Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

3 Perbedaan Mazda CX-60 Hybrid Elite dan Kuro Seharga Rp 1 Miliar!

by Tigor Sihombing

Meski punya harga sama yaitu Rp 1,188 miliar, ternyata Mazda CX-60 varian Kuro lebih laris dibanding Elite untuk pasar Indonesia? Lalu apa sih perbedaan kedua varian SUV hybrid yang pertama kali penjualannya dilakukan di GIIAS 2023 tersebut?

Paling mudah mengetahui beda CX-60 Hybrid Elite dan Kuro 2023 adalah melihat eksterior dan interiornya. Khusus untuk varian Kuro, aura sporty lebih terasa lewat eksterior serba hitam yang terlihat dari velg, grille, hingga knalpot. Lalu interiornya juga pakai warna gelap. Sementara untuk CX-60 Elite 2023 punya kesan elegan dengan aksen chrome dan velg two tone di eksteriornya. Bicara interior, menggunakan warna-warna cerah.

“Customer preference, CX-60 Kuro itu sekitar 70 persen dan Elite 30 persen. Mungkin customer lebih nyaman dengan interior lebih gelap dan nuansa sporty itu berbanding lurus dengan Kuro,” kata kata Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI), Ricky Thio saat acara Media Test Drive Mazda CX-60 di Semarang, Jawa Tengah pada Rabu (19/10/2023).

Apakah pembeda keduanya cuma itu? Lalu adakah persamaan dari CX-60 Elite vs Kuro? Berikut pembahasan lengkapnya, agar kamu tidak salah pilih:

Persamaan Mazda CX-60 Hybrid Elite dan Kuro

Mazda CX-60 Elite dan Kuro 2023

Mazda CX-60 Hybrid Elite pakai velg two tone

Meski punya beberapa perbedaan, tapi Mazda CX-60 Hybrid Elite dan Kuro juga punya banyak persamaan. Sebut saja harganya yaitu Rp 1,188 miliar (OTR Jakarta).

Persamaan lain ada di performa mesinnya yang mengandalkan 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged yang sudah dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System). Ada pula i-Active All Wheel Drive (AWD) i-Activ yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak.

Baca juga  Penjualan Suzuki XL7 Hybrid, Kenapa Banyak Dibeli?

Fitur CX-60 Elite vs Kuro juga tidak ada beda. SUV Rp 1 miliaran ini punya Driver Personalization System, yang dapat secara otomatis mengatur posisi mengemudi hanya dengan memasukan data tinggi badan pengemudi. Selain bisa mengatur posisi kursi, setir, spion samping dan heads-up display, teknologi ini juga menyimpan preferensi pengemudi untuk suhu dalam kabin, pengaturan sound system, dan juga sistem keselamatan aktif i-Activsense.

Mazda CX-60 Hybrid Kuro dan Elite juga mendapatkan fitur Mazda Intelligent Drive Select (Mi-Drive) yaitu sistem yang mengganti mode berkendara tergantung pada kondisi mengemudi, kondisi jalan, dan kondisi kendaraan. Mode tersebut dapat dialihkan dari Normal ke Sport hingga Off-road yang dapat dipilih pengendara sesuai dengan kebutuhannya.

Mazda juga menyematkan Kinematic Posture Control (KPC) yang akan memberikan pengendaraan yang stabil serta meningkatkan kenyamanan selama berkendara. Mazda CX-60 2023 juga memiliki transmisi 8-speed automatic yang terbaru sehingga memberikan distribusi tenaga yang merata serta semakin meningkatkan pengalaman berkendaranya.

Mazda CX-60 Elite Vs Kuro, Apa Bedanya?

1. Aksen Chrome dan Grille

mazda cx-60 hybrid elite dan kuro 2023 - tampak depan

Mazda CX-60 Elite pakai aksen chrome dan bar type di grille depan

Bahas lebih detail perbedaan Mazda CX-60 Elite dan Kuro 2023, bisa kamu lihat dari eksteriornya. Varian Elite lebih beraura elegan sedangkan Kuro mengusung kesan sporty.

Ciri khas CX-60 Hybrid Elite ada di eksterior yang dilengkapi dengan aksen chrome mulai di grille depan atau signature wing, side signature, hingga rear bumper garnish. Grilee depan varian Eltie juga menggunakan gaya bar type. Hadir pula penggunaan velg 20 inch dengan desain diamond-cut dan warna two tone.

Baca juga  4 Masalah Mazda 2 Bekas, Teliti Sebelum Membeli

Sementara untuk Mazda CX-60 Kuro 2023, aksen hitam lebih banyak tersemat. Sebut saja velg 20-inch berwarna gloss black. Kemudian Aksen gelap atau dark chrome juga hadir di signature wing, side signature, dan rear bumper garnish. Tidak ketinggalan desain Grille Kuro pakai gaya honeycomb yang berbeda dengan Elite.

2. Pilihan Warna Bodi

mazda cx-60 warna biru

CX-60 Kuro tersedia dalam warna bodi biru dan ini jadi yang terlaris di Indonesia

Perbedaan Mazda CX-60 Hybrid Kuro Vs Elite 2023 juga tampak lewat pilihan warna bodi. Khusus untuk varian Elite kental dengan cat monochrome yaitu: Rhodium White Metallic, Machine Grey Metallic, Platinum Quartz Metallic, dan Jet Black Mica.

Bandingkan dengan CX-60 varian Kuro yang lebih warna-warni: Rhodium White Metallic, Soul Red Crystal Metallic, dan Deep Crystal Blue Mica. Istimewanya lagi, Mazda mengatakan bahwa konsumen Indonesia paling banyak meminang CX-60 varian Kuro dengan prosentasi mencapai 70 persen. Kemudian untuk pilihan warnanya adalah Deep Crystal Blue Mica, bukan Soul Red Crystal Metallic selaku hero colour.

“Konsumen kami 70 persen membeli Mazda CX-60 varian Kuro dan 70 persen di antaranya memilih warna Deep Crystal Blue Mica. Sehingga, Mazda mulai dari generasi CX-60 ini mulai bergeser dari warna Soul Red Crystal,” kata Ricky Thio.

Baca juga  4 Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2023, Cuma Mild Hybrid!

Alasan lain yang paling logis, Mazda CX-60 Kuro warna biru (deep crystal blue) lebih laku karena harganya terjangkau. Pasalnya kalau konsumen membeli warna lain yaitu merah (soul red crystal) atau putih (rhodium white metallic) yang masuk kategori premium colour bakal kena tambahan biaya Rp 4 juta. Begitu juga di CX-60 Elite di mana premium colour seperti putih (rhodium white metallic) dan abu-abu (machine grey metallic) juga dikenakan harga lebih mahal Rp juta.

3. Tema Interior

penjualan cx-60 - interior varian kuro

Ciri khas interior Mazda CX-60 Kuro menggunakan warna gelap

Meski punya harga jual yang sama, baik Mazda CX-60 Hybrid Elite dan Kuro memiliki perbedaan karakter yang signifikan di interior. Seperti yang disebutkan sebelumnya, varian Elite lebih beraura elegan.

“All-New Mazda CX-60 Elite lebih ke urban dengan aura yang elegant. Interiornya fokus keindahan kain tenun, memberikan gradasi saat terkena cahaya, denggan pola jahitan menggantung,” kata Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, Ricky Thio di Jakarta.

Pada interior CX-60 Elite 2023 menggunakan material Pure White Nappa Leather yang dikombinasikan Maple wood trim with woven fabric trim. Ada pula jahitan khas Jepang yaitu Kakenui. Jadi, Mazda mau menonjolkan warna-warna cerah di varian Elite ini.

Sementara itu interior Mazda CX-60 Kuro lebih sporty. Walau sama-sama pakai Nappa Leather di jok, tapi warnanya tan atau cokelat. Kemudian di beberapa bagian kabin, pakai kombinasi material suede.

Demikian ulasan terkait perbedaan Mazda CX-60 Hybrid Elite dan Kuro 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika