by

Lamborghini Countach LPI 800-4, Bangkit Dari Kubur!

Menarik mengetahui Lamborghini Countach LPI 800-4 meluncur di Monterey Carweek, Amerika Serikat pada pertengahan Agustus 2021. Siapa tidak kenal nama Countach?

Ini merupakan super car yang pertama kali hadir pada 1970-an. Kemudian sempat berhenti produksi pada 1990.

Sekarang dalam rangka 50th Anniversary Countach, mobil tersebut bangkit dari kubur. Lamborghini Countach LPI 800-4 muncul dan hanya diproduksi 112 unit.

“Countach merupakan salah satu ikon otomotif yang paling penting, tidak hanya mewujdukan desain dan teknologi dari Lamborghini, tapi juga merepresentasikan filosofi kami dalam hal melampaui batas, mencapai sesuatu yang diluar harapan, istimewa, dan yang lebih penting menggapai mimpi,” beber Automobili Lamborghini President and CEO, Stephan Winkelmann dalam rilis resmi.

Keistimewaan lain, desain khas mengotak ala Countach jadul (LP 500 dan LP 400) diterapkan ke model barunya. Plus penggunaan buntut yang agak tinggi. Serta lampu depan yang bergaya kotak masih menjadi identitas.

“Countach pertama dibentuk dari DNA desain Lamborghini yang tidak seperti mobil lain, Countach terbaru menerjemahkannya secara tidak biasa dan memiliki karakter masa depan,” kata Head of Lamborghini Centro Stile, Mitja Borkert.

Baca juga  Lamborghini Huracan EVO AWD Dijual, Berapa Harganya?

Performa Mesin Hybrid V12

Lamborghini Countach LPI 800-4
Konfigurasi mesin V12 tetap dipertahankan, tapi kini pakai kombinasi teknologi hybrid

Layaknya Countach di masa lalu yang pakai mesin V12 yang begitu istimewa di zamannya, bahkan menjadi salah satu kebanggan Lamborghini. Maka versi terbarunya juga menggunakan konfigurasi yang sama, hanya saja kini ada teknologi hybrid yang menyertai.

“Semangat itu membuat Lamborghini R&D, menghasilkan pioner teknologi hybrid di LPI 800-4, dan rasa berkendara penuh emosi dan performa puncak yang sesuai dengan mesin V12 Lamborghini,” kata Lamborghini Chief Technology Officer, Maurizio Reggiani.

Bicara mesin, Lamborghini Countach LPI 800-4 menggunakan konfigurasi V12 6.5-liter yang dikombinasikan dengan 48 volt e-motor. Jantung mekanis tersebut bisa melontarkan tenaga 770 hp. Sementara e-motor sanggup menyemburkan 34 hp tambahan.

Ada pula rangka monocoque yang dikombinasikan panel bodi carbon fiber. Alhasil menjadikan bobot mobil begitu ringan. Di atas kertas, cuma 1.595 Kg. Semua itu menjadikan Lamborghini Countach LPI 800-4 memiliki power to wight ratio terbaik.

Klaim Lamborghini, performanya saat diajak berlari 0-100 Km/jam bisa ditebus dalam 2,8 detik. Kemudian untuk kecepatan maksimal 355 Km/jam.

Baca juga  Lamborghini Aventador V12 LP 780-4 Ultimae, Edisi Terakhir!

Soal kaki-kaki, Countach terbaru pakai ban dari Pirelli P Zero Corsa. Lalu peleknya bergaya telephone khas 80-an, dengan ukuran 20 inci di depan dan 21 inci di belakang.

Di samping performa mantap, Lamborghini Countach LPI 800-4 juga punya berbagai komponen istimewa. Sebut saja layar sentuh 8,4 inci HDMI yang bisa tekoneksi Apple CarPlay.

Kemudian untuk pilihan warna bodinya, tersedia beberapa: impact white, giallo countach, dan verde medio. Tertarik punya?

Lamborghini Countach LPI 800-4 dijual dengan harga $2,64 juta atau setara Rp 3,8 miliar. Pembeli super car ini, akan mendapatkan unit pada kuartal pertama 2022.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru