitas baterai yang mencapai 84 kWh. Di atas kertas, motor elektrik bagian depan mampu mengeluarkan daya sebesar 166 kW atau 166 PS. Sementara untuk motor elektrik bagian belakang 282 kW atau 383 PS. Jadi, total keseluruhan output daya dari Ioniq 5 N adalah 609 PS.

Performa ini semakin istimewa dengan kehadiran teknologi N Grin Boost yang bisa menambah tenaga hingga 650 PS secara instan. Bila dibanding Ioniq 5 Standar dan Kia EV6 GT-Line, perfroma Ioniq 5 N jauh lebih buas. Alhasil untuk akselerasi dari 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 3,4 detik. Kemudian untuk kecepatan maksimumnya ada di angka 260 km/jam.

Untuk mendukung akselerasi dari dapur pacunya, Ioniq 5 N mengadopsi teknologi N Launch Control. Fungsinya mengoptimalkan akselerasi dengan torsi yang bisa menyesuaikan untuk performa terbaik.

Hyundai juga menyematkan teknologi pengereman yang mutakhir untuk bisa mengimbangi output Ioniq 5 N. Ada N tuned braking system, pengereman dengan performa tinggi dengan peningkatan kapasitas panas, dimensi cakram lebih besar, material yang lebih ringan, serta adanya 4 kaliper piston dibagian depanyang dipadukan dengan material bantalan gesekan yang berkualitas.

Tak hanya itu saja, ada teknologi N brake regen, teknologi yang dikembangkan secara khusus untuk pengereman yang efektif di Nurgburing Nordschleife. Hadir pula N pedal, fungsi perangkat lunak ini menggunakan teknologi yang mirip dengan sistem pengereman regeneratif i-Pedal yang meningkatkan putaran dan meningkatkan sensitivitas throttle. Selain itu, kekuatan sistem pengereman regeneratif juga telah ditingkatkan dan dapat menghasilkan gaya deselerasi sebesar 0,6 G.

Baca juga  Daftar Lokasi SPKLU di Wilayah Jakarta

4. Ada Fitur N Race dan N Battery Preconditioning

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N

Dilengkapi dengan fitur N Race dan N Battery Preconditioning

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N juga ada di teknologi baterainya. Ada N battery preconditioning, yaitu teknologi yang bisa mengatur temperatur suhu baterai menyesuaikan pilihan mode berkendara. Seperti contohnya saat mobil membutuhkan akselerasi yang responsif, maka suhu temperatur yang ideal adalah 30 sampai 40 derajat celcius. Kemudian, untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh dengan kecepatan sedang, temperatur suhu yang ideal adalah 20 sampai 30 derajat.

Selanjutnya ada fitur N race alias fitur berkendara. Di Ioniq 5 N ada 2 pilihan, pertama adalah mode sprint yang memprioritaskan tenaga dan torsi saat tarikan awal. Kemudian ada mode berkendara endurance. Yaitu mode berkendara yang ideal digunakan untuk perjalanan jauh yang tidak memerlukan akselerasi signifikan di tarikan awal.

5. Suara Knalpot N Active Sound + dan Perpindahan Gigi N e-shift 

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N

Suara knalpot artifisial di Ioniq 5 N bisa menirukan mesin jet

Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N dibanding Ioniq 5 Standar adalah kehadiran fitur N Active Sound + dan N e-shift yang menjadikannya punya rasa berkendara seperti mobil sport konvensional. Bagaimana tidak? 

N Active Sound + merupakan suara mesin dan knalpot artifisial yang dihadirkan oleh sistem 10-speaker (8 internal dan 2 eksternal). Alhasil pengemudi bisa tetap merasakan suara berisik mesin meraung dan knalpot racing, ketika mengendarai mobil listrik ini.

Fitur N Active Sound memiliki tiga tema suara: Ignition, Evolution, dan Supersonic. Khusus untuk mode Ignition, mampu membuat Ioniq 5 N menirukan mesin 2.0T Hyundai N. Lalu mode Evolution menirukan suara mobil high-performance RN22e. Sementara suara Supersonic menirukan suara yang terinspirasi mesin jet twin-engine dengan variasi volume saat cornering.

Kemudian yang juga menjadikan Ioniq 5 N istimewa adalah kehadiran N e-shift. Alhasil pengemudi bisa mendapat sensasi kendali atas daya dan perpindahan gigi. Fitur tersebut bahkan secara detail menirukan sistem perpindahan gigi di sistem transmisi 8-percepatan dual clutch, baik itu sentakan perpindahan giginya, hingga pengendalian output torsi.

Moladiners, itulah bahasan beberapa kelebihan Hyundai Ioniq 5 N dibanding Ioniq 5 Standar. Akankah nantinya bisa masuk ke Indonesia? Sepertinya konsumen harus bersabar, karena hingga sekarang, mobil listrik tersebut belum dijual. Kabarnya konsumen baru bisa meminangnya pada tahun 2024. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika