by

Modifikasi Nmax Thailand Ala Raksasa Muay Thai

Modifikasi Nmax Thailand – Rumah modifikasi asal Negeri Gajah Putih sukses mengubah tampilan Yamaha Nmax terbaru di tengah pandemi Virus Korona. Mereka merevisinya sehingga jadi begitu berbeda. Inspirasinya datang dari film animasi tentang sejarah Muay Thai, 9 Satra.

“Tampilan Yamaha Nmax 2020 didesain ulang menggunakan aksesori AsurA dan dikerjakan oleh MotozAAA,” seperti dikutip dari akun Facebook Advance Automotive Accessories.

Salah satu karakter antagonis di film 9 Satra yaitu Dehayaksa merupakan inspirasi untuk memodifikasi Nmax ini. Dia merupakan raja para raksasa yang menguasai kerajaan manusia. Di akhir film, Dehayaksa kalah oleh manusia yang menguasai Muay Thai.

Karakter Dehayaksa sebenarnya berwarna hijau, namun tidak lantas MotozAAA membuat Nmax garapannya juga jadi hijau. Hal ini dikarenakan mereka tidak mau sampai kehilangan seluruh karakter dari motor Maxi Yamaha tersebut.

Lalu seperti apa detail modifikasi Nmax Thailand yang dibuat MotozAAA? Simak bahasan berikut:

Sepatbor Depan Unik Bikin Modifikasi Nmax Thailand Tampil Beda

Modifkasi nmax thailand
Seluruh komponen bodi di motor ini menggunakan merek AsurA

Keistimewaan dari modifikasi ini memang ada di paras. Kini wajahnya dibuat lebih lebar seperti raksasa. Kemudian di bawah lampu depan, ada aksesori yang bentuknya seperti kumis dan mulut.

Baca juga  Spesifikasi dan Kelebihan Honda PCX 150 Hybrid, Performanya Mantap!

Kemudian paling unik adalah sepatbor depannya. MotozAAA menggantinya dengan desain yang menutup setengah roda. Walau demikian, di ujung sedikit terbuka. Bila kamu perhatikan jelas, desain ini mirip dengan janggut dari Dehayaska.

Ukuran ban tidak berubah, mempertahankan standar Nmax. Di depan pakai karet bundar 110/70-13 inci dan belakang 130/70-13 inci.

Tidak ketinggalan, windshield juga diubah dengan gaya yang lebih bersudut. Alhasil aura sportif semakin terasa. Soal pewarnaan, masih menggunakan kelir asli. Abu-abu untuk bodi, kemudian pelek pakai emas.

Sistem pencahyaan tidak ada yang diganti. Lampu depan masih pakai model pipih, layaknya Nmax standar. Begitu pula dengan sein yang dibiarkan seperti bawaan pabrik.

Baca juga:

Jok Single Seater dan Suspensi YSS

modifikasi nmax thailand
Suspensi tabung dihadirkan, lantaran Nmax Thailand masih pakai suspensi standar

Modifikasi Nmax Thailand dari MotozAAA bukan cuma mengubah paras, tapi juga bagian bodi tengah. Sektor ini dibuat lebih berotot dengan memberi semacam aksesori berupa sirip di dekat lubang tangki bensin.

Baca juga  Yamaha XSR155 60th Anniversary Edition, Lebih Klasik dan Mahal!

Kemudian jok juga ditambahkan aksesori penutup atau kover di bagian pembonceng. Alhasil, joknya jadi single seater. Cocok untuk menampilkan kesan sportif.

Beberapa komponen berbalut aksen carbon ikut menempel di Nmax ini, sebut saja kover filter udara dan knalpot. Rumah modifikasi MotozAAA pun mengganti suspensi belakang pakai YSS G-Sport Black Series.

Kehadiran suspensi aftermarket tersebut tentu menunjang kualitas bantingan motor. Apalagi saat melaju cepat di jalan bergelombang dan bermanuver di tikungan.

Pasalnya di Thailand, Nmax terbaru tidak dilengkapi dengan suspensi tabung. Hal ini berbeda dengan Nmax di Indonesia.

Tidak lupa, MotozAAA memberi aksesori berupa jalu di roda belakang dan depan. Jalu bisa berfungsi sebagai pelindung saat motor terjatuh, sehingga komponen lain tidak lecet.

Sementara bagian buritan, tidak ada ubahan sama sekali. Masih mempertahankan tampilan Nmax standar.

Mesin Bawaan Pabrik Sudah Lebih dari Cukup

modifikasi nmax Thailand
Modifikasi ini dibuat di tengah pandemi Covid-19

Ubahan modifikasi Nmax Thailand ini memang sebatas tampilan. Semua komponen bodi yang disematkan menggunakan merek AsurA. Lalu bagaimana dengan mesin?

Jantung mekanis ternyata tidak ada ubahan. Pasalnya mesin bawaan sudah punya performa lebih dari cukup. Di atas kertas, Nmax terbaru pakai kapasitas 155 cc berteknologi katup variabel (VVA).

Baca juga  5 Generasi Honda BeAT dari Tahun ke Tahun

Bila dibanding mesin Nmax lama, Yamaha melakukan berbagai revisi. Mulai dari bagian air cleaner box ternyata dirancang lebih besar. Kemudian kepala silinder punya desain baru dengan katup intake besar. Ruang bakar (combustion chamber) dibuat semakin ringkas. Ada pula penggunaan piston R15.

Sejumlah revisi tersebut sukses membuat mesin Nmax jadi lebih bertenaga. Kalau sebelumnya cuma bisa mengeluarkan 14,8 hp pada 8.000 rpm, kini jadi 15,15 hp pada 8.000 rpm.

Kalau cuma dipakai untuk berkendara sehari-hari, lebih dari cukup. Bahkan untuk touring sekalipun, bukan masalah.

Di Thailand, Nmax terbaru punya beberapa spesifikasi yang beda dari Indonesia. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak ada suspensi belakang jenis tabung. Lalu fitur Y-Connect dan kendali traksi (TCS) pun tidak ada.

Menggunakan spesifikasi yang lebih rendah, anehnya harga Nmax 2020 di Thailand lebih mahal. Harga Yamaha Nmax Thailand 85.900 baht atau setara Rp41 jutaan. Sementara di Indonesia, masih kisaran Rp30 jutaan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru