by

Modifikasi Yamaha Nmax 155 Urban Style, Simpel tapi Elegan

Modifikasi Yamaha Nmax 155 – Yamaha Nmax memang punya tampilan yang sudah cukup oke. Meski demikian, bukan berarti tidak perlu dimodifikasi. Terutama buat kamu yang ingin tampil beda, seperti Micky Wijaya.

Pria yang merupakan anggota Yamaha Nmax Club Indonesia (YNCI) Tangerang Selatan Chapter ini banyak mengubah motornya. Dia memodifikasi dengan konsep Urban Syle.

Alasan memilih konsep Urban Style, karena Micky menginginkan tampilan simpel tapi terlihat elegan. Modifikasi ini dikerjakan oleh bengkel divisi usaha dari YNCI Tangsel dengan total biaya modifikasi Rp10 juta. Tidak mahal kan?

Sebagai informasi tambahan, motor yang dimodifikasi oleh Micky adalah Nmax lama, bukan versi baru ya. Penasaran dengan detail modifikasinya Simak bahasan di bawah ini sampai habis:

Bagian Kaki-Kaki Diubah, Pakai Dimensi Ban Lebih Lebar dan Tapak 

modifikasi yamaha nmax 155
Ban depan pakai gaya dual purpose

Bagian kaki-kaki Yamaha Nmax Bro Micky banyak alami perubahan. Ban depan menggunakan ukuran 120, sementara untuk ban belakang menggunakan ukuran 140. Ini lebih lebar dari ukuran standarnya.

Karet bundar Nmax standar, di depan 110/70-13 inci dan belakang 130/70-13 inci. Kehadiran ban lebar tentu mebuat motor lebih stabil saat diajak berkendara melewati jalan bergelombang. 

Tipe ban Nmax yang dipakai oleh Micky juga beda. Dia menggunakan gaya dual purpse dari Swallow Street Enduro. Alhasil aura gagah semakin terpancar. Ciri khasnya punya pola tapak besar-besar, seperti ban motor trail.

Modifikasi Yamaha Nmax 155 kepunya Micky untuk kaki-kaki, juga tampak dari bagian pelek. Basisnya masih pakai punya Nmax standar, hanya saja ada ubahan warna. Kini dicat dengan warna emas.

Tidak ketinggalan di ujung suspensi depan, diberikan jalu. Fungsinya selain membuat tampilan lebih keren, juga melindungi bagian kaki-kaki depan lecet bila terjatuh.

Knalpot dan Suspensi Belakang Ikut Diganti

Knalpot kawahara nmax
Knalpot Kawahara K2R membuat suara Nmax jadi lebih menggelegar

Bagian knalpot juga tak luput dari ubahan, dipilih Kawahara K2R standar racing. Kanpot aftermarket ini untuk membuat suara Nmax 155 jadi semakin menggelegar.

Baca juga  Pilihan Warna Honda Vario 125 Terbaru, Semakin Elegan

Kemudian bagian suspensi belakang diubah dengan merek KYB Zeto, alasannya agar rebound yang dihasilkan lebih berkualitas. Terutama saat melewati jalan bergelombang dan undakan.

Sebagai informasi buat kamu, Nmax generasi pertama belum dilengkapi suspensi tabung sebagai bawaan pabrik. Jadi, mengganti dengan versi aftermarket merupakan pilihan tepat.

Bagian mesin, tidak ada ubahan. Masih mengandalkan jantung mekanis bawaan dari Yamaha Nmax 155. Di atas kertas, spesifikasi mesinnya adalah satu silinder, SOHC, berpendingin cairan, dan pakai katup variabel (VVA).

Performa mesin Nmax memang sudah lebih dari cukup untuk melibas jalanan dalam kota. Torsi puncaknya mencapai 14,4 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maksimalnya 15,09 PS pada 8.000 rpm.

Kehebatan performa Nmax lama ini bahkan tidak bisa disaingi oleh Nmax baru. Terlebih dari sisi torsi, Nmax lama tetap lebih besar. Meski demikian untuk tenaga memang kalah. Nmax baru bisa memuntahkan 15,36 PS pada 8.000 rpm.

Baca juga:

Modifikasi Bodi Nmax 155 dengan Cat Warna Candy dari Cargloss

modifikasi yamaha nmax 155
Warna Candy Orange membuat motor tampil beda

Bodi tidak mengalami ubahan, namun dicat menggunakan warna orange candy dari Cargloss yang dikombinasikan dengan warna hitam. Bagian panel kasarnya menggunakan water printing dengan motif karbon.

Warna orange candy tentu membuat hasil modifikasi Nmax 155 ini tampil beda. Catnya terlihat begitu mentereng, membuat siapa saja tertarik meliriknya. Kemudian untuk motif karbon di panel, menjadikan aura sportif lebih keluar.

Tidak hanya itu ubahannya, bagian boardrest atau pinjakan kaki. Micky menggunakan produk dari Black Diamond warna hitam. Kemudian untuk bagian tangki dan tutup kuncinya menggunakan merek Scarlet. Tidak ketinggalan, filter udara juga dibuat beda dengan penggunaan teleskop.

Baca juga  5 Pilihan Sok Yamaha NMAX

Modifikasi lain yang dilakukan Micky adalah menambah voltmeter. Komponen ini tidak dipunya oleh Nmax lama. Fungsinya voltmeter untuk mampu melihat tegangan aki secara rinci.

Apalagi buat motor tanpa kick starter seperti Nmax 155, voltmeter begitu vital. Dari voltmeter, kamu bisa mengetahui ciri-ciri aki motor sudah mulai soak. Kalau ada indikator turun dari standar, maka sebaiknya segera periksakan ke bengkel terdekat.

Kalau aki dibiarkan soak, kamu sendiri yang bakal kesulitan. Terutama saat ingin mengaktifkan mesin motor tanpa kick starter ini.

Windshield Model Ocito

windshield ocito
Windshield ini lebih tinggi dari bawaan Nmax standar

Modifikasi Yamaha Nmax 155 milik Micky selanjutnya adalah bagian windshield. Dia pilih menggantinya dengan produk aftermarket dari Maxshield model Ocito.

Selain lebih tinggi, sehingga dapat menghalau angin depan dengan lebih optimal. Windshield aftermarket ini juga punya tampilan yang keren. Warnanya gelap, kemudian bentuknya bersudut-sudut. 

Komponen lain yang juga kena ganti adalah spion. Micky kini menggunakan punya Kawasaki KLX, agar terlihat lebih besar dari standarnya.

Sementara untuk joknya masih standar pabrikan, karena terbilang sudah cukup nyaman. Micky juga mengatakan jok pabrikan sesuai dengan tema Nmax 155 Urban Style yang ada dipikirkannya.

Lampu LED Projie untuk Modifikasi Yamaha Nmax 155 Agar Pencahayaan Lebih Maksimal

modifikasi yamaha nmax 155
Lampu depan sudah dimodifikasi supaya lebih terang

Sektor pencahayaan tidak luput dari modifikasi. Bahkan untuk lampu depan, ubahannya terbilang cukup banyak. Micky menggantinya dengan LED projie MT24 produk dari Vahid.

Kemudian untuk lampu tembaknya menggunakan produk Aes. Ada pula tambahan foglamp menggunakan merek Vahid. Menariknya posisi foglamp ini bukan dibuat baru, melainkan hasil custom dari posisi lampu sein bawaan Nmax. Dengan demikian hasilnya tetap simpel dan elegan.

Baca juga  Modifikasi Motor Yamaha NMAX 2016, Cekidot!

Penggantian sistem pencahayaan tersebut untuk visibilitas yang lebih baik saat berkendara. Terutama saat melewati lokasi gelap atau malam hari.

Khusus lampu belakang, tidak ada revisi banyak. Micky menjaganya tetap standar, hanya saja bagian mika diganti model smoke keluaran Nemo.

Itulah gambaran detail dari modifikasi Yamaha Nmax 155 punya Micky Wijaya. Bagaimana menurut kamu? Apakah sudah oke? Bila kamu juga punya Nmax dan memodifikasinya, jangan lupa tulis pengalamannya di kolom komentar ya!

Yamaha Nmax Lama Masih Dijual Sampai Sekarang

Yamaha Nmax
Nmax model lama masih dijual sampai sekarang

Walau sudah ada versi terbarunya, Yamaha Nmax lama masih banyak peminat. Terbukti sampai sekarang, Pabrikan Garpu Tala tidak menutup keran pemesanan generasi lama.

Jadi, konsumen masih bisa memilih. Mau beli Nmax baru atau lama. Agak aneh memang. Meski demikian itulah yang terjadi sekarang.

Salah satu alasan beli Nmax lama, harganya lebih murah. Kemudian di pasaran sudah banyak komponen aftermarket untuk modifikasi. Jadi kalau kamu mau modifikasi tidaklah sulit. Cukup pilih komponen sesuai kebutuhan dan keinginan, lalu aplikasikan di motor kamu.

Nmax 155 versi lama, saat ini dijual dengan harga mulai Rp28,545 juta (OTR Jakarta) untuk versi standar. Lalu versi ABS, banderolnya Rp32,265 juta (OTR Jakarta).

Sementara harga Nmax versi baru mulai Rp29,75 juta (OTR Jakarta) untuk versi standar. Lalu versi connected atau ABS version dijual Rp33,75 juta (OTR Jakarta).

Kelebihan All New Nmax adalah memiliki fitur-fitur modern, seperti stop & start system (SSS) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Ada pula power charger yang dapat mengisi daya baterai smartphone saat berkendara. Tidak ketinggalan untuk varian tertinggi, tersedia fitur kendali traksi (TCS) dan konektivitas smartphone.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru