Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid untuk Lawan BMW X3

by Tigor Sihombing
kelebihan Mazda CX-60 Hybrid

Dengan harga Rp 1,18 miliaran, apa saja kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid? Ternyata ada banyak, bukan cuma fitur tapi kesenangan berkendara ala jinba-ittai juga hadir di SUV ini.

Maklum, Mazda memang mengincar segmen premium untuk CX-60. Kini kompetitornya bukan lagi merek-merek Jepang, melainkan mobil Eropa seperti BMW X3 dan Mercedes-Benz GLC.

Untuk bisa melawan mobil Eropa, CX-60 Hybrid menggunakan rangka baru bernama Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture yang memang dirancang dengan basis penggerak roda belakang. Lalu hadir mesin bkapasitas besar 3.300 cc turbo hybrid untuk membuat akselerasinya semakin istimewa.

Fitur-fiturnya juga modern, CX-60 2023 punya kelebihan seperti hadirnya penggerak semua roda atau all wheel drive i-Activ. Kemudian ada mode berkendara normal, sport, hingga offroad. 

CX-60 selaku Mazda termahal di Indonesia ini pun memiliki fitur automatic driving posistion untuk pengaturan jok dan setir pengemudi sesuai tinggi badan. Soal kenyamanan tersedia pula 12 speaker dari BOSE.

Di Indonesia, Mazda CX-60 Hybrid menawarkan dua varian untuk SUV terbarunya tersebut, yakni Elite dan Kuro. Perbedaan ada di tampilan, khusus untuk Elite punya desain elegan dengan eksterior beraksen chrome dan interior warna putih. Sementara varian Kuro lebih sporty dengan warna eksterior beraksen hitam, serta interior gelap.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid seharga Rp 1,18 miliaran tersebut? Simak bahasannya sampai habis:

1. Platform Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture

kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid

Platform Mazda CX-60 berbasis penggerak belakang

Mazda CX-60 Hybrid 2023 menggunakan platform terbaru yakni Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture. Platform tersebut mematangkan konsep Jinba-ittai yang membuat kenikmatan berkendara, dengan perasaan yang sepenuhnya menyatu dengan mobil.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Isuzu MU-X 2.5 Liter, Layak Dibeli?

Caranya dengan mengakomodasi mesin dengan penempatan memanjang alias longitudinal yang dapat digabungkan dengan beragam teknologi seperti system hibrida ringan atau M Hybrid. Peletakan mesin longitudinal di CX-60 membuat keseimbangan mobil lebih terjaga, hingga pengemudi bisa lebih mudah mengendalikan kendaraan, dalam situasi berkendara agresif sekalipun.

Platform baru ini pun memiliki basis penggerak roda belakang, walau CX-60 yang masuk Indonesia sudah dilengkapi all wheel drive (AWD). Di sisi lain, Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture Platform tersebut mampu mempertahankan postur tubuh pengemudi dan penumpangnya secara seimbang.

2. Mesin Terbesar dengan Teknologi Mild Hybrid

kelebihan Mazda CX-60 Hybrid

Mesin 3.300 cc turbo milik CX-60 Hybrid

Kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid lainnya adalah penggunaan mesin 3.300 cc, enam silinder segaris turbocharged yang dilengkapi teknologi mild hybrid atau M Hybrid Boost system. Teknologi elektrifikasi di SUV ini berfungsi membantu mesin saat akselerasi, efeknya turbolag jadi minimal, sekaligus menghemat bahan bakar.

Motor elektrik di mesin CX-60 Hybrid membantu mobil berkaslerasi di rentang beban ringan mulai dari idle hingga kecepatan rendah. Ini merupakan area, di mana mesin pembakaran internal dengan BBM paling tidak efisien.

Kemudian motor elektrik tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan yang menampilkan kopling, bukan konverter torsi. Hal ini menghasilkan transfer yang lebih langsung dari torsi mesin dan motor untuk memberikan perpindahan gigi yang cepat dan positif seperti halnya gearbox manual.

Di atas kertas, mesin bensin CX-60 bisa menghasilkan torsi puncak 450 Nm pada 2.000-3.500 rpm dan tenaga maksimal 284 PS pada 5.000-6.000 rpm. Kemudian untuk motor elektriknya sendiri, mampu mengeluarkan torsi puncak 153 Nm pada 200 rpm dan tenaga 17 PS pada 900 rpm. Istimewa bukan?

Baca juga  Mitsubishi Eclipse Cross PHEV Resmi Meluncur

3. Kontrol Postur Kinematik (KPC), i-Activ, dan Mi-Drive

kelebihan Mazda CX-60 Hybrid

Tampilan depan Mazda CX-60 Hybrid Kuro

Berikutnya, kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid berikutnya, sudah mengusung teknologi Kinematic Posture Control (KPC). Teknologi ini lebih mengedapankan kenyamanan berkendara dengan setingan khusus pada suspensi.

Tujuan KPC mereduksi guncangan untuk memberikan kenyamanan pada tubuh pengendara dan meredam body roll saat menikung dalam kecepatan tinggi. Fitur ini juga akan memonitor perbedaan kecepatan rotasi antara roda belakang untuk menghitung kinerja menikung yang sebenarnya secara real time.

Ada pula teknologi i-Activ penggerak AWD yang diaplikasi Mazda CX-60 terbaru ini. Fungsinya mengoptimalkan distribusi roda depan dan belakang, mengkontrol kinerja pengereman.

Teknologi i-Acvtiv juga dikombinasikan Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yang menawarkan mode berkendara Normal, Sport, dan Off-Road. Kontrol powertrain yang terintegrasi dengan serta sistem rem dan gerak roda AWD, berefek ke distribusi optimal ke roda sesuai medan yang dilewati.

4. Automatic Driving Position

kelebihan Mazda CX-60 Hybrid

Kokpit kemudi Mazda CX-60 Hybrid varian Elite

Nah yang paling menarik, kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid sudah dibekali juga dengan Automatic Driving Position. Fitur ini akan menyesuaikan settingan berkendara, mulai dari posisi duduk, setir spion yang secara personal ditampilkan untuk pengemudi.

Fitur tersebut mampu menampung hingga 200 memory posisi berkendara. Adapun cara mengaktifkan Automatic Driving Position di CX-60, pengemudi cukup duduk, merentangkan kaki, dan kamera akan mendeteksi posisi mata pengemudi. Kemudian sistem secara otomatis menyesuaikan posisi kursi, setir, Active Driving Display, dan kaca spion.

Baca juga  Penyakit Ford Everest yang Sering Dialami Konsumen

Ada pula fungsi pemulihan pengaturan otomatis, yang tersimpan dalam memori untuk mengganti preferensi dengan cepat hingga enam pengemudi. Selain itu, CX-60 juga memiliki sistem bantuan masuk/keluar pengemudi, sehingga secara otomatis menggeser kursi dan menggerakkan roda kemudi untuk mempermudah aksesk masuk dan keluar kabin.

“Sistem Personalisasi Pengemudi yang baru dikembangkan membawa upaya kami dalam kemudahan pengoperasian ke tingkat yang baru, membantu pengemudi dengan ukuran yang sangat berbeda untuk mendapatkan pengaturan kokpit yang ideal baik dari segi fisik maupun preferensi,” kata Managing Director dari PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio.

5. Sistem Audio dari BOSE

Kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid

Jok Mazda CX-60 terbaru dibalut nappa leather

Tidak hanya mengedepankan kekedapan kabin dan meredam getaran sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Kelebihan Mazda CX-60 Hybrid juga terasa lewat kualitas audio terbaik dengan teknologi Mazda Harmonic Acoustics untuk menciptakan pengalaman audio yang menakjubkan bagi semua orang.

Apalagi mobil ini juga disokong oleh 12 titik speaker dari brand kenamaan BOSE, yang sudah dilengkapi dengan Amplifier dan teknologi audiophile yang bekerja secara sinergis untuk menghasilkan suara yang detail dan berkualitas tinggi. Dengar musik di dalam kabin CX-60 bisa serasa menonton konser! Selain itu juga ada Master Sound Revive Noise Reduction (MSR NR), yang menghasilkan suara lebih clean.

Hadir pula panoramic sunroof untuk membuat kabin 5-orang di interiornya lebih terasa lega.

Demikian ulasan kelebihan Mazda CX-60 AWD Mild Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika