oleh

Land Cruiser 300 Sudah Ditowing, Kapan Diluncurkan?

Beberapa hari lalu tangkapan gambar dari akun sosial media @mas_senyum memuat Land Cruiser 300 sudah ditowing berbedar. Hal tersebut tentunya membuat jagad raya otomotif heboh karena pihak Toyota Astra Motor belum merilisnya secara resmi.

Kemunculan Land Cruiser ini memang sebenarnya sudah diprediksi banyak pecinta otomotif di Indonesia, sebab mobil dengan segmen SUV premium ini sudah melakukan debutnya secara global. Ditambah untuk di Indonesia sudah 14 tahun belum berganti model.

Meski demikian, beberapa importir umum (IU) telah mendatangkan mobil SUV premium ini ke Indonesia. Bahkan beberapa sudah didistribusikan ke konsumen, seperti yang terlihat dalam tangkapan gambar Land Cruiser di atas mobil towing beberapa hari yang lalu.

“Land Cruiser secara global memang sudah diluncurkan, ada potensi untuk memboyongnya ke Indonesia. Apalagi sudah 14 tahun belum berganti model dan animonya cukup bagus,” terang Anton Jimmi Suwandi selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), beberapa waktu lalu.

Pernyataan dari pihak TAM tersebut semakin dikuatkan dengan adanya Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Toyota Land Cruiser 300 masuk dalam lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021.

Baca juga  Awal 2022, Harga All New Honda BR-V Naik!

Tercantum tiga model Toyota Land Cruiser 300 yang akan hadir di Indonesia, yakni LC 300 GR-S 4X4 A/T memiliki NJKB Rp 2,280 miliar, LC 300 VX 4X4 A/T punya NJKB Rp 1,663 miliar, dan LC 300 ZX 4X4 A/T NJKB sebesar Rp 1,920 miliar.

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300

land cruiser 300
Toyota Land Cruiser 2022

Toyota Land Cruiser 300 mengadopsi mesin V6 menggantikan mesin V8 generasi sebelumnya. Mesin V6 tersebut ditawarkan dengan dua pilihan, pertama mesin bensin V6 twin-turbo Dynamic Force berkapasitas 3.500 cc yang diklaim menghasilkan tenaga 415 dk dan torsi 650 Nm.

Kedua mesin diesel V6 twin-turbo berkapasitas 3.300 cc diklaim sanggup memuntahkan tenaga maksimal 309 dk dan torsi 700 Nm. Kedua pilihan mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis Direct-Shift 10-percepatan ke semua roda.

Soal fitur keselamatan, Toyota Land Cruiser 300 sudah disematkan Toyota Safety Sense dengan dua fungsi pre-collision yang membantu menghindari kecelakaan pejalan kaki dan pesepeda.

Selain itu, untuk mendukung kemampuan off-road Land Cruiser 300, mobil ini sudah dibekali fitur-fitur terbaru seperti Multi-Terrain Monitor dan Multi-Terrain Select. Kemudian ada juga Lane Tracing Assist, rem kontrol elektronik, Torsen Limited Slip Differential (LSD), enam mode berkendara, yakni Auto, Dirt, Sand, Mud, Deep Snow, dan Rock.

Baca juga  Daihatsu Rocky Hybrid, Angin Segar Untuk Indonesia

Oh ya, Toyota Land Cruiser 300 ini dibangun di atas platform TNGA-F dan masih mempertahankan struktur body-on-frame khas Land Cruiser.

Penggunaan platform baru tersebut membuat bobotnya diklaim lebih ringan 200 kg dibandingkan Land Cruiser 200. Selain itu terdapat pula sistem suspensi belakang double-wishbone baru serta sistem suspensi belakang trailing-link rigid-axle yang telah dioptimalkan.

Soal harga, Lan Cruiser 300 varian VX  berbahan bakar bensin yang sudah meluncur di Jepang ini dibanderol kisaran 6,3 juta Yen atau kisaran Rp 829 jutaan. Sementara untuk varian ZX dibanderol kisaran 7,3 juta Yen atau sekitar Rp 960 juta, kemudian untuk varian Land Cruiser GR Sport kisaran harganya 7,7 juta Yen atau Rp 1,103 miliar.

Sedangkan untuk Land Cruiser 300 bermesin diesel varian ZX harganya kisaran 7,6 juta Yen atau sekitar Rp 1 miliar. Kemudian untuk Land Cruiser GR Sport diesel harganya 8 juta Yen atau kisaran Rp 1,051 miliar.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Land Cruiser 300 sudah ditowing namun dari pihak TAM belum membocorkan kapan akan diluncurkan secara resmi.

Baca juga  HR-V Generasi Ketiga, Semua Varian Ada Honda Sensing

Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru