Friday, February 3, 2023
Banner

Kia Carnival Hybrid Siap Produksi 2023, Alphard Waspadalah!

by Firdaus Ali
Kia Carnival Hybrid

Kia Carnival Hybrid siap diproduksi tahun 2023 di Sohari Plant, Korea Selatan. Menariknya, selain dikabarkan bermesin hybrid, tampilan mobil bongsor ini juga mendapat penyegaran. Toyota Alphard jelas harus waspada!

Dikutip dari laman The Korean Car Blog, Kia Carnival terbaru akan berbagi sistem hibrida dengan Kia Sorento Hybrid. Oleh karenanya, kemungkinan mesin yang dipakai adalah 1.6 Turbo GDi. Di atas kertas bisa melontarkan tenaga maksimal 180 hp. Padanannya adalah motor elektrik, sehingga total tenaganya bisa tembus 230 hp. Istimewa bukan?

Soal tampilan eksterior, terlihat penampakan yang diduga kuat sebagai Kia Carnival hybrid tersebut mendapat ubahan di bagian depan dan belakang. Walau fotonya masih tertutup kain hitam, tapi siluet sosok mobil ini terlihat jelas. Lampu depannya ketahuan berubah jadi mirip kepunyaan Kia EV9, yang sangat Berbeda dengan lampu depan Carnival saat ini. Lampu depan Carnival terbaru ini tampak diposisikan secara vertikal.

Sayangnya, untuk bagian belakang penampakan Kia Carnival terbaru ini tidak terlihat dari spy shot. Namun begitu, ubahan bagian depan umumnya akan mempengaruhi tampilan belakangnya. Dan bukan tidak mungkin akan hadir lebih agresif dari Carnival yang saat ini beredar.

Baca juga  Wuling Luncurkan Formo S, Harganya Murah Banget!

Bicara soal peluncurannya, Kia Carnival Hybrid siap meluncur di Korea pada 2023, lalu bagaimana dengan Indonesia? Umumnya Tanah Air akan kebagian unit belakangan, bisa jadi pada 2023 akhir atau 2024.

Berapa harga Kia Carnival Hybrid saat nanti masuk Indonesia? Tentunya akan lebih mahal dibanding model lamanya. Walau belum dijual resmi, sesungguhnya kita bisa melakukan prediksi.

Apalagi bocoran yang didapat adalah basisnya menggunakan Sorento Hybrid. Di mana mobil tersebut sudah bisa dipesan di Indonesia dengan kisaran harga Rp 968 jutaan. Jadi kalau pun Kia Carnival Hybrid masuk Indonesia, banderolnya tidak jauh dari situ. Paling mahal sekitar Rp 1 miliaran.

Versi Kia Carnival EV Sedang Digarap

kia carnival hybrid 2023 - mesin

Mesin Hybrid yang dipakai Kia Carnival terbaru mengambil basis dari milik Sorento

Kemudian yang juga menarik bukan cuma kabar kehadiran Kia Carnival 2023 dengan mesin hybrid, merek mobil asal Korea Selatan itu sedang mempersiapkan Carnival EV. Dengan kata lain, mesin bensin konvensional akan benar-benar digantikan dengan baterai dan motor elektrik seutuhnya.

Baca juga  Plus Minus Kia Seltos Diesel, Layak Beli?

Jika benar, tentu ini gebrakan menarik dari Kia. Setidaknya hal tersebut bisa menjadi pilihan konsumen di masa depan yang mau menggunakan mobil elektrifikasi penuh.

Bocoran lain, kalau Kia Carnival saja sudah memiliki teknologi hibrida dan ke depannya EV, maka Hyundai Staria kemungkinan mengikuti. Bagaimana tidak? Carnival dan Staria merupakan saudara kembar. Jadi siap-siap saja, kehadiran keduanya untuk meramaikan pasar otomotif.

Kia Carnival di Indonesia

Kia Carnival Hybrid

Kia Carnival di Indonesia

Bicara soal Kia Carnival hybrid, itu adalah masa depan. Pasalnya produknya belum benar-benar dijual. Di Indonesia sendiri saat ini Kia masih menjual Carnival yang mengusung mesin diesel Smartstream 2.2L CRDI, DOHC dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin peminum solar tersebut diklaim bisa melontarkan tenaga 202 PS pada 3.800 rpm serta torsi puncak 441 Nm pada putaran mesin 1.750-2.750 rpm.

Dimensi Kia Carnival yang saat ini mengaspal di Indonesia tergolong bongsor. Yaitu mempunyai dimensi panjang 5.115 mm, lebar 1.995 mm, dan tinggi 1.775 mm. Alhasil, mobil MPV asal Negeri Ginseng ini mampu menampung 11 penumpang. Kapasitasnya memang bisa memuat untuk 11 orang, namun kursi paling belakang idealnya ditempati oleh anak-anak karena legroomnya terbatas.

Baca juga  Sejarah Toyota Alphard di Indonesia, Sudah 3 Generasi!

Namun begitu, jika penumpang hanya 8 orang, maka kursi baris belakang bisa dilipat untuk menambah kapasitas bagasi barang bawaan.

Soal fitur, Kia Carnival yang ada di Indonesia sudah dilengkapi dengan ADAS (Advance Driver Assistant System). Dimana fitur ADAS tersebut sudah terintegrasi dengan fitur Smart Cruise Control yang menjaga kecepatan kendaraan secara adaptif, Lane Follow Assist dan Lane Keep Assist yang memonitor kendaraan agar tetap pada jalurnya.

Di samping itu, fitur ADAS yang terdapat pada Kia Carnival juga menyediakan layanan lain seperti Forward Collision-Avoidance Assist dan Blind Spot Collision Avoidance Assist. Dan untuk kenyamanan penumpang, telah tersemat speaker premium merek Bose yang ada dibeberapa titik kabin interior.

moladiners, itulah ulasan mengenai Kia Carnival Hybrid yang siap diproduksi tahun 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika