Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Bocoran 7 Mobil Toyota Terbaru 2023, Hybrid dan Modellista

by Tigor Sihombing

Mobil Toyota terbaru 2023 juga akan meramaikan industri otomotif nasional. Bocorannya, mereka siap merilis beberapa produk terbaru, termasuk versi hybrid pada tahun depan.

Terlebih saat ini, pabrikan berlambang T mulai menggunakan basis platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk mobil-mobilnya. Hal tersebut tentu memudahkan dalam penggabungan teknologi antara mesin bensin konvensional dan hybrid seperti di Innova Zenix.

Hal ini pun dipertegas oleh Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono yang mengatakan setelah Innova Zenix Hybrid, bakal hadir beberapa mobil hybrid produksi lokal lagi untuk pasar Indonesia. Segmennya mulai dari SUV hingga MPV, dan harganya pun lebih murah dari Kijang Gen-7. 

“Nantinya akan ada banyak lagi, pastinya basis elektrik ini sudah kami rencanakan untuk banyak model,” jelasnya tanpa merinci tahun produksi mobil-mobil hibrida tersebut.

Prediksi kami, Toyota bakal bertahap untuk mengeluarkan mobil hybrid produksi lokal. Bisa jadi tahun depan, hanya ada satu produk. Sisanya adalah model-model konvensional seperti Toyota Agya Gen-2, Toyota Rush Gen-3 atau Yaris Cross, hingga Toyota Sienta 2023.

Selain itu mobil Toyota yang kemungkinan bakal hadir di Indonesia pada 2023 adalah varian Modellista. Awalnya Modellista hadir di Innova Zenix, ke depannya bukan tidak mungkin hadir di berbagai MPV lain seperti Veloz Modellista, Alphard Modellista, hingga Calya Modellista.

Kemudian untuk varian GR Sport, Toyota juga tidak akan menginggalkan. Pabrikan berlogo T berjanji membawa Hilux GR Sport untuk amunisi mobil double cabin pada tahun depan.

Mau tahu lebih detail soal mobil Toyota terbaru 2023 untuk pasar Tanah Air, berikut ulasan lengkapnya:

1. All New Agya 2023

mobil toyota terbaru 2023 - agya gen-2 tampak depan

Agya 2023 bakal pakai mesin turbo

Mobil Toyota terbaru 2023 yang pertama adalah Agya Gen-2. Toyota Agya 2023 diprediksi akan hadir pada semester pertama 2023. Pasalnya tahun depan, mobil LCGC ini sudah menginjak usia 10 tahun dan belum mendapat perubahan yang berarti.

Dari bocoran yang kami terima, mesin berubah serupa dengan punya Raize dan Rocky yaitu pakai kode WA-VE 3-silinder dengan kubikasi 1.200 cc. Bila benar, maka Agya bakal punya performa lebih mantap dengan tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm. 

Bukan tidak mungkin, hadir pula pilihan mesin 1.000 cc turbo 1KR-VET juga dengan konfigurasi 3-silinder untuk Agya terbaru. Performanya lebih istimewa lagi dengan torsi 140 Nm dan tenaga 98 PS. Sementara untuk transmisinya pakai D-CVT yang juga serupa dengan Rocky dan Raize.

Baca juga  Toyota IMV 0 Pick-Up Siap Hadir di GIIAS 2023, Pakai Nama Kijang Rangga?

Di samping itu, bukan tidak mungkin Agya generasi terbaru pakai platform DNGA (Daihatsu New Global Architechture). Platform ini sebelumnya sudah digunakan oleh mobil-mobil terbaru Daihatsu dan Toyota, diklaim lebih ringan serta menyenangkan untuk diajak berkendara.

2. Rush Gen-3 atau Yaris Cross

mobil Toyota Terbaru 2023

Sosok Toyota Yaris Cross yang akan menggantikan Toyota Rush

Mobil Toyota terbaru 2023 berikutnya ada di segmen LSUV yaitu Rush Gen-3. Di mana mobil ini sudah lima tahun tidak mendapatkan revisi berarti. Jadi tahun depan seharusnya bisa jadi momen besar untuk Toyota Rush bersolek. Hanya saja rumor untuknya agak simpang siur. Ada yang mengatakan nama Toyota Rush akan tetap dipertahankan untuk model terbaru. Informasi lainnya, Rush akan digantikan oleh Toyota Yaris Cross.

Kemungkinan hadirnya Yaris Cross sebagai pengganti Rush, tampak dari sudah terdaftarnya nama mobil tersebut di laman resmi Kemenkumham, Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Menariknya lagi, Yaris Cross telah didaftarkan sejak 17 Mei 2020 dengan nomor IDM000736596 atas nama Toyota Motor Corporation.

Jika benar, maka ubahannya bakal signifikan untuk Rush terbaru. Mulai dari penggunaan platform terbaru TNGA seperti mobil-mobil Toyota modern lain. Lalu akan ada penggerak roda depan atau FWD. Lalu bicara mesin, ada kemungkinan pakai serupa dengan Toyota Avanza dan Veloz yaitu 1.500 cc. Bukan tidak mungkin, hadir pula varian hybridnya, seperti yang sudah ada di Yaris Cross di luar negeri yaitu mesin hybrid 1.500 cc berteknologi Toyota Hybrid System II dengan kombinasi transmisi e-CVT.

3. Avanza dan Veloz Modellista

mobil toyota terbaru 2023 - veloz modellista

Hasil reka digital Veloz Modellista 2023

Toyota Avanza dan Veloz Gen-3 sudah meluncur pada 2021 lalu, berarti tahun depan usianya sudah 3 tahun. Maka inilah waktunya mendapat penyegaran. Salah satu yang paling mungkin adalah Avanza Modellista dan Veloz Modellista untuk tahun 2023.

Buat yang belum tahu, Modellista adalah paket aksesori atau varian untuk mobil-mobil Toyota yang berpenampilan elegan. Ini adalah kebalikan dari GR Sport yang fokusnya di aura sporty.

Kemungkinan hadirnya Toyota Avanza dan Veloz Modellista juga dikuatkan lewat kemunculan Innova Zenix Modellista yang sangat elegan. Jadi, bukan tidak mungkin MPV Toyota lain yang harganya lebih murah juga bakal kebagian paket aksesori terbaru ini. Di samping Avanza dan Veloz, bisa jadi Sienta, Calya, hingga Alphard bakal dapat varian Modellista.

4. Sienta 2023 

mobil terbaru toyota 2023 - sienta terbaru

Sienta terbaru dilengkapi dengan mesin hybrid

Sienta terbaru memang sudah meluncur lebih dulu di Jepang pada Agustus 2022. Menariknya, ada kemungkinan MPV pintu geser tersebut juga hadir di Indonesia.

Baca juga  Sejarah Toyota Corolla, Dari Corbet Hingga Hybrid

Hal ini dikuatkan, karena kami menemukan paten All New Sienta di Berita Resmi Desain Industri no 33/DI/2022. Biasanya ini jadi tanda-tanda kalau ada mobil baru yang mau masuk Indonesia.

Toyota Sienta 2023 bakal hadir dengan ubahan menyeluruh dibanding model lamanya yang dijual di Tanah Air. Secara eksterior kini lebih modern dan boxy, interior juga semakin luas. Kemudian bicara fitur, sudah dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). 

Performa mesin Toyota Sienta terbaru pun semakin istimewa. Di atas kertas ada dua opsi: 1.5-liter Dynamic Force Engine (M15A-FKS) + Direct Shift-CVT dan 1.5-liter Dynamic Force Engine (M20A-FKS) yang pakai kombinasi hybrid. Entah jantung mekanis apa yang bakal masuk ke Indonesia nanti.

5. Alphard Turbo, Generasi 4

mobil Toyota terbaru 2023

Alphard Turbo 2023

Prediksi mobil baru Toyota berikutnya adalah Alphard Turbo model 2023. MPV premium ini akan semakin istimewa, lantaran menggunakan platform TNGA-K seperti Lexus RX baru. Bobotnya pun seharusnya semakin ringan. Selanjutnya, mobil sultan ini juga dikabarkan akan berganti mesin serupa Lexus RX 2023 dan Toyota Crown terbaru dengna kubikasi 2.400 cc turbo. 

Ubahan dari mesin 3.5 V6 menjadi mesin 2.4 L Turbo itu diklaim membuat konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Soal tenaga, mesin 2.4 L turbo milik Alphard tersebut juga dianggap bisa lebih mnatap dengan tenaga 286 hp dan torsi puncak 429 Nm. 

Kemudian ada pula kemungkinan opsi mesin lain yaitu 2.5 L Hybrid. Teknologi hybrid ini akan dikawinkan dengan penggerak E-Four generasi terbaru.

Sebenarnya kemunculan Alphard 2023 dengan mesin Turbo sejauh ini masih sebatas bocoran. Di Jepang sendiri, MPV premium ini belum meluncur resmi. Walau demikian, kami percaya bahwa di tahun depan, Alphard bakal mendapat penyegaran besar. Maklum Alphard gen-3 sudah hadir sejak 2015, jadi sekarang usianya sudah lebih dari 7 tahun.

Media Jepang mengatakan, bahwa Alphard gen-4 siap meluncur pada Mei 2023. Dengan demikian, Indonesia kemungkinan bakal dapat unit setelahnya, bisa jadi akhir 2023.

6. Hilux GR Sport

mobil Toyota terbaru 2023

Toyota Hilux GR Sport

Hilux GR Sport juga digadang-gadang akan resmi dijual di tahun 2023. Kehadiran model ini untuk pertama kali, sebenarnya sudah dilakukan saat GIIAS 2022 dan sudah membuka keran pemesanan, tapi belum mengumumkan harga.

Bicara spesifikasi, Toyota Hilux GR Sport akan pakai mesin diesel berkapasitas 2.800 cc berkode 1GD-FTV. Mesin tersebut juga digunakan oleh Toyota Fortuner 2.8 GR Sport, di mana untuk tenaga maksimumnya diklaim mampu mencapai 203,9 PS dan torsi puncak 499,1 Nm.

Baca juga  Daftar Harga Toyota Rush Bekas, Mulai Rp 80 Jutaan

Lalu Eksteriornya, hadir dengan tampilan yang lebih sporty berkat adanya tambahan body kit GR Sport. Kamu bisa lihat dari kehadiran grille hitam yang tersemat emblem Toyota dan logo GR, overfender agresif sewarna bodi, dan pelek GR alloy wheel. Oh ya, untuk mendukung aura GR Sport disematkan striping warna Gazoo Racing, step samping, dan GR Sport bar hitam di sekitar bak.

Interior Toyota Hilux 2.8 GR Sport juga kental dengan aura sporty. Ini berkat penambahan logo GR sport dengan kelir hitam-merah pada joknya, serta seti. Soal fitur, Hilux GR Sport mendapatkan paddle shifter, layar head unit 8 inci, dan dilengkapi teknologi Toyota Safety Sense (TSS). Kehadiran TSS tentu sangat menarik di Toyota Hilux, pasalnya Fortuner saja belum memilikinya. 

Bicara harga, Toyota Hilux saat ini dijual Rp 500 jutaan. Maka untuk varian GR Sport yang pakai mesin diesel 2.800 cc, bukan tidak mungkin harganya tembus Rp 600 jutaan. 

7. Raize Hybrid

mobil baru toyota 2023 - raize hybrid

Raize Hybrid siap produksi lokal?

Mobil Toyota terbaru 2023 selanjutnya adalah Raize Hybrid. Ya, ini bukan hal aneh karena memang produknya sudah ada di Jepang sejak Oktober 2021.

Bicara desain, sesungguhnya tampilannya persis dengan Toyota Raize yang ada di Indonesia. Hanya saja ubahan ada di mesinnya yang pakai sistem hibrida atau e-Smart Hybrid dengan dua jantung pacu: mesin bensin dan motor elektrik. Khusus mesinnya menggunakan kode WA-VEX dengan kubikasi 1.200 cc yang bertugas sebagai generator untuk mengisi baterai.

Sementara motor elektriknya punya fungsi menggerakkan roda. Di atas kertas, torsi yang dihasilkan mencapai 170 Nm dan tenaga 106 PS. Bila melihat cara kerjan Toyota Raize Hybrid, teknologinya persis seperti Nissan Kicks e-Power.

Kelebihan teknologi e-Smart di Raize Hybrid adalah pengemudi bisa merasakan sensasi berkendara layaknya mobil listrik. Hanya saja, baterainya tidak perlu diisi ulang. Hal tersebut karena baterai Rocky dicas otomatis oleh mesin bensin yang berperan sebagai generator.

Kehadiran Raize Hybrid semakin kuat, lantaran pada GIIAS 2022 lalu, Daihatsu sudah memperkenalkan Rocky Hybrid, walau belum dijual. Raize dan Rocky adalah saudara kembar. Jadi kalau sudah ada Rocky Hybrid, maka kemungkinan Raize ikutan. Lalu usai kehadiran Innova Zenix Hybrid, bisa jadi Raize Hybrid pun akan diproduksi lokal dan jadi mobil elektrifikasi Toyota kedua yang dibuat di Indonesia.

Demikian ulasan terkait mobil Toyota terbaru 2023. Simak terus Moladin.com untuk updae berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika