oleh

Modifikasi GL 100 Cafe Racer Ini Bikin Kamu Ngiler

Modifikasi GL 100 Cafe Racer – Honda GL 100 termasuk salah satu tipe motor legendaris yang pernah ada. Kesan motor lelaki yang tangguh serta irit sangat kental. Oleh karena itulah, kali ini moladin mengulas modifikasi GL 100 café racer.

Langkah – Langkah Modifikasi

Modifikasi GL 100 Cafe Racer Langkah langkah modifikasi

Kisah ini bermula saat pemilik mendapatkan kejutan kado ulang tahun dari istri tercinta, berwujud sepeda motor tua. Ketika itu, ia merasa modelnya terlalu standar. Akhirnya, ia memutuskan untuk merombak motor agar lebih keren dari sisi penampilan dan performa.

Ia berpendapat, bahwa desain Honda GL 100 yang simpel membuat ruang berkreasi terbuka lebar. Setelah konsultasi ke sana kemari, pilihan modifikator jatuh pada tim Diwa Creative Studio. Konsep yang matang dan detail segera dijabarkan, hingga terpilih komposisi warna dan aksesoris yang cocok. Pengalaman mereka selama bertahun – tahun di bidang modifikasi membuat adopsi gaya café racer berjalan mulus tanpa hambatan berarti.

Mereka memulai proyek dari bagian kerangka motor. Kerangka original dipangkas untuk menyesuaikan dengan bodi baru. Tentu saja, proses ini memerlukan pemotongan dan pengelasan cermat serta presisi. Setelah mempertimbangkan beberapa jenis plat, dari segi kelenturan, berat dan kekuatan, akhirnya tim Diwa memilih plat galvanis dengan ketebalan 0,9 mm. Bagian ekor motor didesain berdasarkan gaya café racer. Ini membuatnya unik karena sangat jarang hornet memakai model  tersebut.

Kelar dengan urusan bodi dan rangka, tim bergerak menuju area mesin. Sektor yang merupakan sumber penggerak motor. Mesin dibongkar total dan suku cadang yang sudah aus diremajakan. Demi mendapatkan torsi yang maksimal, maka dicomotlah piston GL Max standar. Ini jelas menambah semburan tenaga kuda besi.

Baca juga  Modifikasi Honda Scoopy, Kombinasi Modern dan Klasik

Selanjutnya, merambah bagian kaki – kaki. Tim memutuskan kembali mengambil suku cadang GL Max, yaitu di suspensi depan. Untuk suspensi belakang, produk Yoshimura 34 menjadi pilihan.

Setelah urusan mesin kelar, maka saatnya mempercantik tampilan luar. Warna adalah faktor penting, agar serasi, warna harus menyesuaikan dengan desain dan kesan yang ingin ditonjolkan.

Setelah melalui beberapa percobaan, akhirnya pilihan jatuh pada warna abu – abu  Doff Sickens. Pilihan lain ada pada Gun Metal. Dua warna itu sukses menghadirkan kesan klasik namun juga macho. Ditambah lagi dengan jenis warna doff yang memberikan kesan tegas dan keras, tanpa kompromi.

Melengkapi gaya retro café racer, maka kombinasi ban yang dipilih adalah Deli Tire ukuran 18- 400 |17-400, jenis SB klasik. Cocok banget! Spion standar yang terlihat jadul digantikan produksi End Bar.

Suku cadang standar yang tidak mendukung seperti knalpot, tangki dan jok disingkirkan terlebih dahulu. Tim Diwa merancang ulang mereka agar mendukung gaya café racer yang diusung. Di bagian pelek, bawaan pabrik digantikan pelek 215 dan 300 alumunium, keren. Bagian depan motor, tim mengaplikasikan setang Club Man dan headlamp aftermarket.

Baca Juga :

Baca juga  Honda Supra GTR Speed Challenge, Ajak Komunitas Balapan

 

Spesifikasi Lengkap Modifikasi GL 100 café racer

Modifikasi GL 100 Cafe Racer Spesifikasi modifikasi gl 100 cafe

Ban                             : Deli Tire 18 -400 |17-400

Knalpot                      : Diwa Kustom

Jok                              : Diwa Kustom

Spion                          : End Bar

Stang                          : Club Man

Tangki & bodi           : Custom Galvanis

Hand grip                   : TDR

Pelek                           : 215 dan 300 Alumunium

Headlamp                  : Aftermarket

Suspensi depan        : GL Max

Suspensi belakang   : Yoshimura

Kalau kamu tertarik, bisa mengikuti langkah – langkah modifikasi di atas. Meskipun begitu, motor di sini hanyalah contoh, kamu tetap bisa berkreasi dengan gayamu sendiri. Misalnya mengaplikasikan fairing yang dibalur warna serasi dan nomor balap. Jika ingin lebih hemat, pertimbangkan stiker untuk menutup atau menghiasi GL-100 kamu.

Satu hal yang pasti, gaya café racer membutuhkan signature alias ciri khas tersendiri di setiap desain motor. Pastinya kamu nggak ingin dianggap copy paste karya bikers lain.

Baca juga  Ubahan Minor Pada Honda Vario 125 dan Vario 150 Setelah Setahun Dipasarkan

Tips Sebelum Memodifikasi Motor

Bagian Mesin Motor

Tapi, sebelum kamu meluncur ke abang modifikator, simak dulu beberapa tips dari moladin:

  1. Persiapkan dana yang cukup. Banyak bikers mengakui kalau modifikasi motor itu bagaikan menenggak air laut, tak bakal mengobati rasa haus. Makanya, kamu harus disiplin pada rencana awal, kalau enggak, siap – siap saja dana membengkak.
  2. Pilih modifikator yang berkualitas, kreatif dan komunikatif. Ada baiknya kamu menyampaikan ide – ide kamu secara jelas agar tak terjadi kesalahpahaman. Builder profesional pasti mampu memberikan masukan berharga pada rencana kamu.
  3. Rajin – rajinlah browsing untuk menambah wawasan dan inspirasi desain. Yang tak kalah penting, cari suku cadang dengan harga terjangkau.
  4. Kawal setiap tahapan. Ini berguna untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, bagi builder, keberadaan kamu akan sangat membantu karena bisa langsung bertanya jika ada kendala atau masukan dalam proses modifikasi.

Nah, itu tadi Sob, modifikasi GL 100 cafe racer yang bisa dijadikan contoh buat tunggangan kamu. Jangan lupa berbagi kalau sudah selesai. Salam moladin!

Buat kamu yang tertarik membeli Motor Honda ataupun Motor Terbaru lainnya dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik Moladin aja!

Baca Juga :

Terbaru